Majalah Sunday

5 Tips Atasi Sakit Hati Ketika Tidak Dihargai Orang Lain

Penulis: Syifa Nurul Aulia – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Rasa sedih dan sakit hati tidak dihargai orang lain bukanlah hal yang dianggap lebay. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan apalagi sampai buat kamu overthinking, Sunners. Semua perasaan yang dirasakan oleh hati dan pikiranmu, cukup diterima saja.

Sejak kecil, kita diajarkan untuk selalu berbuat baik kepada semua makhluk hidup. Mulai dari orang tua, guru, bahkan setiap agama mengajarkan kita untuk berbuat baik. Berbuat baik kepada orang lain merupakan suatu kewajiban yang harus kita lakukan sebagai makhluk sosial. Pada dasarnya, ketika kita berbuat baik kepada orang lain harus dilakukan dengan ikhlas. Tetapi saat kebaikanmu tidak dihargai, biarkan saja. Tuhan tetap melihat semua niat dan perbuatan baikmu.

Bagaimana Mengatasi Sakit Hati Ketika Tidak Dianggap Oleh Orang Lain?

Meskipun begitu, tak jarang muncul perasaan kecewa dan sakit hati ketika perbuatan baik yang kita lakukan tidak dihargai oleh orang lain. Sunners, untuk kamu yang sudah terlanjur sakit hati karena tidak dihargai oleh orang lain, simak tips berikut ini, ya!

1. Biarkan Waktu untuk Dirimu Sendiri

Rasa sakit hati karena tidak dihargai biasanya akan membuat kita menjadi sulit dan malas untuk percaya kepada orang lain. Jika perasaan itu muncul, berilah waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai tanpa kehadiran orang lain. Cara ini bisa membantu menetralkan kembali perasaanmu, lho. Beri jarak kepada orang-orang di sekitar ketika kamu dalam tahap mengistirahatkan diri.

2. Hargai Diri Sendiri

Sebelum mengharapkan orang lain menghargaimu, sebaiknya hargai diri kamu sendiri terlebih dahulu. Tidak perlu mengharapkan pujian ataupun penghargaan dari orang lain atas apa yang telah kamu lakukan. Sebab, hal itu bisa membuatmu kecewa jika kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Untuk itu, tidak ada salahnya memberi “hadiah” kepada diri sendiri atas apa yang telah kita lakukan. Secara sederhana, Sunners bisa melakukan self reward atas segala pencapaian yang sudah didapat dari usahamu.

Baca juga: self reward sebagai mantra kesehatan mental

self reward sebagai bentuk mengatasi sakit hati ketika tidak dihargai orang lain

Jangan lupa untuk selalu berikan apresiasi untuk dirimu sendiri, pict by canva.com

3. Tulus Saat Melakukan Kebaikan

Ketika kita melakukan kebaikan kepada orang lain harus dilandasi dengan hati yang tulus dan ikhlas, ya, Sunners. Jika kita tulus dalam melakukan kebaikan, kita tidak akan mengharapkan pujian ataupun balasan dari orang lain. Dengan begitu, hati kita akan terasa lebih tenang.

4. Hargai Orang Lain

Jika kita ingin dihargai, maka hargailah orang lain terlebih dahulu. Menghargai orang lain bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah memberikan bantuan, katakan “tolong” saat meminta bantuan, dan katakan “maaf” ketika tidak sengaja melakukan kesalahan. Percaya, deh. Dengan begitu, orang lain akan respect kepadamu, Sunners!

tetap berbuat baik meski sakit hati ketika tidak dihargai

Dengan berbuat baik kepada orang lain, orang lain juga akan memperlakukanmu dengan baik, pict by canva.com

5. Kendalikan Pikiranmu

Saat sakit hati dengan orang lain, biasanya akan muncul pikiran-pikiran negatif. Sunners bisa alihkan pikiran negatif tersebut dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti membaca buku, menonton film, memasak, atau menyalurkan hobi lainnya. Jangan biarkan pikiran negatif itu menguasai dirimu untuk berbuat jahat kepada diri sendiri atau orang lain, ya!

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk atasi sakit hati ketika tidak dihargai orang lain. Bagaimanapun keadaan dan cara orang lain memperlakukanmu, tetap berbuat baik kepada sesama, ya, Sunners. Biarkan Tuhan yang membalas dan menggantinya dengan hal-hal kebaikan dalam dirimu. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,833
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?