WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

8 Bisnis yang Cocok Dijalankan Pelajar, Modal Kecil dan Bisa Pakai HP!

Di masa pendemi ini, sebagai pelajar tentunya kebutuhan yang kamu harus penuhi sangat beragam.

Mulai dari kuota untuk belajar, bayar sekolah, dan lain sebagainya. Adanya kebutuhan tersebut tentunya harus segera kamu penuhi. Permasalahannya adalah kamu tak tega untuk meminta dari kedua orang tuamu. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut tanpa memberatkan orang tua?

Nah, mungkin kamu sudah berada di artikel yang tepat, nih. Dibuatnya artikel ini untuk membantumu mengatasi permasalahan di atas. Kamu bisa memenuhi segala kebutuhan tersebut dengan cara-cara yang akan dijabarkan berikut ini. Sebagai pelajar, kamu tak perlu cemas lagi karena kamu juga sudah bisa menghasilkan uang sakumu sendiri. Berikut beberapa bisnis yang sangat cocok untuk dijalankan pelajar sepertimu. Modalnya kecil dan bisa pakai HP. Langsung saja, check it out!

  1. Jasa Pengetikan

Young lady typing on keyboard of laptop in living room

Bisnis sambil sekolah pertama yang bisa dicoba adalah bisnis pengetikan. Kamu bisa coba untuk membuka bisnis pengetikan bagi orang lain. Tugas, makalah, bahkan hingga pembuatan powerpoin pun bisa kamu coba lakukan. Dengan memanfaatkan laptop ataupun ponsel yang dipunyai, kamu sudah bisa menghasilkan uang tambahan. Pekerjaan sampingan ini tentunya sangat cocok untuk dilakukan pelajar sepertimu.

  1. Les Privat

Person Writing on Notebook

Kamu bisa membuka bisnis les privat, nih! Kamu bisa mengajarkan murid-muridmu mengenai pelajaran Matematika, Inggris, ataupun pelajaran yang kamu kuasai. Nah, kamu bisa membuka les privat ini pada anak-anak SD atau SMP yang ada di sekitar tempatmu tinggal. Tentunya kamu akan diberikan ‘uang’ oleh mereka sebagai imbalan karena mengajarkan les tersebut.

  1. Jual Pulsa dan Kuota

Selective Focus Photography of Person Holding Iphone Displaying White Screen

Bisnis sambil sekolah yang bisa dilakukan adalah dengan menjual pulsa elektrik dan kuota. Bisnis ini memang telah banyak dilakukan, tetapi tak ada salahnya kamu untuk turut mencobannya. Kamu bisa mulai menjual pulsa dan kuota ini kepada teman-temanmu di sekolahan, nih. Meskipun untung yang didapatkan tidak banyak, tetapi jika kamu tekun dalam menjalankan bisnis ini, dijamin bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

  1. Dropshipper

Free stock photo of adult, advertising, box

Nah, bisnis sambil sekolah yang bisa kamu jalani selanjutnya adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Mungkin kamu masih asing dengan pekerjaan ini, tetapi menjadi dropshipper juga dapat menambah uang sakumu lho. Dropshipper adalah jembatan penghubung antara penjual dan pembeli. Maksudnya, ketika menjadi seorang dropshipper, tugasmu adalah memasarkan produk milik si penjual kepada siapapun. Nah, seandainya terdapat seseorang yang berniat membeli produk tersebut, maka kamu akan memesankan produknya ke penjual tersebut. Bisnis ini bisa kamu jalani tanpa mengeluarkan sepeser pun modal, lho!

  1. Content Writer/Copywriter/Penulis Cerita

Woman Typing on Laptop

Nah, bisnis sambil sekolah yang bisa dilakukan adalah dengan menulis sebuah konten. Jika kamu hobi menulis, tentunya pekerjaan sampingan ini harus kamu lakukan. Menjadi seorang content writer berarti kamu harus menulis konten-konten artikel yang akan diunggah ke blog, sedangkan menjadi seorang copywriter berarti kamu akan menulis artikel dengan tujuan mempromosikan nilai dan manfaat produk yang ditawarkan melalui tulisan yang persuasif. Untuk mengimbangi dengan sekolah, kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang freelance ataupun kontributor ya. Selain kedua jenis pekerjaan tersebut, kamu juga bisa menjajaki diri menjadi seorang penulis buku atau cerita. Kamu bisa menuangkan ide kreatifitasmu ke dalam sebuah cerita. Nah, darinya kamu juga bisa mendapatkan uang saku tambahan jika ceritamu tersebut dilirik dan diterbitkan oleh penerbit.

  1. Desain Grafis

Silver Imac on Top of Brown Wooden Table

Kamu suda editing atau mendesain? Maka, pekerjaan desain grafis ini snagat cocok untuk dilakukan olehmu. Kamu bisa membuka jasa desain grafis ini ke teman-temanmu. Hanya menggunakan ponsel atau laptop, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini, lho. Kamu juga akan mendapatkan hasil tak terkira jika bisnismu ini makin berkembang.

  1. Bisnis Paid Promote

Person Holding Iphone Showing Social Networks Folder

Nah, jika akun media sosialmu memiliki ribuan atau jutaan pengikut, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnismu sendiri, lho. Hanya bermodalkan media sosial dan HP, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan, nih. Bisnis modal HP ini yaitu dengan membuka usaha paid promote atau endorsement. Kamu bisa membuka kesepakatan dengan para wirausahawan lain. Kamu bisa menawarkan diri untuk mempromosikan produk mereka di platform media sosialmu tersebut. Darinya, tentu kamu akan mendapatkan imbalan berupa bayaran akan kerjasama tersebut. Jadi, manfaatkanlah pengikut di media sosialmu dengan cermat, ya!

  1. Content Creator

Person Holding Space Gray Iphone 5

Bisnis modal HP yang bisa kamu coba untuk lakukan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang content creator. Jika kamu hobi dan senang dalam membuat video dan mengeditnya, kamu bisa coba bisnis yang satu ini. Manjadi seorang content creator di Youtube bisa dilakukan hanya bermodalkan HP. Kamu bisa coba untuk membuat video-video menarik seperti memasak, keseharianmu, dan sebagainya.

Nur Hidayah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment