Majalah Sunday

Belajar dari B.J Habibie Sang Inspirator Kecerdasan dan Kesetiaan

Kalian tau gak sih siapa itu Habibie dan Ainun? Pastinya kedua nama ini terdengar tidak asing ya bagi sunners. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering kita sebut sebagai B.J Habibie adalah mantan Wakil Presiden Negara Indonesia yang ke-3,

sementara Hasri Ainun Besari merupakan istri dari B.J Habibie. Bagi kamu yang pernah membaca biografinya, tentu saja tahu bahwasannya selain cerdas, wakil presiden Indonesia ke-3 ini juga terkenal dengan kesetiaannya pada sang istri yang bernama Ainun.

Kisah cintanya bersama Ainun ini tidak hanya berhasil diangkat menjadi film layar lebar, namun kisah Habibie dan Ainun ini digadang-gadangkan Romeo dan Juliet versi lokal.

Cerdas

https://youtu.be/InjwCm8a6aw

Habibie merupakan sosok putra bangsa yang benar-benar berkontribusi memajukan negara kita. Ia dikenal sebagai sosok yang jenius dan visioner bahkan ia mendapat predikat sebagai Bapak Teknologi Indonesia. Habibie memiliki ketertarikan yang besar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Beliau juga merupakan orang pertama yang dikirim oleh presiden pertama, Soekarno untuk belajar membuat pesawat terbang ke berbagai dunia. Sejak masih muda ia meraih berbagai prestasi dan penghargaan dalam maupun luar negeri. Ia pernah belajar untuk spesialisasi konstruksi pesawat terbang. Ia meraih gelar Summa Cumlaude dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean.

Sikap rajin, ulet serta mempunyai otak yang cerdas membuat ia berwibawah dan tidak sombong. Ia juga menciptakan rumus Faktor Habibie yang digunakan untuk menghitung keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Sehingga ia mendapatkan julukan dunia sebagai “Mr Crack”.

Ia pernah menjadi Kepala Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di sebuah Perusahaan besar. Serta ia juga menjabat sebagai wakil presiden, direktur teknologi serta penasehat senior perusahaan. Ia juga mengajarkan berbagai hal bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing dan membuktikan kepada dunia bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila kita terus berusaha.

Romantis

https://youtu.be/yeX8QkPUdOw

Mendiang B.J Habibie rupanya bukan hanya sosok yang cerdas, tetapi juga sosok yang romantis. Salah satu sisi romantisnya terlihat ketika ia membuatkan puisi kepada Ainun. Puisi itu ditulis langsung oleh B.J Habibie untuk ainun sebagai peringatan 1.000 hari kepergian Ainun. Kemudian selalu membawa bunga ke pusara Ainun.

Tidak hanya itu ketika Ainun sedang sakit-sakitnya ia menghantarkan kepergian Ainun dengan mengucapkan kalimat mengharukan “Ainun, saya sangat mencintaimu. Tapi Allah lebih mencintaimu, sehingga saya merelakan kamu pergi”. Wah, sangat mengharukan bukan!

Kesetiaan

Kesetiaan Habibie tentu tak perlu diragukan lagi. Beliau tidak pernah menggubris wanita lain, serta ketika Ainun sakit, ia turut serta menemani dan berada di sampingnya sepanjang hari. Kesetiaan mantan Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie itu sudah terbukti dan tercatat oleh sejarah. Ia sangat mencintai istrinya yakni Almarhum Hasri Ainun Besari.

Habibie tetap berada di sampingnya sampai maut memisahkannya. Bahkan ketika Ainun lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa pun Habibie tetap mengunjungi makamnya setiap hari jumat. Ketika Ainun meninggal, Habibie merasakan patah hati yang sangat mendalam karena ditinggal oleh kekasih jiwanya untuk selama-lamanya. Kemudian, ketika beliau meninggal, ia juga ingin dikuburkan di samping makam sang istri.

Religius

Ketika masih berusia 3 tahun, Habibie sudah fasih melantunkan ayat-ayat suci dari Alquran. Beliau selalu menunaikan sholat lima waktu. Dahulu, sang ayah sering membacakan Alquran kepadanya sehingga tak heran jika Habibie bisa lancar melafalkan ayat-ayat tersebut.

Kesimpulan Mimin Sunny

Salah satu aspek dalam membangun sebuah hubungan adalah berbagi pengalaman, saling percaya satu sama lain dan lain sebagainya. Menurut mimin, baik kisah cinta Habibie dan Ainun tersebut maupun kecerdasan beliau sangat inspiratif sekali. Membuat jiwa-jiwa muda mimin meronta-ronta atas kegagahan dari beliau. Nah, setelah membaca ini mimin yakin kalian pasti merasa terinspirasi dengan beliau.

ditonton juga: https://youtu.be/UlGDa-DNCWI

dibaca juga: Rekomendasi Channel Youtube Edukasi di Indonesia yang Bisa Bikin Kamu Makin Pintar

oleh: Ika Tania Pardede, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?