WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

10 Jurusan SMK Paling Diminati: Apa Saja yang Dipelajari?

Lagi dan lagi, untuk Sunners yang saat ini sedang duduk dibangku kelas 9 SMP dan bingung nih menentukan sekolah lanjutan dimana ? sebelum memutuskan masuk SMA atau SMK, sebaiknya Sunners pertimbangkan rencana masa depan lebih dahulu. Bagi Sunners yang belum tau perbedaan SMA dan SMK bisa banget cek artikel Sunday sebelumnya di Lebih baik masuk SMA atau SMK ?

Nah jika Sunners ingin melanjutkan pendidikan dan juga mendapat keahlian tertentu, maka Sunners bisa mencoba untuk mendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.

Di SMK, selain mempelajari mata pelajaran umum, Sunners juga akan mendapatkan materi atau mata pelajaran keahlian sesuai dengan jurusan SMK yang Sunners pilih. Jadi disini Sunday akan membahas beberapa jurusan SMK paling diminati dan pelajaran apa saja yang dipelajari didalamnya.

Saat ini sudah banyak juga pilihan jurusan yang diselenggarakan di SMK yang bisa dipilih sesuai dengan minat bakat Sunners, namun sebaiknya Sunners memilih jurusan SMK dengan prospek kerja menjanjikan berikut ini.

  1. Jurusan Animasi Dan Multimedia

Era digital membutuhkan kemampuan dan skill informatika yang bagus. Kamu bisa memilih jurusan Animasi dan Multimedia yang akan menentukan masa depan cerah kelak. Setelah lulus, Kamu bisa menjadi seorang ahli desain grafis, animator atau layouter. Keren, bukan?

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia digital belakangan ini juga membuat jurusan-jurusan seperti ini semakin banyak diminati karena para lulusannya yang banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Bagi kamu yang ingin memilih jurusan Animasi Multimedia berikut mata pelajaran yang akan dipelajari, Pada umumnya semua jurusan akan mempelajari mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Agama dsb. Namun pasti kamu ingin tau mata pelajaran apa sih yang dipelajari selain mata pelajaran umum.Β 

Di jurusan ini akan mempelajari Desain Grafis Percetakan, Pengembangan Multimedia, Pengembangan Game, Produksi Sinema dan Film, Teknik Animasi 2D dan 3D, Teknik pengolahan Audio dan Video, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Desain Media Interaktif, Sistem Komputer dan Pemrograman Dasar.Β  Jadi semua ini lah yang akan dipelajari di jurusan Animasi dan Multimedia, perlu diketahui semua ini dipelajari secara bertahap mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

2. Farmasi

lulusan SMK farmasi sudah tidak diragukan lagi bakal memiliki profesi yang potensial di dunia medis. Basic ilmu Farmasi bisa semakin dikembangkan saat Kamu memasuki bangku kuliah. Kalau ingin terjun langsung ke lapangan pun, lulusan SMK Farmasi bisa diandalkan.

Para pekerja yang berprofesi di bagian farmasi juga dikenal memiliki gaji yang cukup tinggi. Tingginya kebutuhan medis akan para tenaga ahli farmasi membuat para lulusan jurusan farmasi selalu dibutuhkan setiap tahunnya.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Farmasi selain mata pelajaran umum yaitu Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika, Kimia, Biologi,Dasar-dasar Kefarmasian, Perundang-undangan Kesehatan, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, Farmakognosi Dasar, Pelayanan Farmasi, Farmakognosi, Farmakologi, Kimia Farmasi, Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

3. Akuntansi

Di banyak sekolah kejuruan, akuntansi memegang grade tertinggi sebab mengharuskan Kamu memiliki kemampuan bagus di bidang hitung menghitung. Prospek karir yang cerah menunggumu, mulai dari menjadi staf accounting perusahaan, perbankan dan lain-lain.

