Majalah Sunday



Gregek Tunggek: Hantu Bali Penggoda Laki-Laki Nakal

Penulis: Jennifer Sinaga – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Bali sangat terkenal akan keindahan budayanya maupun alamnya serta masyarakatnya yang ramah maka tak heran Bali menjadi salah satu destinasi favorit bagi turis-turis dari dalam maupun luar negri. Namun, di balik keindahan-keindahannya; Bali masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistis. Selain Leak yang menjadi salah satu makhluk halus yang paling dikenal, rupanya ada salah satu sosok hantu Bali yang menyerupai sosok Kuntilanak yang sangat terkenal di seluruh Indonesia.

Sosok Hantu Bali; Gregek Tunggek

Hanya saja hantu ini memiliki nama yang berbeda yaitu “Gregek Tunggek”. Hantu ini dikenal oleh masyarakat Bali cukup mengerikan karena suka menggoda laki-laki yang lewat di jalan yang sepi di malam hari, memiliki wujud yang sama dengan Kuntilanak hanya saja hantu ini memiliki cerita yang berbeda dengan Kuntilanak yang biasa kita kenal.

Kalau Kuntilanak berasal dari roh wanita yang sudah meninggal dalam keadaan hamil sedangkan Gregek Tunggek ini berasal dari wanita yang waktu semasa hidupnya pernah menjadi korban laki-laki tidak bertanggung jawab. Maka itu menjadi sosok Gregek Tunggek untuk menuntut balas dengan meneror laki-laki yang memang dinilai tidak baik oleh sosok mengerikan ini.

Tapi kenapa mereka bisa tergoda kalau sosok Gregek Tunggek ini memang mengerikan? karena dia memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi wanita cantik dengan kemampuannya inilah yang dijadikan senjata oleh Gregek Tunggek agar bisa menggoda laki-laki hidung belang yang diincarnya.

Hantu Bali, Gregek Tunggek

Apa kalian pernah mendengar cerita lain dari Gregek Tunggek?, pict by canva.com

Ada pula versi cerita lainnya bahwa Gregek Tunggek adalah salah satu dari berbagai makhluk mengerikan yang tercipta akibat kemurkaan Dewi Durga yang ditelantarkan oleh Dewa Siwa dengan menghentakan kakinya di tanah sehingga mayat-mayat yang terkubur di dalamnya bangkit lalu diperintahkan untuk mengganggu manusia-manusia dalam kepercayaan umat Hindu di Bali.

Sangat mengerikan bukan? Kalian khususnya yang laki-laki, jika lagi jalan-jalan di Bali saat lagi sepi di malam hari, awas…jangan-jangan ada Gregek Tunggek yang siap meneror kalian.

*****

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,540
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?