Majalah Sunday

4 Tanda Kamu Sedang Mengalami Empty Love

4 Tanda Kamu Sedang Mengalami Empty Love

Kalian pernah merasa hampa atau mati rasa ketika menjalin suatu hubungan? Ini pertanda kamu sedang mengalami empty love.

Seseorang yang merasa dirinya tidak mencintai pasangannya atau perasaan yang ada sebelumnya tiba-tiba menghilang kemungkinan kamu sedang memasuki fase empty love.

Definisi empty love dicetuskan oleh Robert J. Sternberg merupakan seorang ahli psikiatris asal Amerika Serikat. Ia menjelaskan bahwa empty love merupakan kondisi hubungan antara kedua pasangan yang memiliki komitmen bersama tetapi hilangnya rasa saling mencintai baik keintiman maupun gairah. Keadaan ini bisa terjadi pada hubungan yang tidak didasari rasa cinta seperti dijodohkan atau pasangan yang sudah bertahun-tahun menjalin hubungan.

Kalau kamu merasa berada dikondisi hubungan empty love, kamu harus tahu nih apa saja tanda empty love. Jangan pernah meremehkan atau menganggap hal yang mudah, mungkin ini bisa menjadi masalah serius yang akan mempengaruhi hubungan kamu dengan pasanganmu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  1. Hubungan semakin terasa jenuh

Sumber: shorturl.at/fGNSZ

Jika kamu udah mulai merasa jenuh atau bosan, bisa jadi kamu sedang berada ditahap empty love. Ada banyak faktor yang bisa menimbulkan titik jenuh dalam sebuah hubungan. Kurangnya usaha untuk membuat hubungan tetap terjaga dan romantis,juga  bisa berakibat timbulnya jenuh. Jika tidak diatasi, hubungan bisa berakhir dengan perasaan yang melukai hati misalnya terjadi perselingkuhan akibat kejenuhan dalam sebuah hubungan.

  1. Rasa cemburu mulai pudar

Cemburu merupakan salah satu bentuk perasaan seseorang yang takut akan kehilangan pasangan yang disayangi karena orang lain. Cemburu yang berlebihan tentu tidak baik tetapi gak pernah menunjukkan rasa cemburu juga sesuatu yang aneh dalam sebuah hubungan. Ketika pasanganmu ternyata jalan berdua dengan lawan jenis tapi kamu hanya mengabaikan atau seolah tidak peduli. Ini termasuk tanda bahwa kamu di tahap hubungan empty love.

  1. Intensitas komunikasi semakin berkurang

Salah satu tanda lainnya yaitu bagaimana cara komunikasi kamu dengan pasangan. Biasanya komunikasi merupakan sebuah kunci dari sebuah hubungan. Tapi berbeda bagi kamu yang mengalami empty love, justru kamu berbicara dengan pasanganmu hanya seperlunya saja. Misalnya kamu hanya menjawab ala kadarnya ketika ditanya oleh dia atau jarang memulai pembicaraan dengan dia. Selain itu, arti komunikasi dalam sebuah hubungan hanya dianggap bukan sebagai bentuk kebutuhan sehingga bisa membuat pasanganmu berpikir negatif tentang dirimu.

  1. Bersikap dingin

sumber : shorturl.at/tBSV0

Tanda selanjutnya seseorang mengalami empty love yaitu timbulnya sikap yang dingin. Ketika kamu sedang bercerita tentang apa yang kamu alami, biasanya dia tidak antusias atau tidak peduli lagi terhadap dirimu. Seolah-olah kehadiran kamu dianggap sebagai ‘orang lain’ karena sikap dinginnya.

Nah, itu dia 4 Tanda Kamu Sedang Mengalami Empty Love, semoga kamu tidak mengalami dan bisa menghindari supaya tidak terjebak dalam fase ini. Kalau diantara kalian sedang berada di fase ini, semoga cepat menemukan cara yang terbaik untuk memperbaiki hubungan kalian ya.

Penulis: Aprilia Puspitaningrum-Universitas Negeri Jakarta

Baca juga artikel https://majalahsunday.com/4-langkah-mengatasi-rasa-kecewa/

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?