Sejak dahulu, jurusan akuntansi juga selalu menjadi jurusan yang cukup populer dan banyak diminati, karena pekerjaan para lulusan akuntansi akan selalu ada dan memiliki peluang terbuka serta bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Para lulusan akuntansi juga dianggap bisa memiliki pekerjaan yang nyaman di ruangan kantor dan tentunya bergengsi.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Akuntansi selain mata pelajaran umum yaitu Simulasi dan Komunikasi Digital, Ekonomi Bisnis, Administrasi Umum, Etika Profesi, Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet, Akuntansi Dasar, Perbankan Dasar, Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur, Β Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, Akuntansi Keuangan, Komputer Akuntansi, Administrasi Pajak, Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

4. Pelayaran

Seorang taruna SMK Pelayaran dipastikan akan memiliki prospek kerja menjanjikan jika mampu bergabung dengan divisi pelayaran. Bisa jadi Kamu bakal menjadi staf kapal pesiar yang berkelana ke seluruh pelosok negeri dan dunia. Profesi ini cocok untuk Kamu yang memiliki jiwa petualang.

Gaji para pekerja yang bekerja di bidang pelayaran juga sudah dikenal dengan gaji yang cukup tinggi. Profesi ini juga menjadi profesi yang bergengsi dan membuatmu tampak gagah dengan seragam pelayaranmu.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Pelayaran selain mata pelajaran umum yaitu Perawatan Kapal, Ilmu Pelayaran Dasar, Kecakapan Bahari, Ilmu Pengetahuan Alam, Prosedur Darurat dan SAR, Kompas dan kemudi Kapal, Bahasa Inggris Maritim dan Teknologi Informasi.

5. Pariwisata

Jurusan SMK dengan prospek kerja menjanjikan selanjutnya adalah pariwisata. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi wisata besar. Bahkan, pendapatan negara ditunjang dari sektor pariwisata. Jangan heran kalau lulusan SMK Pariwisata bakal sukses bekerja di sektor yang terus meningkat ini. Semakin berkembangnya sktor pariwisata belakangan ini juga membuat para lulusan pariwisata akan semakin banyak dibutuhkan.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Pariwisata selain mata pelajaran umum yaitu Kepariwisataan, Bahasa Asing Pilihan, Simulasi dan komunikasi digital, Komunikasi Industri Pariwisata, Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja, Administrasi Umum, Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan, Perencanaan dan pengelolaan perjalanan wisata dan pemanduan perjalanan wisata.

6. Tata Boga

Kamu suka dunia kreatif yang menuntut kemampuan memasak mungkin bisa mengambil jurusan Tata Boga. Tenang saja, dunia kuliner tidak akan pernah mengalami mekanisme pasar yang kerap lahir lalu mati. Semua orang membutuhkan pangan setiap hari sehingga jurusan ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin memiliki masa depan cerah. Jurusan ini juga bisa membuatmu memiliki keahlian masak yang berguna untukmu sendiri ataupun jika Kamu ingin membuka bisnis kuliner.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Tata Boga selain mata pelajaran umum yaitu Kewirausahaan, Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja, Boga Dasar, Ilmu Gizi, Tata Hidang, Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental, Pengolahan Dan Penyajian Makanan Indonesia, Pengolahan usaha boga dan pengembangan Produk Kreatif.

7. Tata Busana

Berniat menjadi seorang desainer, pastikan langkahmu dimulai sejak awal dengan memilih jurusan Tata Busana. Ya, jurusan ini juga memiliki prospek kerja menarik sebab Kamu bisa langsung bekerja di perusahaan konveksi.

Jika Kamu memiliki tekad kuat, Kamu bisa saja menjadi seorang fashion designer loh! Seperti yang Kamu tahu bahwa industri fashion selalu mengalami perkembangan dan tren berbeda setiap tahunnya. Maka, para lulusan tata busana akan selalu memiliki prospek kerja yang terbuka lebar.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Tata Boga selain mata pelajaran umum yaitu Pengetahuan bahan tekstil, Dasar Desain, Pembuatan Pola, Teknologi Menjahit, Desain Busana, Pembuatan bahan costume made, Pembuatan busana Industri, Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

8. Teknik Otomotif

Jurusan SMK dengan prospek kerja menjanjikan selanjutnya adalah Teknik Otomotif. Siapa tahu kelak Kamu bakal menjadi perakit atau modifikasi kendaraan yang menghasilkan jutaan rupiah. Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan otomotif yang mendirikan pabriknya, sehingga para lulusan otomotif akan banyak dibutuhkan.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Teknik otomotif selain mata pelajaran umum yaitu Gambar Teknik Otomotif, Dasar-dasar mesin, Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, Pemeliharaan mesin kendaraan ringan, pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan, pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan , produk kreatif dan kewirausahaan, simulasi digital, keselamatan dan kesehatan kerja.

