WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Tips agar Kamu jadi Anak Kesayangan Guru

Setiap kelas dimanapun kamu bersekolah tentu ada saja murid-murid yang dekat dengan gurunya ^^ Biasanya kebanyakan dari mereka itu merupakan murid-murid yang berprestasi, sering ikut lomba-lomba, dan konsisten mendapatkan ranking maupun nilai-nilai yang bagus. 

Seorang guru pun juga sama harus bisa mendekati murid-muridnya. Pada umumnya, guru memiliki sikap yang adil dan bijak loh tidak pilih kasih terhadap semua muridnya dan mereka akan melakukan berbagai cara yang berbeda untuk mendekati muridnya. Begitu juga dengan kamu harus bisa memahami karakter guru yang berbeda ya jadi harus merespon dengan baik jangan dicuekin gurunya hehe.

Karena tanpa disadari kalau hubungan kamu dengan gurumu itu akrab, nantinya akan memudahkan kamu dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas loh! Kamu akan merasa nyaman di kelas tidak tertekan bgt hehe jika tidak paham materi, kamu tidak canggung untuk bertanya dan kamu akan semangat untuk bersekolah mengikuti semua pelajaran. Selain dari itu, guru bisa jadi teman curhat kamu loh mereka akan mendengar dan membantu jika kamu sedang mengalami masalah belajar, antar pertemanan atau keluarga.

Jadi banyak manfaatnya untuk membangun hubungan dengan guru agar lebih dekat dengan guru, kali ini sunners akan bagi tips-tipsnya nih buat kamu, Yuk disimak!

 

Tips 1 : Bersikap Sopan Santun 

Yang pertama ini merupakan cara paling dasar atau awal kamu agar bisa lebih dekat dengan gurumu. Dengan bersikap sopan santun kamu dapat memberikan kesan yang baik sehingga gurumu akan merasa senang sudah dihormati dengan begitu gurumu akan mengakui kamu juga. Selain itu, gunakanlah bahasa yang baik dan sopan dengan pemilihan kata yang tidak menyinggung.

 

Tips 2 : Mau Memperhatikan Guru

Yang kedua ini cukup sulit yaitu, memperhatikan guru yang sedang menerangkan materi. Dengan cara ini dapat membuat guru merasa senang karena kamu sudah menghargainya selama dia berbicara dan tidak mengganggu selama mengajar. Terkadang memang ada hal yang membuat diri ini jadi sulit memperhatikan guru seperti, ada rasa bosan, tidak fokus karena ngantuk/lapar, dan juga diajak teman ngobrol. Namun sebagian guru diam-diam tahu kalau kamu lagi tidak serius belajar dan itu membuat guru kecewa. Jadi, sebaiknya kamu harus tetap fokus mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh.

 

Tips 3 : Menjadi Murid Yang Aktif 

Yang ketiga ini juga perlu kamu lakukan yaitu aktif di sekolah. Menjadi murid yang aktif ini sangat bisa menarik hati para guru hehe kamu selalu sigap dan bersedia jika gurumu meminta tolong. Dan ada banyak hal untuk menjadi murid yang aktif, bisa dengan suka duduk di depan, aktif bertanya, bisa menjawab pertanyaan guru. Ada juga kamu yang mau aktif di luar kelas seperti, ikut kegiatan ekstrakurikuler, pramuka/pmr dan masuk berorganisasi seperti, osis. Dengan begitu kamu akan semakin dikenal guru dan akan banyak guru yang dekat juga.

 

Tips 4 : Tidak Membuat Masalah

Yang keempat ini untuk bisa dekat dengan gurumu yaitu, kamu jangan sering-sering membuat masalah yah. Di setiap sekolah pasti ada peraturan yang harus ditaati, nah terkadang murid ada saja yang melanggar seperti, sering datang terlambat, tidak memakai seragam yang lengkap, tidak mengerjakan pr atau tugas kelompok apalagi sering mencontek. Sehingga guru tidak akan respect terhadap kamu dan bisa saja marah jika kamu tidak berubah karena terus mengulanginya otomatis kamu pun akan dikenal guru sebagai murid yang malas dan tidak tertib. Jadi jangan pernah atau sering melakukan pelanggaran.

 

Tips 5 : Jujur dan Rajin Belajar

Yang terakhir ini juga sangat berpengaruh untuk kamu yang mau lebih dekat dengan gurumu yaitu, berlaku jujur dan juga rajin belajar. Seorang guru pasti akan sangat menyukai murid yang apa adanya tidak suka berbohong dan rajin belajar mencatat materi, menyelesaikan tugas sekolah dengan benar dan tepat waktu. Karena guru paling tidak suka murid yang tidak jujur jika ada situasi dimana kamu tidak mau dipersalahkan dan memutar balikkan fakta sehingga perilaku seperti itu tidak akan bisa membuat kamu dekat dengan gurumu.

Penulis : Savira J Manorek – STBA JIA

Leave A Comment