Majalah Sunday

Pengaruh Stres Pada Berat Badan

Siapa yang di sini kalau stres berat badannya turun? Apa ada pengaruh stres terhadap berat badan? Yuk cek selengkapnya!

Apa itu stres dan Kaitannya Dengan Berat Badan

Stres adalah reaksi yang diberikan tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi baru di sekitar kita. Stres tidak hanya berdampak pada psikis, namun juga fisik kita. Pengaruh stres ini mungkin bisa terjadi apabila kondisi ini tidak segera ditangani. 

Saat seseorang mengalami stres maka mampu mempengaruhi berat badan seseorang lewat berbagai cara. Salah satunya stres dapat terjadi ketika kalian tidak mempunyai jawaban dari masalah kalian sendiriSehingga ini berpengaruh terhadap pola makan kalian yang semakin menurun, mempengaruhi kesehatan serta terganggunya aktivitas kalian sehari-hari.

Pahami Pengaruh Stres Pada Berat Badan, pict by canva.com

Pahami Pengaruh Stres Pada Berat Badan, pict by canva.com

Penjelasan Ilmiah Kaitan Stres dan Penurunan Berat Badan

Bagi sebagian orang, stres membuat mereka kehilangan selera buat makan. Stres juga membuat sikap seseorang berbeda dari sebelumnya. Selain kacaunya pola serta jadwal makan, stres mampu memicu sikap tidak menyehatkan lainnya.

Contohnya, bekerja serta melewatkan jadwal makan atau terbiasa begadang. Saat stres melanda, tubuh mempersiapkan diri dengan melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol. Adrenalin dilepaskan tubuh ketika kamu melakukan aktivitas berat, tetapi hormon ini juga dapat meminimalkan keinginan seseorang untuk makan.

Sementara itu, kortisol memberikan sinyal pada tubuh untuk sementara waktu menekan fungsi-fungsi yang tidak penting selama krisis. Fungsi yang dimaksud termasuk respons sistem pencernaan, kekebalan, dan reproduksi. 

Perubahan hormon dan ‘kekacauan’ pikiran ini yang membuat seseorang cenderung tidak ingin makan ketika sedang stres. Di samping itu, stres juga menguras tenaga, sehingga seseorang tidak dapat memikirkan hal lainnya, termasuk makan. Tidak, hal ini yang memengaruhi kebiasaan makan yang menyebabkan penurunan berat badan.

Sudah paham kaitan stres dan penurunan berat badan? Pict by canva.com

Sudah paham kaitan stres dan penurunan berat badan? Pict by canva.com

Solusi Mengendalikan Penurunan Berat Badan Drastis Akibat Stres

Sunners, jangan biarkan stres merusak tubuh kamu dan mengendalikan pikiran kamu. cobalah terbuka dan mencoba solusi yang sudah mimin kasih berikut ini!

Berpikir positif

Cobalah untuk mengingatkan atau memberi motivasi kepada diri sendiri mengenai hal-hal positif yang Anda miliki dan patut Anda syukuri. Cara ini dapat mengurangi stres berat yang Anda alami.

Berceritalah ke orang terdekat

Sebagian dari kita mungkin tidak ingin menceritakan masalah kita kepada teman atau keluarga, lebih baik memendam masalah sendiri, itu adalah langkah yang salah. Kalau kamu tidak mau terbuka dengan keluarga kamu maka cobalah terbuka kepada teman terdekat kamu mengenai masalah yang kamu alami, justru kalau kamu memendam masalahmu sendiri yang ada kamu makin stres. 

Tidur yang cukup

Begadang bukanlah solusi yang tepat untuk merenung/menemukan jawaban dari masalah kamu, justru kalau kamu tidur yang cukup akan membantu kamu berpikir yang jernih, begadang akan mempengaruhi otak,tubuh bahwan emosianal kalian.

Pergilah berlibur

Untuk mengurangi stres berat yang kamu alami, ambillah libur atau me time. Lakukan apa yang biasa kalian lakukan. tidak harus berpergian kok. Mungkin bisa belanja, kuliner, atau mepercantik diri kalian.

Mari lakukan tips di atas demi kesehatanmu secara holistik

Mari lakukan tips di atas demi kesehatanmu secara holistik, pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 309
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?