WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bersahabat Dengan Air Putih? Siapa Takut!

“Water is non-caloric, it plumps up your skin, and it hydrates your muscles. Water is the staff of life, and now it’s everywhere. It’s very socially acceptable to walk around with water bottles, sucking on them.”

 

Jadi, sudah berapa banyak kalian minum air putih hari ini?

Sunners, tubuh kita ternyata sangat bergantung pada air untuk bertahan hidup. Setiap sel, jaringan, otot, dan seluruh organ dalam tubuh kita membutuhkan air untuk bekerja dengan semestinya.

Jadi, apa yang perlu kita lakukan? Tentu saja meminum air putih sesuai dengan kebutuhan kita. Tapi tahu nggak sih, Sunners, ternyata minum pun ada aturannya, lho. Yuk, kita simak beberapa aturan dan anjuran minum yang jarang kita ketahui!

 

1. Minum air 8 gelas dalam sehari mungkin akan sangat kurang, cukup, atau sangat menyulitkan bagi orang-orang tertentu. 8 gelas per hari juga mungkin menjadi anjuran minum yang sering kita dengar dari berbagai sumber informasi.

Tapi ternyata menurut The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, jumlah yang dianjurkan bukanlah 8 gelas per hari melainkan 2,7 liter untuk perempuan, dan 3,7 liter untuk laki-laki. Sedangkan ukuran gelas standar yang sering digunakan untuk kuliner adalah 250 ml, jika dikalikan 8 maka jumlahnya masih kurang dari apa yang dianjurkan lho.

Namun ada yang perlu kita catat, nih. Kebutuhan air putih masing-masing tubuh juga bergantung pada gaya hidup dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari, ya.

 

2. Dianjurkan untuk minum air 1-2 gelas setelah bangun tidur. Cara ini bisa membantu tubuh kita mengisi lagi cairan yang habis digunakan ketika kita tidur.
Bangun tidur kuterus minum~

 


3. Minum air putih 30 menit sebelum makan. Dianjurkan hanya minum 1 gelas saja, karena terlalu banyak minum sebelum makan akan mengganggu enzim yang bertugas untuk mencerna makanan. Diingat-ingat ya, Sunners!

4. Minum ketika sebelum, sedang, dan setelah berolahraga. Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang menguras keringat. Cairan tubuh kita sedikit demi sedikit berkurang seiring waktu lamanya berolahraga. Untuk menghindari dehidrasi, ada baiknya kita minum ketika berolahraga, bahkan ketika sebelum dan sesudahnya.

 


5. Mencampurkan potongan buah dalam air putih. Untuk sebagian orang, meminum air putih yang tawar merupakan suatu tantangan. Tapi bukan masalah, karena kita bisa lho memasukan potongan buah ke dalam air putih kita. Seperti potongan lemon, stroberi, nanas, dan masih banyak buah lainnya, atau bahasa kerennya adalah Infused Water. Potongan buah ini bisa menambah rasa dan kesegaran pada air kita.

 

6. Tidak boleh minum berlebihan. Kita memang harus tetap terhidrasi dengan meminum air putih, atau dengan tambahan cairan lain seperti air dalam buah, jus, susu, teh herbal, dan kafein (kopi, teh, dan soda). Namun ternyata tubuh kita tidak boleh overhidrasi alias terlalu banyak air. Beberapa akibatnya adalah dapat menyebabkan pusing, mual, muntah, kram otot, dan diare. Banyak terjadi juga dalam kasus yang lebih parah dapat menyebabkan kejang serta koma yang dapat berujung pada kematian. Wah, bahaya juga ternyata. Selain itu banyak hal buruk lainnya yang bisa terjadi pada tubuh kita saat overhidrasi, jadi minum sesuai kebutuhan saja, ya!

Nah, karena sudah tahu apa saja aturan serta anjurannya, yuk kita lebih rajin minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kita. Manfaat air putih untuk tubuh juga tentu nggak sedikit, jadi nggak ada ruginya kita menyempatkan minum air putih di segala kesempatan seperti anjuran yang tertulis di atas.

 


Angkat botol minummu, kita minum air putih bersama-sama! Cheers!

 

Ditulis Oleh: Dewi Sulistia, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment