Majalah Sunday

5 Tanda Pasangan Selingkuh
dan Cara Menyikapinya

Penulis: Angelia – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners, ketika tau pasangan selingkuh dibelakangmu pasti menyakitkan kan? Perselingkuhan memang kesalahan paling fatal yang mungkin terjadi dalam sebuah hubungan. Bagi orang-orang yang sedang menjalin hubungan asmara, pasti tidak pernah berharap untuk mengalami kesalahan yang satu ini. Namun sayangnya, semakin ke sini, kasus perselingkuhan justru semakin marak terjadi. Meski susah untuk mengetahui tanda-tanda pasangan selingkuh, namun terdapat ciri-ciri yang patut disadari sedini mungkin.

Perhatikan Tanda-Tanda Pasangan Selingkuh

Berikut ini ciri-ciri pasangan selingkuh dalam sebuah hubungan:

komunikasi semakin minim

Kurangnya komunikasi bisa menjadi salah satu tanda peringatan awal perselingkuhan. Terutama jika biasanya dia menghubungi kamu dan memberi kabar setiap ada waktu senggang, kini hanya mengabari kamu sesekali. Orang yang berselingkuh cenderung tidak menjawab telepon atau pesan dari pacarnya, dan juga terkesan ingin cepat-cepat mengakhiri obrolan.

bersikap cuek dan dingin

Selain jarang memberi kabar, pasangan yang selingkuh biasanya juga cenderung bersikap lebih cuek dan dingin dari biasanya. Misalnya tidak fokus ketika mendengar ceritamu hingga menghindari obrolan denganmu. Meski begitu, tanda ini tidak berlaku untuk pasangan kamu yang memang pada dasarnya mempunyai sikap cuek.

menjadi penuh rahasia

Orang yang berselingkuh akan menjadi penuh rahasia. Dia akan cenderung bersikap lebih tertutup ke pacarnya seperti menolak untuk meminjamkan ponsel atau tidak jujur akan kegiatannya. 

berbohong berkali-kali dan terkesan menghindar

Umumnya dalam sebuah hubungan, pasangan akan saling sharing mengenai aktivitas keseharian. Namun, pasangan yang selingkuh justru akan menutupi semuanya darimu, tidak jarang dia juga akan berbohong mengenai aktivitasnya. Ketidakjujuran dalam hubungan asmara ini adalah pertanda buruk. 

mendadak sibuk

Tanda perselingkuhan lainnya adalah ketika pasanganmu tiba-tiba berubah menjadi sangat sibuk dan tidak bisa dihubungi, bahkan tidak memberitahu kamu apa yang membuatnya sibuk. Setiap orang mempunyai kesibukan masing-masing, namun sesibuk-sibuknya seseorang, mereka akan selalu meluangkan sedikit waktu untuk orang terdekatnya. Jika sudah sampai ke tanda yang satu ini, kamu patut untuk curiga.  

Menyikapi Pasangan Selingkuh

Menemukan kenyataan bahwa pasangan mengkhianati rasa percaya yang sudah kita berikan memang cukup menyakitkan. Kamu boleh tenangkan diri terlebih dahulu dan mencoba 5 tips dibawah ini untuk menghadapi pasangan yang ketahuan berselingkuh:

tenangkan diri dan kontrol emosi

Ketika mengetahui pasangan berselingkuh, tentu kamu akan merasa marah, sedih, dan kecewa. Namun, menghadapi masalah ini dengan emosi yang tidak terkontrol bisa membuat segalanya menjadi semakin rumit. Take your time untuk tenangkan diri atau bercerita kepada orang yang kamu percaya, yang objektif dan tidak memihak siapapun. 

kumpulkan bukti dan bicarakan semuanya

Jika merasa sudah siap, kamu bisa mengajak dia untuk bertemu dan membicarakan semuanya dengan baik-baik. Pastikan kamu sudah siapkan bukti karena orang yang berselingkuh cenderung tidak mengakui perbuatannya, kecuali memang sudah tertangkap basah. Nyatakan kekecewaan kamu dan cari tahu apa akar permasalahan di antara kalian sehingga dia melakukan pengkhianatan.

bersikap tegas dan ikuti kata hati

Mengetahui bahwa pasangan kita berselingkuh tentu akan meninggalkan rasa sakit hati yang luar biasa. Ambillah keputusan dengan tegas agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Jika ingin melanjutkan hubungan ini, ketahui apa risikonya dan apakah kamu yakin dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Jika ingin berhenti, putuskan dengan tegas dan jangan tergoda untuk balikan lagi. Yakinlah bahwa kamu akan mendapatkan pasangan yang jauh lebih baik dibandingkan dia.

jangan balas dendam

Jika memang memilih untuk mengakhiri hubungan tersebut, maka putuskan dengan baik-baik. Jangan habiskan waktu untuk balas dendam terhadap dia. Setelah balas dendam, mungkin kamu akan merasa puas. Namun setelah itu, rasa sakit tidak akan hilang, justru akan semakin terasa.

mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik

Setelah putus, mungkin kamu akan merasa kesal dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Ini adalah hal yang wajar, kamu boleh kok merasa kesal. Ambil waktu secukupnya dan bangkit lebih kuat lagi. Putus hubungan bukan akhir dari segalanya, tetapi ini adalah salah satu kesempatan bagi kamu untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi

Hati-hati, kenali ciri pasangan selingkuh

Kenali ciri-ciri pasangan selingkuh, pict by canva.com

Nah, itulah tanda-tanda pasangan selingkuh serta bagaimana cara menghadapinya. Meski begitu, pastikan tanda pasangan selingkuh sudah terbukti kebenarannya, jangan sampai hanya membuat tuduhan tanpa bukti yang jelas ya Sunners. Semoga Sunners tidak pernah dihadapi dengan hal seperti ini, ya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 534
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?