WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Daftar SMA/SMK Impian, Seperti Apa Syarat Masuknya?

Sebelum kita melanjut ke SMA/SMK kita harus sudah menentukan kemana nantinya kita akan melanjut dan tentunya kita juga harus menentukan jurusan apa yang cocok untuk diambil sesuai skill yang kita punya. Selama kita masih SMP kita akan banyak menerima pertanyaan dari orang lain setelah lulus SMP nanti mau lanjut sekolah dimana? Ambil jurusan apa? dan pertanyaan ini pastinya akan membuat kita bingung mau pilih yang mana. sebelum kelulusan SMP kita harusnya sudah menentukan kemana kita akan melanjut supaya ketika akan lulus kita sudah membuat planning tujuan kita nantinya kemana. 

Sampai saat ini penentuan sekolah masih berdasarkan rayon tinggal tetapi keinginan untuk sekolah di tempat favorite membuat sebagian besar siswa mengabaikan sistem rayon dengan alasan memilih sekolah unggulan, semua itu tidak salah yang terpenting proses pendaftarannya dilakukan dengan baik. Ada beberapa rekomendasi jalur masuk yang sudah disiapkan oleh sekolah untuk diikuti diantaranya informasi seputar cara pendaftaran online siswa baru SMA/SMK/MA sederajat.  

Berdasarkan info yang sudah beredar saat ini ada beberapa jalur pendaftaran yang digunakan pihak sekolah untuk bisa menerima banyak mahasiswa baru apa sajakah itu mari kita simak infonya sunnerss…..

1. Penerimaan Siswa Baru Melalui PPDB Online

PPDB Online merupakan salah satu jalur masuk yang diperuntukan bagi semua siswa, sistem penerimaan siswa baru satu ini diklaim mampu menyaring siswa dengan murni karena sistem yang dilakukan melalui online jadi peluang untuk melakukan kecurangan sangat kecil, pola penerimaan ppdb online dilakukan dengan verifikasi nilai rapor bisa dibilang seperti jalur undangan, mereka yang sudah entri nilai rapor akan langsung diurutkan secara online tinggal menunggu akhir mereka yang masuk dalam peringkat kuota akan dinyatakan lulus.

2. Penerimaan Siswa Jalur Zonasi

Ini salah satu jalur yang paling populer dan paling banyak kontroversi karena setiap tahun PPDB jalur ini pasti ada saja masalah, zonasi sendiri merupakan salah satu jalur PPDB pertimbangan melalui jarak radius dari rumah ke sekolah terdekat, nah biasanya jalur ini paling diburu oleh wali murid.

3. Penerimaan Siswa Baru PSB Offline

Prioritas pendidikan tingkat menengah atas adalah penerimaan melalui online namun masih banyak sekolah yang melaksanakan pendaftaran siswa baru melalui offline, banyak pihak yang menilai bahwa sistem ini akan dijadikan ladang untuk melakukan praktek kecurangan seperti jalur belakang bahkan lelang kursi, namun untuk sekolah yang belum mampu menyelenggarakan sistem online dalam pendaftaran langkah penerimaan ini menjadi sangat tepat, biasanya sekolah akan berkoordinasi dengan dinas setempat untuk melaksanakan penerimaan siswa baru ini. Kemudian sekolah memiliki wewenang penuh untuk melaksanakan penerimaan siswa secara offline, bagi siswa yang berminat mengikuti pendaftaran melalui sistem ini caranya cukup mudah tinggal buka situs resmi sekolah yang anda pilih kemudian baca syarat apa saja yang dibutuhkan dan segera mendaftar dengan datang langsung ke sekolah, sementara bagi sekolah yang belum memiliki website nampaknya tidak ada pilihan lain siswa atau wali murid harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftar.

4. Penerimaan Siswa baru Dari Sekolah Asal

Jalur rekomendasi sekolah menjadi salah satu jalur wajib yang bisa diikuti oleh siswa biasanya yang bertugas mendaftarkan siswanya adalah kepala sekolah SMP/MTS tempat anda sekolah namun jalur ini tidak bisa dilakukan secara perseorangan dengan kata lain siswa harus didaftarkan dari sekolah, kekurangan dari jalur ini adalah mereka tidak bisa memilih karena yang menentukan dari sekolah. Selain itu yang akan mendapatkan rekomendasi hanya siswa berprestasi saja. 

5. Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Luar Daerah dan Lokal

Bagi sekolah unggulan sudah jauh-jauh hari sebelum kelulusan SMP/MTS mereka sudah membuka jalur masuk untuk sekolah dari luar daerah dan lokal hal ini biasa dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggulan, biasanya kisaran waktu 3 bulan sebelum kelulusan sudah dibuka, ada dua jalur masuk yaitu melalui undangan dan tertulis namun yang paling bergengsi adalah melalui jalur tertulis bahkan dalam satu kota kabupaten hanya diambil 1-3 orang saja. 

6. Penerimaan Siswa Baru Jalur Mandiri Reguler

Jalur ini paling populer dan setiap tahun diikuti  oleh sebagian besar karena penerimaan dilakukan secara terbuka melalui ujian tertulis dan siswa yang bersangkutan bisa mendaftar sendiri, konsekuensi dari jalur ini apabila siswa atau wali murid berminat mengikuti seleksi jalur ini cara langsung datang ke sekolah atau mencari informasi melalui website resmi sekolah kemudian melengkapi berkas dan ikuti tes sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

7. Penerimaan Siswa Baru Jalur Beasiswa Kurang Mampu

Bagi siswa kurang mampu terdapat jalur masuk beasiswa untuk bisa mengikuti pendaftaran peserta harus mencari informasi lebih dahulu selanjutnya ikuti pendaftaran dengan melengkapi berkas persyaratan. Pengajuan jalur beasiswa sangat bergantung pada sekolah tujuan bisa jadi tersedia dan bisa juga tidak ada pastikan anda menemukan informasi ini langsung dari sumbernya. 

8. Penerimaan Siswa Baru Jalur Belakang dan Lelang Kursi

Ini merupakan istilah sindiran bagi siswa dan sekolah yang melakukan kecurangan biasanya urusannya dengan kepala sekolah siswa harus menyediakan uang untuk bisa lulus meski sudah gagal tes kemudian nominal yang paling besar akan mendapatkan kuota untuk masuk seperti contoh jika ada siswa A yang berani nyogok 20 Juta kemudian ada juga siswa B berani 30 juta maka yang akan mendapatkan kursi jalur belakang adalah siswa B begitu seterusnya. Jalur ini merupakan jalur ilegal yang dilakukan sekolah dalam penerimaan siswa baru.

Meski dianggap melanggar hukum dan pelanggaran pidana budaya jalur belakang masih tetap terjadi sampai saat ini, sudah menjadi rahasia umum terutama mereka yang ada hubungan dengan kenalan istilah jaman sekarang adalah orang dalam, sangat ironi melihat pendidikan semacam itu, praktek semacam ini sering terjadi pada sekolah yang paling diminati seperti SMA/SMK/MA unggulan wali murid akan melakukan hal apapun untuk bisa lulus termasuk menyogok. Hal semacam ini tidak dibenarkan baik dari segi pemerintah maupun agama, sebisa mungkin harus dihindari bahkan apabila pihak tertentu menemukan praktek kecurangan semacam ini harus dilaporkan kepada pihak berwajib. 

Dari data diatas kita dapat mengetahui bahwa ada banyak cara untuk bisa mendaftar ke SMA/SMK tergantung kita mau pilih yang mana dan sesuai dengan sekolah yang kita inginkan supaya kita bisa lebih semangat dalam mengejar cita-cita kamu sunnerss……

Selama pandemi kurang lebih dua (2) tahun semua sekolah tentunya ditutup dalam artian semua siswa tidak diperbolehkan masuk ke sekolah seperti biasanya karena selama dua tahun itu covid 19 sangat marak sekali sehingga membuat semua operasi yang seharusnya berjalan dengan baik menjadi susah karena khususnya dalam proses pembelajaran untuk anak SMA/SMK. Selama covid 19 semua sekolah memilih jalan alternatif untuk semua peserta didik mengikuti proses pembelajaran mereka secara online melalui via WA, GMEET, CLASSROOM, dan aplikasi lain yang dapat membantu proses pembelajaran peserta didiknya. dan akan banyak hal yang dapat menghambat proses pembelajarannya baik itu karena jaringan, paket kuota yang habis atau bahkan alasan yang lain membuat proses belajarnya tidak maksimal. 

Berhubung karena pandemi sekarang sudah mulai menurun kamu sahabat sunnersss….. pergunakan kesempatan ini dengan baik supaya kamu bisa memilih sekolah yang kamu suka dengan jalur yang akan kamu pilih juga.

By : Lois Ernike Hutabarat-Universitas Kristen Indonesia 

Leave A Comment