Majalah Sunday

Micro Cheating,
Hal Sepele yang Dapat Merusak Hubungn

Penulis: Adnan Rizki – Universitas Negeri Jakarta

Sunners tau gak ada cheating/selingkuh yang disebut dengan micro cheating. Perselingkuhan gak selalu dihubungkan dengan kontak fisik ataupun hal-hal besar lainnya seperti berhubungan dengan secara jelas. Namun, sinyal-sinyal halus yang menandakan tidak 100% fokus ke pasangan juga termasuk cheating lho. Dengan kata lain, micro cheating adalah perilaku yang melewati batas-batas sehat dalam suatu hubungan.

Dilansir dari Kompas.com, menurut terapis Pernikahan dan Keluarga, Lauren Dumit, perilaku micro cheating adalah hal yang beresiko merusak hubungan, karena pada dasarnya pasangan pasti tidak mengetahui. Namun, terkadang perilaku ini juga tidak disadari oleh pelakunya. Supaya Sunners tau, biar mimin kasih tau, bentuk-bentuk micro cheating itu kayak apa sih:

  • Sering melontarkan godaan terhadap teman
  • Memiliki aplikasi kencan daring di ponsel
  • Rutin memberikan komentar dan menyukai akun tertentu di media sosial
  • Kerap memberikan perhatian spesial terhadap orang lain
  • Membagikan informasi spesial yang seharusnya hanya boleh diketahui pasangan sendiri
  • Selalu membisukan notifikasi atau menghapus pesan seseorang agar tidak diketahui oleh pasangan
  • Berpakaian dan berpenampilan menarik agar dilirik seseorang (selain pasangan)

Nah, sekarang Sunners tau kan? Mungkin Sunners pernah memiliki pasangan yang melakukan salah satu di antara bentuk-bentuk micro cheating di atas. Sunners harus ingat,meski terlihat sepele, namun tak menutup kemungkinan hal tersebut menjadi awal cheating (selingkuh) dalam arti yang sesungguhnya.

Lantas Bagaimana Cara Menghindari Micro cheating?

Jangan khawatir Sunners, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar perilaku micro cheating gak terbentuk di lingkungan romasnmu. Yuk bahas satu persatu. 

Buat batasan terhadap teman

Berteman itu harus, namun saat sedang berada dalam satu hubungan cobalah untuk membuat batasan. Ingat, ada seseorang yang harus Sunners jaga nih hatinya, jangan sampai membuat ruang spesial dengan teman yang akhirnya mengarah pada perilaku micro cheating. 

Berteman dan menjalin romansa tentu saja dua hal yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk Sunners menentukan batasan antara ruang pertemanan dan ruang romansa. 

Perbaiki hubungan dengan pasangan

Salah satu penyebab terjadinya micro cheating adalah buruknya hubungan dengan pasangan. Maka dari itu, hubungan yang sedang berada di titik rendah harus diperbaiki ya Sunners, bukan malah pindah ke lain hati. Sebelum memperbaiki hubunganmu dengan pasangan Sunners harus mendinginkan kepala, komunikasi secara sehat dan tanpa menghujat, utarakan pendapat masing-masing dengan komunikasi empat mata, hanya kalian berdua. Dijamin deh gak akan tuh kejadian selingkuh-selingkuh.

Jujur dengan perasaan

Terkadang, perilaku cheating terjadi karena kamu tidak menyadari perasaanmu sendiri. Jika kamu merasa menaruh hati kepada seseorang yang bukan pasanganmu, cobalah untuk berpikir dan ketahui perasaan yang sebenarnya. Bisa jadi hal tersebut hanya bentuk penasaran kamu terhadap seseorang, bukan benar-benar menyukainya. 

Setelah itu, cobalah untuk membuat batasan dan menutup semua akses yang dapat mengarah pada perilaku micro cheating. Jangan sampai hal-hal tersebut membawamu pada perselingkuhan ya, Sunners. 

Micro cheating merupakan perilaku selingkuh yang jarang diakui seseorang

Sunners, jangan sampai melakukan hal-hal yang mengarah pada perilaku perselingkuhan, agar hubunganmu tetap awet ya, pict by canva.com

Itulah pengertian micro cheating dan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindarinya. Kenali setiap perasaan yang menghampirimu dan mulai buat batasan agar terhindar dari perselingkuhan ya, Sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 247
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?