WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Sunners, kulit kombinasi biasanya perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering.

Tetapi bukan berarti penghalang untuk kamu tampil menawan dan percaya diri, bagian kulit tersebut biasanya berada di daerah dagu, hidung, serta dahi atau di sebut daerah T-zone. Untuk kulit kombinasi juga sering bermasalah dengan pori-pori lebar, blackhead, dan kulit berkilap.

Apakah kamu termasuk memiliki jenis kulit kombinasi? Ada pula tanda-tanda dan cara mengatasi hal tersebut yang perlu kamu ketahui, seperti

1. Kulit Kering dan Berminyak

Apa bila kamu setelah cuci muka, daerah T-zone kamu berminyak dan bagian pipi kering itu termasuk tanda kulit kamu kombinasi. 

Man in Blue Crew Neck Shirt With Cream On Face

Cara mengatasinya gunakan sabun cuci muka yang kandungannya ringan dan lembut di kulit. Tak ada salahnya untuk menggunakan pencuci muka untuk kulit kombinasi bertekstur gel atau lotion yang mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan guna mengeksfoliasi kulit wajah sekaligus. Dan juga menggunakan pelembab yang bisa mengatasi kulit kombinasi,agar bagian kulit yang kering bisa terjaga nutrisinya dan bisa menjadi cara mengatasi area kulit kamu yang berminyak.

2. Pori-Pori Besar

Masalah ini biasanya menjadi salah satu masalah kulit yang sering terjadi, apa lagi di daerah T-zone akan membuat kulit berminyak. 

white plastic bottle on white table

Cara mengatasinya bisa menggunakan skincare dengan kandungan Retinol, AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) bahan-bahan ini bisa membersihkan pori-pori agar tidak tersumbat. Untuk kamu yang belum biasa menggunakan bahan tersebut, gunakan AHA dengan bahan yang alami.

3. Mudah Muncul Jerawat dan Komedo

Karena minyak dan pori-pori tersumbat, jerawat dan komedo tentunya jadi sangat mudah bermunculan. 

Woman With White Facial Soap on Face

Cara mengatasinya yaitu, pilihlah pelembab bertekstur gel yang berbahan dasar air/water based.

 

Khusus untuk perawatan malam hari, gunakan dua jenis pelembab, yaitu pelembab ringan yang oil free untuk area T-zone dan pelembab khusus kulit kering untuk area yang kering seperti pipi.

4. pelembab bikin kulit normal lembab, tapi area T berminyak

Penggunaan pelembab untuk kulit normal membuat daerah pipi dan sekitarnya terasa lembut, tetapi menjadikan area dahi, hidung, dan dagu berminyak.

Woman Applying Facial Cream

Untuk mengatasi masalah seperti ini, gunakan pelembab dengan kombinasi bahan yang bersifat mattifying seperti asam salisilat dan silika dengan hidrator bebas minyak seperti gliserin dan asam hyaluronik.

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Apa pun jenis kulitnya, kamu perlu menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Medicines on the Table

Bila perlu, konsumsilah suplemen asam lemak, seperti suplemen minyak ikan dengan DHA dan EPA, agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

 

Berbagai cara merawat kulit kombinasi di atas kamu bisa menjadikan panduan untuk menjaga kulit agar bersih dan sehat. Namun, jika berbagai produk dan cara merawat kulit kombinasi justru semakin memperburuk kondisi kulit kamu, segera konsultasikan ke dokter untuk menentukan jenis perawatan wajah yang tepat.

 

Apakah kulit kombinasimu seperti yang di atas Sunners ? cobalah untuk melakukan tips-tips diatas, semoga bermanfaat. 

Penulis : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment