WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Cara Mengatur Keuangan Sejak Dini

“Besar pasak daripada tiang” adalah peribahasa yang memiliki arti bahwa pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan – jangan sampai seperti itu ya, guys.

 

Mengelola keuangan yang tepat dan benar adalah cara kamu untuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu kamu menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu kamu juga bisa memastikan kehidupan kamu dapat berjalan dengan baik contohnya dengan kamu hidup hemat membeli barang yang kamu butuhkan saja itu juga salah satu cara kamu untuk mengatur keuangan kamu dengan baik dan benar.

Sebenarnya mengelola keuangan ada banyak cara. Kamu tentu harus memilih cara manakah yang paling sesuai untuk kamu. Beberapa faktor seperti seberapa besar pengeluaran kamu setiap bulan, barang apa saja yang yang kamu beli,seberapa pentingkah barang itu untuk kamu pakai hingga rencana keuangan kamu di mesa depan. Mengelola keuangan dengan baik dan benar memang punya banyak cara.

Berikut adalah cara mengatur keuangan bulanan yang tepat untuk kamu!

 

  • Menghitung biaya kebutuhan sehari-hari

Hal mendasar yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui kesaran sehari-hari, seperti biaya transportasi, biaya makan hingga belanja kebutuhan. Caranya adalah dengan mencatat biaya pengeluaran per hari. Kamu bisa menginstal aplikasi keuangan yang tersedia di playstore atau appstore di android kamu seperti aplikasi yang satu ini: Mint.

Sesuai dengan namanya, Mint akan membantu untuk menyegarkan kembali siklus keuangan kamu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa akun, melakukan kategorisasi otomatis, pengingat tagihan, dan melakukan pelacakan tujuan keuangan kamu. Mint juga mampu melakukan credit scoring secara efektif.

Aplikasi ini sangat membantu kamu untuk menyusun budgeting agar tidak melebihi pemasukan kamu. Misalnya, ketika kamu mengeluarkan uang untuk makan segera tulis dalam kategori Food & Dining, saat sedang makan di restoran dengan teman-teman catat pengeluaran pada kategori makanan dan minuman yang kamu pesan.

  • Cari penghasilan tambahan

Kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi pekerja lepas/freelance atau pekerjaan part time lainnya misalnya menjadi penulis lepas, fotografer lepas, sales marketing lepas dan masih banyak lagi namun jangan sampai berimbas dengan pekerjaan utama atau perkuliahan yang sudah terjadwal.

  • Kendalikan diri

Pikiran dan psikologi kamu dalam mengelola uang sangatlah penting untuk diperhatikan. Ada banyak orang yang sangat boros ketika sedang mendapatkan banyak uang. Pada kasus seperti itu sebenarnya pikiran dan psikologi orang yang lebih berperan dalam mengelola keuangan.

white and blue magnetic card

Kamu harus bisa menahan diri mengendalikan berbagai keinginan kamu contohnya kamu ingin membeli sepatu atau tas yang lagi diskon di mall padahal kalo dipikir-pikir kamu sebenarnya masih punya stok sepatu yang sama bahkan persis seperti sepatu itu tapi hanya karena menyukainya akhirnya kamu membelinya tanpa kamu sadari itu juga pemborosan yang harusnya kamu bisa tabung loh dan mengeluarkan uang untuk keperluan lainnya.

  • Investasikan uang kamu sedikit demi sedikit

Menginvestasikan uang adalah suatu keharusan di masa kini. Investasi saat ini dapat kamu lakukan dengan nominal yang relatif rendah. Selain itu saat ini kamu juga bisa memilih cukup banyak pilihan produk investasi.

Investasi memiliki beberapa macam mulai dari yang memiliki risiko rendah hingga tinggi. Investasi akan memberikan keuntungan untuk kamu dimasa depan.

  • Jangan lupa menabung

Menabung memang sangatlah penting dalam mengelola keuangan dengan benar. Sepertinya semua orang sudah tahu mengenai pentingnya menabung. Tetapi satu hal yang penting adalah kamu sebaiknya tidak menyimpan uang terlalu banyak dalam tabungan.

Hal tersebut adalah karena uang kamu akan termakan inflasi. Investasi adalah sesuatu yang harus kamu apertimbangkan ketika mengelola keuangan kamu dengan benar yaa.

Memang uang bukanlah segalanya dalam hidup. Namun cara mengelola keuangan yang tepat akan membantu kamu ntuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu kamu menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu kamu juga bisa memastikan kehidupan kamu dapat berjalan dengan baik untuk dirimu, bahkan tidak hanya kamu sendiri tetapi juga orang terdekat kamu.

 

Oleh: Santi Lumbantoruan, Universitas Kristen Indonesia  (‘UKI’)

 

Leave A Comment