WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

6 Tips Mengakhiri Hubungan dengan Cara yang Baik

Mengakhiri hubungan dengan seseorang yang sudah lama bersama bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ada banyak pula alasan yang mengharuskan sebuah hubungan berakhir, seperti perselingkuhan, pertengkaran yang terus menerus, tidak ada kesepahaman, dan lain-lain.

Sunners, kenyataannya tidak ada cara mengakhiri hubungan tanpa menyakiti satu sama lain.  Namun, kamu bisa mengakhiri hubungan dengan cara yang baik. Berikut 6 tips mengakhiri hubungan dengan cara yang baik. Keep scrolling!

  1. Jujur

Kejujuran merupakan hal yang utama dalam segala persoalan. Ungkapkan saja alasan sebenarnya mengapa kamu ingin mengakhiri hubungan ini. Percayalah, lebih baik mendengar kebenaran walaupun menyakitkan daripada kebohongan yang manis.

  1. Bicarakan dengan Baik-baik

Gunakanlah kalimat yang santun saat menjelaskan kenginanmu. Selain itu, hindari untuk menyalahkan pasanganmu atas kesalahannya di masa lalu. Sebab, hal ini tentu akan melukai perasaannya, lho.

  1. Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat

Ketika akan mengakhiri sebuah hubungan, penting untuk memilih waktu yang tepat. Jangan mengakhiri hubungan saat pasangan sedang dalam masalah ataupun di momen bahagia, seperti hari ulang tahunnya. Selain di waktu yang tepat, pilihlah tempat yang tepat untuk bertemu dengan pasanganmu. Hindari tempat publik, seperti café atau restoran yang memungkinkan orang lain mendengar obrolan kalian.

  1. Lakukan Secara Tatap Muka

Cara mengakhiri hubungan dengan sebaik-baiknya adalah dengan mengutarakan keinginanmu secara tatap muka. Sebab, memutuskan hubungan melalui pesan atau telepon sangat retan terjadi kesalahpahaman. Selain itu, tindakan tersebut juga menandakan kamu tidak menghargai pasanganmu.

  1. Tegas dan Konsisten dengan Keputusanmu

Sikap tegas sangat diperlukan saat ingin mengakhiri sebuah hubungan. Tidak ada orang yang siap menghadapi sebuah perpisahan. Namun, hal itu jangan dijadikan alasan untuk memberinya harapan ataupun sekadar mengulur-ulur waktu. Untuk itu, katakan dengan tegas jika kamu ingin mengakhiri hubungan ini. Selain itu, kamu juga harus konsisten dalam bersikap bahwa hubungan ini telah berakhir.

  1. Jangan lupa katakan maaf dan terima kasih

Setelah kamu berhasil mengungkapkan keinginanmu, jangan lupa untuk meminta maaf dan berterima kasih kepadanya atas hubungan yang telah terjalin sebelumnya. Sebab, sadar atau tidak kamu pun pasti pernah melakukan kesalahan atau menyakiti perasaan pasanganmu saat masih menjalin hubungan dengannya. Jadi, jangan lupa untuk mengakhiri dengan perkataan “maaf” ya, Sunners.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan dengan cara yang baik. Semoga dapat membantu, ya!

 

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment