Majalah Sunday

7 Jurus Jitu
Mengatasi Overthinking Anti Ribet!

Penulis: Desiana Yuniarti – Polimedia Jakarta

Belakangan ini overthinking sudah menjadi teman sehari-hari kita! Banyak orang mengalami hal ini, dikarenakan adanya kecemasan yang begitu besar mengenai masa depan. Entah itu berkaitan dengan percintaan, keluarga, pekerjaan, keuangan, dan lainnya. Sebelum berkepanjangan, kita perlu mengatasi overthinking!

overthinking karena ini itu dan banyak sekali? yuk cari tau penyebab dan solusi mengatasinya bareng majalah sunday

Pahami dulu yuk apa itu overthinking pict by canva.com

Sebelum Mengatasi Overthinking, Begini Pendapat Mereka...

Overthinking atau pemikiran berlebihan adalah suatu kondisi dimana seseorang terlalu memikirkan atau mempertimbangkan situasi atau peristiwa secara terus-menerus. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan, rasa tidak aman, kebingungan, dan ketakutan pada seseorang yang mengalami overthinking. Namun, tahukah Sunners mengapa hal ini bisa terjadi? 

“Akhir-akhir ini, aku merasa overthinking dalam mengerjakan ulangan harian dikarenakan rasa cemas dan takut akan mendapat hasil yang tidak sempurna. Semakin aku lawan overthinking ini malah membuatku semakin kesal terhadap diri sendiri,”  Asyara Putri, siswa Manaratul Islamiyyah Jakarta. 

“Malam-malam sering banget aku ngerasain overthinking mengenai masa depan. Kira-kira bisa gak ya aku masuk ke perguruan tinggi negeri dan bisa membanggakan kedua orang tua,” Dina, SMA Negeri 6 Depok. 

Seperti yang dirasakan oleh Asyara, Dina, dan Sunners lainnya, overthinking biasanya dipicu oleh beberapa faktor, yakni:

  1. Rasa cemas berlebihan terhadap masa depan
  2. Rasa trauma yang membuat seseorang sulit untuk melupakan kejadian tersebut. Biasanya trauma yang kerap terjadi mengenai kecelakaan, kekerasan seksual, dan percintaan yang pernah dirasakan. 
  3. Tekanan  kerap terjadi pada seseorang yang berasal dari lingkungan sekitar, yaitu: keluarga, sekolah, teman, tempat kerja, dan lainnya. 
  4. Terlalu berambisi dalam mencapai kesempurnaan sehingga hal ini berakibat takut gagal dalam menghadapi suatu hal yang ingin diraih.
  5. Perkataan dari orang sekitar. Terkadang perkataan seseorang yang tidak mengenakkan dapat menyinggung seseorang dan menimbulkan overthinking berlebih sehingga berakibat depresi.
Belakangan ini overthinking sudah menjadi teman sehari-hari kita! Sebelum berkepanjangan, kita perlu mengatasi overthinking!

Sudah siap buat melawan overthinking? Pict by canva.com

7 Jurus Jitu Mengatasi Overthinking

Walaupun overthinking terdengar sulit untuk diatasi.  Ternyata ada lho,  jurus ampuh yang dapat Sunners lakukan untuk mengatasi overthinking!

Self Love

Self love atau mencintai diri sendiri merupakan point pertama yang wajib dilakukan oleh seseorang dalam mengatasi overthinking. Di fase ini seseorang sedang memulai  untuk mencintai dirinya dengan mulai menerima segala apapun kekurangan. Dengan adanya itu, perlahan-lahan rasa overthinking akan memudar seiring  bertambahnya upaya untuk mencintai diri sendiri.

Introspeksi Diri

Introspeksi diri merupakan langkah kedua setelah dirimu berhasil untuk self love. Pada momen ini semua perkataan, perbuatan, dan perkembangan dirimu yang masih belum berhasil akan dikupas untuk diperbaiki kembali. Sehingga, akan muncul pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Mindfulness

Praktik mindfulness sangat membantu kamu untuk mengatasi overthinking. Dalam praktiknya kegiatan ini mengajarkan seseorang untuk memusatkan segala perhatian pada pengalaman yang telah terjadi . Mindfulness juga kerap dilakukan melalui kegiatan meditasi atau latihan pernafasan. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan rasa empati dan hubungan sosial, serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Deep Talk

Ketika kamu merasa overthinking hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan deep talk bersama dengan teman dekat. Kegiatan seperti ini dapat membantumu untuk bisa mengeluarkan segala unek-unek yang ada di dirimu dan kamu bisa mendapatkan solusi terbaik. Namun, kamu harus hati-hati memilih partner deep talk. Lebih baik memilih partner deep talk yang kamu kenal dan percayai dengan baik.

Mencari Kesibukan

Orang yang sedang mengalami overthinking harus memiliki kegiatan yang membuatnya menjadi tidak memikirkan hal-hal negatif. Belakangan ini banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan dengan mengikuti kegiatan volunteer, mengasah minat dan bakat, belajar bahasa, dan lain-lainnya.

Refreshing

Refreshing sangat diperlukan untuk semua orang dalam memperbaiki mood ataupun me time. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perasaan yang menyegarkan ataupun menyenangkan setelah mengalami permasalahan hidup ataupun rasa bosan. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan diantaranya, membaca buku, menonton film, hangout dengan teman, berolahraga, dan lain-lainnya.

Menulis Diary

Kamu dapat meluapkan segala unek-unek berupa keluh kesah mengenai percintaan, keluarga,  pendidikan, amarah, dan lainnya melalui sebuah tulisan. Menulis diary sangat cocok sekali untuk kamu yang merasa tidak yakin kepada seseorang untuk bercerita secara mendalam.

Kamu bisa kok mengatasi overthinking, ajak orang-orang yang supportif kepadamu ya

Yuk mulai terapkan tips di atas, pict by canva.com

Setelah mengetahui 7 tips tersebut, dapat kita simpulkan bahwa overthinking dapat dengan mudah untuk diatasi dengan mudah. Jadi, di antara 7 tips tersebut manakah yang cocok untukmu?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 448
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?