WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

“Aku Tuh Introvert…”

Rame-rame yang melibatkan salah satu Youtuber Indonesia beberapa waktu lalu, menyebabkan banyak yang mempertanyakan introvert. Tapi coba kita berpikir, pasti ada salah satu teman kita yang memakai alasan “tapi aku kan introvert” untuk kelakuan mereka.

Banyak juga orang yang kemudian melihat introvert itu aneh, tidak berani keluar zona nyaman, dll. Benarkah?

Apa itu introvert?
Lebih orang akan mengaitkan kepribadian seorang introvert lebih pendiam dan pemalu. Mereka juga sering menghabiskan waktu untuk diri mereka sendiri. Dan kebalikan dari introvert adalah ekstrovert mereka lebih mudah dibuka dalam hal apa pun. Gabungan dari introvert dan ekstrovert adalah ambivert. Tahukah Sunners, istilah ini diperkenalkan oleh Carl Jung pada tahun 1920-an (sumber: CNN Indonesia).  Introvert memang lebih suka sendiri, jikalau mereka berhubungan dengan teman mereka, mereka terlihat diam dan pemalu, tentu saja hal ini diperhitungkan introvert dengan ekstrovert. Bukan berarti mereka tidak mau mengenal dunia luas. Mereka hanya ingin mengenal dunia dari dalam diri mereka diam-diam atau tidak mau menjadi pusat perhatian orang.

Memang mereka dianggap pemalu, tapi anggapan “pemalu” bisa terjadi karena menilai sekilas seseorang terhadap mereka yang introvert. Padahal sebenarnya, mereka lebih suka suka dibandingkan dengan keramaian. Apa aja sih keistimewaan orang introvert?

Pendengar yang baik
Mereka akan membuat orang di sekelilingnya nyaman kita curhat, mereka juga bisa membicarakan orang lain dengan baik.

Lebih tenang dalam bergerak

Introvert memang tidak banyak bicara, tetapi kompilasi mereka mendapat masalah mereka akan lebih tenang menghadapinya dan berpikir untuk menemukan jalan keluarnya. Klub anti panik-panik!

Bisa menjadi teman yang berkualitas

Orang introvert memang tidak memiliki banyak teman, tetapi orang introvert bisa mempercayai orang yang dekat dengan mereka. Sangat introvert orangnya sangat setia; dalam pertemanan mereka bisa jadi sahabat sejati, maka dari itu mereka tidak bisa mempercayai sembarang orang hanya orang-orang terdekat atau memang sudah kenal lama. Orang introvert juga pengertian hmm… kaya apa tuh? Misalnya, kompilasi mereka sudah ada janji dengan teman dan salah satu dari teman itu tidak mungkin bisa datang, di sinilah orang introvert bisa lebih mengerti tentang pengalaman atau keterlibatan peserta.

 

Mandiri

Semua orang pasti sudah terbukti oleh orang tuanya untuk mandiri sejak kecil. Tapi orang introvert belajar sambil bekerja sendiri, belajar sendiri, belajar di rumah sendiri pun mereka bisa tanpa harus les atau meminta orang lain mengajarkannya. Makanya introvert lebih mandiri dan bisa bekerja sendiri.

Tidak mudah emosi

Jika orang memang dihadapkan dengan masalah langsung, maka aja. Pacar kita deket sama perempuan lain aja kita udah cemburu sampe ubun-ubun padahal hanya sebatas tanya tugas hehe..Nah, orang introvert beda; mereka akan lebih memilih diam dan menganalisis situasinya dengan kalem dan tenang.

Hanya saja nih, karena bisa mengatur emosinya di muka umum, mereka juga bisa membenci dengan diam-diam. Maksudnya gimana? Ketika mereka tersinggung dengan perkataan orang lain, mereka akan mengabaikan orang tersebut tetapi mengingatnya dalam benak.

  •   Sering Melamun

Siapa yang suka melamun? Hehe … Nah biasanya orang introvert kalau mereka butuh tak nyaman dengan lingkungan sekitar mereka, biasanya mereka suka melamun.


 

Sunners, kebahagiaan seseorang tidak dilihat dari sisi kepribadiannya, apakah dia introvert, ekstrovert atau ambivert. Maka, tetaplah menjadi dirimu sendiri ya.

 

Yukk test kepribadianmu di sini!

Mainkan Kuis kami!

 

Oleh: Syifa Lisniawati, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment