Majalah Sunday

Daftar SMA/SMK Impian, Seperti Apa Syarat Masuknya?

Daftar SMA/SMK, simak cara berikut ini

Sebelum melanjutkan ke SMA/SMK, kita harus menentukan kemana dan seperti apa jurusan yang cocok untuk diambil yang sesuai skill. Selama kita masih SMP kita akan banyak menerima pertanyaan dari orang lain setelah lulus SMP nanti mau lanjut sekolah dimana? Ambil jurusan apa? dan pertanyaan seperti ini akan membuat kita bingung mau pilih yang mana.

Hal terpenting adalah proses pendaftarannya dilakukan dengan baik. Ada beberapa rekomendasi jalur masuk yang sudah disiapkan oleh sekolah untuk diikuti diantaranya informasi seputar cara pendaftaran online siswa baru SMA/SMK. Mari kita simak infonya sunners

1. Penerimaan Siswa Baru Melalui PPDB Online

PPDB Online merupakan salah satu jalur yang diperuntukan bagi semua siswa.  Sistem penerimaan siswa ini diklaim mampu menyaring siswa dengan murni melalui online jadi peluang untuk melakukan kecurangan sangat kecil. Pola penerimaan ini dilakukan dengan cara verifikasi nilai rapor secara online dan tinggal menunggu akhir mereka yang masuk dalam peringkat kuota akan dinyatakan lulus.

2. Penerimaan Siswa Jalur Zonasi

Jalur zonasi menggunakan sistem pertimbangan melalui jarak radius dari rumah ke sekolah terdekat, nah biasanya jalur ini paling diburu oleh wali murid.

3. Penerimaan Siswa Baru PSB Offline

Pendaftaran siswa baru pada penerimaan ini dilakukan secara offline dibawah wewenang sekolah. Caranya mudah, buka situs resmi sekolah yang anda pilih kemudian baca syarat apa saja yang dibutuhkan dan segera mendaftar dengan datang langsung ke sekolah. Sementara bagi sekolah yang belum memiliki website siswa atau wali murid harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftar.

4. Penerimaan Siswa baru Dari Sekolah Asal

Sistem rekomendasi sekolah menjadi salah satu jalur wajib yang bisa diikuti oleh siswa biasanya yang bertugas mendaftarkan siswanya adalah kepala sekolah SMP/MTS tempat anda sekolah atau didaftarkan dari sekolah. Kekurangan dari sistem ini adalah siswa tidak bisa memilih karena sekolah yang menentukan. Selain itu yang akan mendapatkan rekomendasi hanya siswa berprestasi saja.

5. Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Luar Daerah dan Lokal

Bagi sekolah unggulan, sistem ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul dari luar daerah dan lokal biasanya kisaran waktu 3 bulan sebelum kelulusan. Terdapat dua jalur masuk yakni undangan dan tertulis, dalam satu kota kabupaten hanya diambil 1-3 orang saja.

6. Penerimaan Siswa Baru Jalur Mandiri Reguler

Sistem ini sangat diminati karena memanfaatkan penerimaan secara terbuka melalui ujian tertulis dan siswa yang bersangkutan bisa mendaftar sendiri. Seleksi ini, bisa mencari tahu langsung datang ke sekolah atau mencari informasi melalui website resmi sekolah dengan melengkapi berkas dan ikuti tes sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

7. Penerimaan Siswa Baru Jalur Beasiswa Kurang Mampu

Bagi siswa kurang mampu, sistem ini sangat direkomendasikan untuk masuk sekolah dengan beasiswa dengan melengkapi berkas persyaratan. Pengajuan sistem beasiswa ini sangat bergantung pada sekolah tujuan bisa jadi tersedia dan bisa juga tidak ada pastikan anda menemukan informasi ini langsung dari sumbernya.

8. Penerimaan Siswa Baru Jalur Belakang dan Lelang Kursi

Ini merupakan istilah sindiran bagi siswa dan sekolah yang melakukan kecurangan biasanya dengan menyediakan uang untuk bisa lulus meski sudah gagal tes. Nominal yang paling besar akan mendapatkan kuota untuk masuk.

Dari data diatas, ada banyak cara untuk bisa mendaftar ke SMA/SMK tergantung kita mau pilih yang mana dan sesuai dengan sekolah yang kita inginkan. Pergunakan kesempatan ini dengan baik supaya kamu bisa memilih sekolah SMA/SMK yang kamu suka dengan jalur yang akan kamu pilih juga.

By : Lois Ernike Hutabarat-Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?