WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Cara yang Bisa Membantu Menghilangkan Overthinking Sama Pacar

Bicara tentang Pacaran, sekarang-sekarang ini pasti tidak sedikit yang khawatir jika pasangan kita tidak membalas chat dengan segera dan khawatir juga waktu yang diberi pasangan kita sangat kurang untuk bertemu, Apalagi yang punya pengalaman diselingkuhi pasti ada rasa trauma dan curiga yang berlebihan. Biasanya yang timbul rasa curiga disebabkan dengan “terlalu mempercayai 100% pasangan“
jika pasangan ketahuan berbohong sekali, akan ada rasa kurang percaya dan timbulah overthinking, Meski hal ini wajar terjadi dalam fase hubungan apa pun, sebaiknya kita berusaha mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Karena, seringkali, overthinking justru membawa kita kepada berbagai masalah baru tetapi tidak menemukan titik solusi. Hal ini bisa membuat kita gagal mengapresiasi pasangan dan membuat kita merasa lelah. Sebenarnya untuk menjalani hubungan yang baik ciptakan hal-hal yang positif, Kalo punya pikiran yang negatif melulu, sebaiknya segera kamu buang agar nantinya tidak menimbulkan masalah dalam hubungan. 

Nah, berikut 5 cara yang bisa membantu menghilangkan overthinking:

1.Komunikasi dengan pasangan

Setiap hubungan sangatlah penting untuk berkomunikasi, kalau di dalam hubungan saja sudah kurang komunikasi itu pasti akan menimbulkan berbagai kesalahpahaman. Harus saling terbuka berbagai hal antara kamu dan pasanganmu, jangan kebanyakan kode itu akan mempersulit jika ingin ada yang dikatakan langsung dibicarakan saja, biasanya yang terjadi jika kita sering kode ke pasangan dan pasangan kita tidak memahi timbulah masalah, dan merasa pasangan tidak mengerti kondisi kita sedangkan baiknya adalah dibicarakan sejelas-jelasnya supaya sama-sama tahu apa jalan tengahnya dan tidak menimbulkan overthinking.

2.Cari aktivitas di luar hubungan

Biasanya jika kita merasa chat kita dibalasnya terlalu lama pasti kita selalu curiga dan merasa tidak diprioritaskan, padahal didalam hidup seseorang tidak hanya tentang “kamu” saja, masih banyak kegiatan yang lain seperti Bersama teman dan keluarganya, untuk menghilangkan rasa curiga yang berlebihan cari aktivitas atau hobi yang disukai jangan hanya tertuju dengan pasanganmu saja.

3.Jangan memperbesar masalah

Terkadang kamu overthinking terhadap suatu hal karena fokus terhadap masalah yang sedang dialami saat pacaran. Padahal seharusnya kamu mengarahkan pikiranmu untuk mendapatkan apa yang kamu mau, misalnya kelanggengan, kemesraan, atau kebahagiaan. Karena jika terus membahas masalah tersebut yang timbul malah masalah-masalah baru dan tidak menemukan titik temu solusinya.

4.Lakukan “me time

Jika terus-terusan Bersama pasangan tidak dipungkiri itu menyenangkan tetapi jika merasa di dalam hubungan melakukan hal itu-itu terus dikhawatirkan menimbulkan rasa bosan, Nah maka dari itu lakukan “me time” jadi beri kesempatan untuk pasanganmu melakukan hobinya seperti nge-game, nonton series atau olahraga. Setelah selesai me time lakukanlah call/video call untuk menceritakan apa saja yang sudah dilakukan.

5.Berhenti menerka-nerka 

Jika ada masalah, jangan langsung menerka yang perlu dilakukan adalah tanyakan saja dulu,Karena Membangun kepercayaan ke seseorang memang sulit, tetapi kamu bisa coba berikan kepercayaan kepadanya. Yakinlah akan perasaannya ke kamu. Kepercayaan yang kamu berikan ke dia bisa membuat perasaan jauh lebih lega dan berpikiran positif.

 

Nah, itu dia cara yang mungkin kalian dapat lakukan disaat overthinking. semoga membantu!

 

Penulis : Fildzah Putri Amalia, Politeknik Negeri Media Kreatif

2 comments

  1. Dea

    Aku selalu curigaan sm pacar aku..cemburuan bgt dan jatohnya aku jadi posesif. Pacar aku bilang klo dicurigai terus mending aku nakal sekalian katanya.aku kaya gini karna cowok aku terlalu open sm cewek”, suka jadi tempat curhat temen cewenya. Aku khawatir krn sering intens curhat mereka jadi nyaman. Please kasih solusi biar ga curigaan terus. Dan aku kadang ga bisa ngendaliin diri aku sendiri klo lg cemburu.

    1. Editor

      Hai Sunners 🙂 Mimin paham perasaaanmu…
      Kenyataannya, memang ada kok tipe laki-laki yang punya lebih banyak teman perempuan dibandingkan sesama laki-laki; dan itu bukan berarti mereka unfaithful. Coba konsultasi dengan konselor untuk tahu akar dari rasa cemburumu, agar kamu bisa membangun jati dirimu yang kuat dan nggak mudah terombang-ambing. Semangat ya! 😀

Leave A Comment