WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

SMA Jurusan Bahasa, Gimana Sih Keseruannya?

Apakah Sunners adalah tipe orang yang senang mempelajari berbagai bahasa?

Kalau jawabannya iya maka kamu cocok untuk mengambil jurusan bahasa jika pilihan sekolahmu adalah di SMA. Memang kebanyakan dari kita tahu kalau di SMA hanya ada jurusan IPA dan IPS. Namun, siapa sangka ternyata ada jurusan bahasa juga, lho. 

Banyak siswa yang sudah memasuki kelas tiga SMP lalu dilema harus melanjutkan sekolah ke mana, SMA, SMK, atau MA? Padahal ketiganya sama-sama memiliki kelebihan asalkan masuk sesuai dengan minat dan bakat. Karena untuk ukuran sekolah tiga tahun jika tidak dipakai belajar dengan sungguh-sungguh hanya akan sia-sia belaka. 

Nah, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai jurusan bahasa yang ada di SMA. “Tapi memangnya ada jurusan bahasa?” Ya, meskipun tidak semua SMA yang ada di Indonesia menerapkan jurusan bahasa, kabar baiknya jurusan bahasa ini masih ada di beberapa sekolah. Bahkan jurusan bahasa ini sudah ada sejak tahun 90-an. Hanya karena sepi peminat, dijadikanlah hanya ada dua jurusan di SMA. 

Tapi sunners tidak perlu khawatir, sebab masih ada beberapa SMA yang bisa dipilih jika minatmu cenderung di bahasa. 

Lalu, seperti apa sih keseruan belajar jurusan bahasa di SMA?

“Aku paling senang belajar berbagai bahasa, terutama bahasa Jepang. Meskipun tidak terlalu mendalam, namun cukup tahu dasar-dasarnya,” ungkap Cika Nadia seorang alumni jurusan bahasa di SMAN 1 Cianjur yang kini berkuliah Sastra Indonesia di UNJ. 

Di jurusan bahasa, selain mempelajari bahasa Indonesia. Kamu juga akan banyak belajar mengenai bahasa asing. Seperti bahasa Jerman, Jepang, Inggris, Mandarin, dan Arab. Namun pilihan bahasa itu tidak semua ada di jurusan bahasa, tergantung dari kebijakan sekolah mau memakai bahasa mana untuk dijadikan peminatannya. 

Karena jurusan bahasa ini tergolong langka, dalam satu kelas biasanya hanya diisi oleh 20-25 murid sehingga apabila kamu memilih bersekolah di jurusan bahasa kamu akan lebih fokus dalam mencerna materi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan teman yang memiliki rasa solidaritas tinggi sebab tiga tahun akan belajar bersama dalam satu kelas. 

Tidak hanya belajar berbagai bahasa asing, di jurusan bahasa juga ada mata pelajaran antropologi. “Memang apa antropologi itu? Kok terdengar asing?” Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya manusia. Apabila sunners masuk jurusan bahasa, sunners akan belajar mengenai asal-usul manusia, adat istiadat, aneka bentuk warna kulit manusia hingga kepercayaan yang dianut oleh manusia. Di mata pelajaran antropologi ini kamu akan dilatih untuk merangsang kepekaan terhadap manusia beserta budaya dan bahasanya. 

Nah, itu tadi sedikit keseruan yang bisa dijadikan patokan apabila sunners memilih SMA jurusan bahasa. Jadi, gimana sunners? Apakah kamu tertarik untuk masuk SMA jurusan bahasa? 

Melani Wulandari – Universitas Negeri Jakarta 

 

Leave A Comment