WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

WASPADA SKINCARE PALSU! BERIKUT CARA MENGETAHUINYA

Saat ini banyak sekali penjual produk kecantikan yang menjajakan barangnya dipasara. Dengan demikian produk yang ditawarkan juga sangat beragam. Dari lokal sampai impor sudah dapat kita temui dengan mudah.

Banyaknya produk yang ditawarkan secara bebas, membuat para konsumen kurang berhati hati akan asal usul produk tersebut. Terlebih pada zaman sekarang dapat dengan mudah mendapatkan barang melalui E-commerce, tanpa melihat produk secara langsung dengan embel-embel diskon besar biasanya konsumen langsung tergiur untuk membeli produk tersebut.

Yang dikhawatirkan jika tidak memperhatikan produk secara hati hati adalah produk tersebut merupakan produk tiruan yang abal-abal dan tidak jelas asal usulnya. Bahaya produk tiruan sangat tidak baik untuk kulit. Untuk itu lebih baik ekstra hati-hati dalam memilih produk, berikut cara agar Anda mengetahui keaslian produk.

1. Memeriksa izin edar di laman BPOM

Cara paling umum dilakukan untuk mengecek keaslian suatu produk ialah dengan memeriksa izin edar di website Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) https://cekbpom.pom.go.id/ . Jika produk yang kalian cek sudah lulus uji BPOM sudah dijamin keamanan dan kelayakan produk tersebut.  

 

2. Cek nomor barcode di UPCitemDB

Jika sudah terlanjur membeli produk impor namun produk tersebut belum terdaftar di website resmi BPOM, cara selanjutnya yaitu dengan mengecek barcode di UPCitemDB. UPC Universal Product Code merupakan sistem kode untuk sebuah produk atas dasar informasi produk itu sendiri. UPCitemDB terdapat lebih dari 200 juta kode yang telah didaftarkan. Hanya dengan memasukkan barcode produk ke website www.upcitemdb.com  kemudian akan muncul informasi tentang asal negara, tanggal scan barcode, dan warna produk tersebut.

 

3. Gunakan Aplikasi Quick Response (QR) Scanner

Cara selanjutnya yang lebih praktis yaitu dengan mengunduh aplikasi Quick Response (QR) Scanner, cara ini bisa dibilang lebih mudah dan praktis untuk mengetahui keaslian produk cukup dengan mendownload aplikasi Quick Response (QR) Scanner di App Store dan PlayStore, lalu melakukan pengecekan dengan scan QR Code.

 

 

Penulis : Tania Anggraini | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment