WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Gak Suka Matematika

Kamu mau kuliah tapi gak terlalu suka matematika? Ini dia jurusan yang cocok buat kamu!

 

Matematika termasuk sebagai salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi sebagian besar teman-teman di sekolah. Maka tak heran, banyak yang mencari jurusan tanpa mata kuliah matematika di jenjang perguruan tinggi. Nah, kalau Sunners termasuk salah satu dari mereka, simak yuk beberapa jurusan tanpa matematika yang bisa kamu jadikan pilihan.

  1. Bahasa dan Sastra

Yup, jurusan bahasa maupun sastra sangat minim matematika karena lebih berfokus pada bahasa maupun literasi. Matematika yang mungkin ada di jurusan ini biasanya dalam mata kuliah statistika. Tetapi di banyak universitas, mata kuliah ini bukan mata kuliah wajib sehingga Sunners bisa saja tidak mengambil mata kuliah ini selama studi. Jurusan ini antara lain ada Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Inggris, dan masih banyak lagi.

  1. Seni

Matematika dan seni biasanya memang selalu bertolak belakang, Maka dari itu jurusan seni masuk dalam list pilihan jurusan tanpa matematika ini. Dalam jurusan seni Sunners akan lebih berfokus untuk mempelajari kesenian sesuai dengan jurusan yang diambil, seperti seni rupa, seni tari, seni musik, atau bidang seni lainnya.

  1. Hukum

Jurusan selanjutnya adalah jurusan yang biasanya dikenal sebagai jurusan paling bergengsi. Di jurusan ini kamu juga tak perlu mempelajari matematika. Kamu akan lebih berfokus mempelajari tentang dunia hokum,perundang-undangan, serta pasal-pasal terkait.

  1. Sosiologi

Meski sosiologi berada di bawah naungan psikologi, tapi jurusan ini berbeda. Karena di sosiologi kamu akan terlepas dari mata kuliah matematika, berbeda dengan psikologi yang menggunakan sistem riset dan penelitian yang bergantung pada matematika. Kalau kamu ambil sosiologi, Sunners akan mempelajari tentang masyarakat, mulai dari strukturnya, karakternya, fenomena sosial, dan masih banyak lagi.

  1. Ilmu Komunikasi

Buat Sunners yang suka melakukan interaksi dengan publik, jurusan ini mungkin cocok. Selain kamu tidak akan menemukan mata kuliah matematika, di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dengan berbagai hal, seperti media, periklanan, penyiaran, dan masik banyak lainnya.

 

Jadi, bagaimana Sunners? apa kamu sudah memilih jurusan mana yang cocok dengan kamu? jangan sampai salah memilih ya!

 

Nimas Anggraini Kencanasari-Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment