WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Yuk, Atur Keuanganmu Lebih Baik Menjelang Hari Lebaran!

Hari Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu setiap umat Muslim, setelah melakukan puasa penuh satu bulan di bulan Ramadan. Hari lebaran itu sendiri menjadi momen hari kemenangan dan dapat diharapkan setiap orangnya akan menjadi manusia lebih baik dari sebelumnya.

Sunner, menjelang hari Lebaran biasanya banyak orang yang berbondong-bondong membeli sesuatu seperti baju, makanan, aksesoris-aksesoris dan yang lainnya untuk dirinya sendiri bahkan untuk sanak saudara di kampung halaman. Biasanya pula banyak bermunculan promosi-promosi menarik yang ditawarkan. Meskipun demikian, jangan terbuai dengan promosi-promosi yang membuat isi dompet kalian menipis, Sunner!

Mari kita simak, tips mengatur keuangan menjelang hari Lebaran!

  • Buatlah Rincian Anggaran Hari Lebaran

Kamu bisa membuat serinci mungkin anggaran yang akan dikeluarkan saat menjelang hari lebaran sesuai dengan bujet yang kalian miliki. Semakin detail rincian yang dibuat akan semakin baik. Rincian tersebut dapat berupa seperti rincian apa saja yang harus dikeluarkan untuk membeli baju lebaran, makanan, dan yang lain-lain. Rincian ini dapat membantu kalian agar tidak over budget dan dapat menghindari dompet kalian menjadi tipis, Sunner!

  • Komunikasikan dengan Keluarga untuk Pemantauan

hal ini dapat membantu kamu dalam pemantauan pengelolaan keuangan. Keluarga sendiri dapat mengingatkan apabila terjadinya pengeluaran yang melebihi rincian awal. Keluarga pun dapat mengoptimalkan proses pengambilan keputusan saat ingin membeli sesuatu.ataupun aktivitas-aktivitas pengeluaran keuangan lainnya.

  • Sisihkan Uangmu di Awal

Dalam hal ini kamu dapat menabung di awal dengan menargetkan tujuan, agar keuangan  kamu tidak habis secara cuma-cuma, Sunner. Walaupun tidak adanya target yang diinginkan, kamu bisa menjadikan sebagai uang darurat yang dimana akan dibutuhkan di situasi genting nantinya.

Cara seperti ini menjadikan adanya sebagian dana yang akan tetap tersimpan dan  tidak dikeluarkan untuk membeli sesuatu kebutuhan lainnya.

  • Utamakan Membeli Sesuai Prioritas

Tentunya prioritas setiap orang berbeda-beda, biasakanlah membeli sesuatu dengan prioritas kebutuhan masing-masing. Meskipun menjelang hari Lebaran banyak sekali promo-promo yang ditawarkan, kalian harus ingat dengan prioritas kebutuhan kalian. Janganlah kalian membeli sesuatu yang tidak berguna hanya karena menarik perhatian kamu, Sunner!

Belilah sesuatu yang memang diperlukan agar pengeluaran keuanganmu tidak membludak begitu saja. Terapkan prinsip hemat di hidup kalian, agar terhindar dari sikap boros yang dapat menyusahkan kamu, Sunner.

Nah, Sunner itu dia tips yang dapat mimin berikan ke kalian agar tetap bisa mengelola keuangan menjelang hari Lebaran. Tetap kondisikan isi dompet kalian, agar tidak bolong seperti lubang!

 

Penulis: Syahfira – POLIMEDIA

 

Leave A Comment