Majalah Sunday

Lima Aktivitas Healing di Tengah Padatnya Kuliah

Penulis: Muhammad Ilhamsyah- UIN Jakarta

Menjadi mahasiswa adalah pengalaman yang penuh rasa penasaran dan kegembiraan apalagi bagi kalian yang pertama kali menginjakkan kaki di dunia universitas. Namun, bagi kalian yang sudah memasuki pertengahan studi, terutama yang mulai sibuk dengan jadwal kuliah yang padat disertai tugas yang menumpuk, mungkin mulai merasakan bahwa perjalanan akademik di dunia kampus juga memiliki tantangan tersendiri. Seiring meningkatnya beban tugas, proyek, dan ujian, rasa stres dapat muncul dan menjadi bagian yang sulit dihindari. Untuk kalian yang membutuhkan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran, berikut lima aktivitas healing yang bisa dicoba!

Memancing Ikan

Berikut adalah puisi dari Zahwa Nurhaliza salah satu kontributor lepas dari Majalah Sunday dengan karya berjudul Ketika Ia Tiba
Laut menjadi salah satu spot memancing yang baik

Memancing bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres. Kegiatan ini mengajak kalian untuk berinteraksi dengan alam, merasakan suara air yang tenang, dan menikmati aktivitas yang santai di pinggiran kolam. Kalian bisa mencari spot memancing di danau atau kolam terdekat yang tidak memerlukan waktu dan biaya yang besar. Memancing dapat kalian lakukan bersama teman untuk suasana lebih santai atau sendiri sebagai waktu untuk menenangkan diri. Dengan melakukan aktivitas memancing ikan kalian dapat meningkatkan ketenangan, memperbaiki suasana hati, dan melatih kesabaran

Beli Mainan atau Koleksi Barang Unik

notes mini perlengkapan sekolah
Koleksi notebook memberikan kepuasan tersendiri dalam melengkapi koleksinya

Mengoleksi mainan atau barang unik bukan hanya untuk anak-anak, banyak mahasiswa yang juga melakukan aktivitas tersebut dan menikmatinya sebagai cara menghibur diri. Mainan seperti action figure, rubik, atau model bangunan bisa menjadi pengalihan yang menyenangkan dari rutinitas kampus yang sibuk. Koleksi ini memberikan kalian kesenangan kecil dan rasa apresisasi terhadap diri jika berhasil melengkapi koleksi kita. Dengan mengoleksi mainan atau barang unik yang kita sukai tentunya akan mengurangi stres dengan hiburan ringan dan membantu fokus melalui hobi sederhana.

Membaca Buku

Bagi pecinta buku, semoga rekomendasi perpustakaan dari kami dapat menjadi tempat yang ideal untuk mengeksplorasi berbagai literatur.
Perpustakaan menjadi destinasi membaca buku yang menenangkan

Bagi kalian yang suka membaca, membawa buku favorit ke kafe atau taman bisa menjadi pelarian sejenak dari padatnya jadwal kuliah. Pilih genre yang kalian sukai, baik itu novel, buku pengembangan diri, atau biografi, dan nikmati waktu tenang sambil membaca. Suasana nyaman dan lingkungan tenang di sekitar kalian akan membuat waktu membaca jadi lebih relaks. Dengan membaca buku, banyak manfaat yang akan didapat, membaca juga memberikan waktu istirahat bagi pikiran, meningkatkan fokus, dan membawa kalian ke dunia yang berbeda. Selain itu, membaca buku juga akan memberikan wawasan terhadap pembelajaran yang kita pelajari di kampus yang akan membantu meningkatkan akademik.

Memasak Makanan

Ngemil sewajarnya tanpa meninggalkan waktu makan besar memiliki banyak manfaat positif. Baca rekomendasi cemilan diet sehat ini.
Memasak membuat diri kita bebas berekspresi sesuai apa yang kita mau

Memasak bisa menjadi aktivitas kreatif yang sangat menyenangkan. Untuk kalian yang suka bereksperimen dengan bahan dan resep, memasak bisa menjadi cara efektif untuk melupakan sejenak tekanan kuliah. Proses memasak juga memungkinkan kalian untuk bermain dengan rasa dan tekstur makanan. Selain itu, menikmati hasil masakan sendiri atau bersama teman-teman bisa menjadi pengalaman yang memuaskan. Keberhasilan kita dalam memasaka makanan yang enak memberikan kebanggan terhadap diri kita sendiri. Dengan memasak makanan yang kita inginkan hal tersebut tentu akan mengurangi stres, menambah keterampilan memasak, dan memotivasi pola makan sehat.

Traveling di Akhir Pekan

olahraga salah satu me time yang sehat
Olahraga diluar ruangan bisa menjadi aktivitas traveling yang sehat

Ketika rutinitas kuliah terasa melelahkan, traveling singkat di akhir pekan bisa menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran. Kalian bisa memilih destinasi yang dekat, seperti taman kota ataupun tempat wisata, kalian juga bisa melakukan traveling dengan wisata alam atau pantai, atau merencanakan perjalanan singkat ke luar kota. Perjalanan ini bisa membawa suasana baru dan memberi energi untuk kembali produktif menghadapi minggu kuliah berikutnya. Melakukan traveling juga dapat meningkatkan kebahagiaan, memberikan pengalaman baru, dan menyegarkan pikiran.

Mengelola pikiran agar tidak stres oleh tekanan tugas ataupun lingkungan di kampus adalah suatu hal yang penting, karena jika tidak dapat mengelolanya dengan baik, maka kita akan merasa depresi dan frustasi. Kelima aktivitas tersebut bisa kalian coba sebagai cara untuk mengelola stres dan menyeimbangkan antara aktivitas akademik dan waktu bersantaikalian bisa mencari aktivitas mana yang cocok dan efektif untuk membantu kalian melalui kesibukan kuliah dengan lebih tenang dan penuh semangat.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 9
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?