Majalah Sunday

Self Reward Sebagai Mantra
Kesehatan Mental

Penulis: Afifah Putri Utami – UNJ 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan setiap keberhasilan yang diraih. Apakah kalian termasuk orang yang sering merayakan keberhasilan itu? Kapan terakhir kali kalian menghargai diri sendiri karena telah mencapai suatu keberhasilan? Jangan lupa untuk self reward, ya, Sunners! Karena self reward dianggap sebagai mantra kesehatan mental.

Sering kali kita lupa memberikan hadiah atau sekadar memberi ucapan positif untuk diri sendiri karena terlalu sibuk mencapai keberhasilan. Nyatanya, kita memerlukan self reward karena ini adalah mantra kesehatan mental agar diri kita tetap terkontrol.

Self Reward Sebagai Mantra Kesehatan Mental?

Self reward ini adalah bentuk penghargaan untuk diri sendiri yang akan memberikan rasa kepuasan dan kebahagiaan. Seperti yang sudah disinggung di atas, bentuk dari self reward ini tidak hanya uang, bisa juga dalam bentuk meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai dan memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri. Mau tahu afirmasi positif yang bisa dilakukan ketika stres? Sunners bisa baca di sini.

Ketika kita bisa menghargai dan memberikan hadiah untuk diri sendiri maka ada banyak dampak positif yang dirasakan. Salah satu contohnya adalah dapat memberikan rasa semangat untuk melakukan segala sesuatu lebih baik lagi. Dengan begitu, kita tidak lagi merasa terbebani jika melakukannya.

Self reward sebagai bentuk merayakan keberhasilan

Self reward sebagai mantra kesehatan mental dan perayaan keberhasilan, pict by canva.com

Seberapa Pentingnya Self Reward?

Setiap individu tentu mempunyai cara masing-masing untuk melakukan self reward sesuai dengan kemampuan dan hal-hal yang disukai. Sunners tahu nggak nih kenapa kita perlu melakukan self reward? Sepenting apa sih ngelakuin self reward? Ini dia pentingnya self reward agar kesehatan mental stabil.

1. Sebagai Bukti Mencintai Diri Sendiri

Kalau orang lain bisa mencintai dirinya sendiri, Sunners juga harus bisa! Hidup di tengah-tengah banyaknya manusia, tentu nggak ada yang bisa mencintai dan menghargai diri kita selain diri sendiri. Kita hidup dengan porsinya masing-masing, jadi lakukan segala sesuatunya dengan baik. Ketika kita sudah berhasil melakukannya, rasa bahagia itu akan muncul sebagai hasil usaha yang telah dilakukan. Jadi, jangan lupa beri apresiasi untuk diri sendiri sebagai bentuk perayaan keberhasilan, ya?

2. Mencegah Stres

Sunners pasti setuju kalau self reward bisa mencegah stres dan memudarkan rasa lelah. Kira-kira kenapa, ya? Ini bisa terjadi karena ketika kita mengapresiasi diri sendiri, otak akan memproduksi hormon dopamin yang membantu kita merasakan kenyamanan dan kebahagiaan. Hormon dopamin berperan sebagai pereda stres yang akhirnya dapat menjaga dan memulihkan kesehatan mental.

3. Sebagai Media Pengembangan Kreativitas dan Kepercayaan Diri

Memberi penghargaan untuk diri sendiri menjadi salah satu cara untuk memotivasi diri untuk bekerja lebih keras agar mencapai tujuan yang diharapkan. Ketika melakukan sesuatu yang berakhir membawa hasil yang menguntungkan, Sunners tentu akan mengulangi perilaku tersebut untuk mendapatkan apresiasi lain di kesempatan berikutnya. Jadi Sunners akan semakin percaya diri untuk melakukan sesuatu dengan baik dan penuh hati-hati.

Perlunya self reward untuk menjaga kesehatan mental

Perlunya self reward untuk menjaga kesehatan mental, pict by canva.com

Wah! Ternyata self reward sangat penting dan banyak manfaatnya. Jadi, nggak ada salahnya kalau kita mulai memberi penghargaan untuk diri sendiri sebagai bentuk perayaan atas segala keberhasilan yang didapat. Tidak perlu menunggu pemberian itu dari orang lain, mulailah dari diri sendiri.

Sudah tahu hadiah seperti apa yang akan Sunners kasih untuk diri sendiri nantinya? Jangan ragu untuk beri apresiasi ke diri sendiri lagi, ya, Sunners!  Kita memerlukan mantra ajaib untuk pertahanan hidup. Nggak perlu overthinking perihal ucapan atau pandangan orang lain yang menganggap self reward itu lebay dan bikin boros. Karena diri kita perlu dirayakan, meskipun apa adanya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 99
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?