9. Administrasi Perkantoran atau Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Administrasi perkantoran juga salah satu jurusan yang selalu diminati. Memutuskan masuk jurusan Administrasi Perkantoran bisa memberikan peluang bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan besar. Kamu akan belajar mengenai cara membuat surat, mengarsip dokumen dan lain-lain. Gaji besar bakal menunggumu jika mampu menjadi seorang personal assistant CEO ternama.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Administrasi Perkantoran selain mata pelajaran umum yaitu Simulasi dan komunikasi digital, Ekonomi bisnis, Administrasi Umum, Teknologi perkantoran, Kearsipan, Otomatisasi tata kelola kepegawaian, otomatisasi tata kelola keuangan, otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan, produk kreatif dan kewirausahaan.

10. Pemasaran

Banyak orang menganggap bahwa anak jurusan pemasaran memiliki level terendah dalam kasta jurusan SMK. Opini seperti ini sungguh salah besar sebab lulusan pemasaran bisa menjadi tenaga marketing handal. Apalagi jika Kamu bisa menciptakan strategi pemasaran produk atau jasa yang laris manis di pasaran, masa depan cerah tentu menunggumu.

Jadi yang dipelajari dalam Jurusan Pemasaran selain mata pelajaran umum yaitu Simulasi dan komunikasi digital, ekonomi bisnis, Administrasi umum, Marketing, Perencanaan bisnis, Komunikasi bisnis, penataan produk, Bisnis Online, Pengelolaan bisnis ritel dan Administrasi Transaksi.

10 jurusan SMK yang paling diminati tersebut bisa kamu pilih untuk menentukan masa depan mulai sekarang dan mata pelajaran yang disebutkan itu adalah mata pelajaran tambahan sesuai jurusannya masing-masing. Tentunya pilihlah jurusan yang sesuai dengan hobi dan passion agar Sunners bahagia menjalani profesi pilihan kelak.

Penulis : ARR Polmed

Ilustrasi by Freepik

12 comments

  1. Sinta

    Enak ga sih masuk jurusan elektro

    1. Editor

      Hai Sunners! Enak atau tidaknya bisa beda di tiap orang, yang penting kamu kenal dulu sama diri sendiri, apa yang jadi passion dan cita-citamu πŸ™‚ Kalau sesuai, sesulit apapun bidang studimu, kamu bisa menikmati

  2. Rina

    Kak Apakah Enak Cewek Masuk Pelayaran

    1. Editor

      Boleh kok, selama bidang tersebut memang sesuai minat dan bakatmu πŸ™‚
      Konon katanya pelayaran memang identik dengan laki-laki, tapi di masa sekarang terbuka kok kesempatan untuk setiap orang mengejar cita-cita, apapun jenis kelaminnya

  3. mumtaaz

    kak, apa di smk ada jurusan bahasa?:(

    1. Editor

      Hai Sunners πŸ™‚ Jurusan Bahasa biasanya ada di SMA (itu pun tidak semua SMA punya), jika kamu tertarik belajar berbagai bahasa asing, biasanya bisa ditemukan di SMK Pariwisata atau Perhotelan

  4. Laila

    JURUAN DI SMK YG TIDAK ADA MATEMATIKA APA?

    1. Editor

      Haiii..kamu bisa pertimbangkan jurusan-jurusan kreatif seperti Multimedia, DKV atau PSPT ^^ Mungkin masih ada matematika, tapi tidak dominan

  5. Araa

    Hai min Jurusan Animasi Dan Multimedia itu gampang atau susah ya dan cara nya bagaimana

    1. Editor

      Hai Sunners πŸ™‚ Gampang atau susah bisa berbeda di tiap orang, yang penting ketahui dulu apakah bidang itu merupakan minat/bakatmu? Jika kamu punya minat besar di sana, kamu pasti akan bisa lalui semua tantangannya tanpa menyerah πŸ™‚

  6. Curut

    Kak aku gk tau passion ku apa πŸ˜“

Leave A Comment