Majalah Sunday

Ujian LSP Ngapain Aja Sih?​

Siapa Sunners di sini yang udah ujian Lembaga Sertifikasi Profesi atau biasa dikenal dengan LSP? Kalau Sunners anak SMK, biasanya sudah tahu dan menjalani ujian LSP itu. Nah LSP itu apa sih? Emang kegiatannya ngapain aja?

Jadi begini, kalau nanti Sunners sudah bekerja dan memiliki profesi atau keahlian entah itu di bidang desain, bidang pemasaran dan lain sebagainya pastinya harus ada bukti atau sertifikat yang bersifat nasional yang menjamin bahwa profesi dan keahlian kamu benar adanya. Maka dari itu diadakanlah ujian LSP yang merupakan suatu ujian untuk mendapatkan pengakuan berupa sertifikat berlisensi nasional untuk profesi dan keahlian yang kamu punya. 

LSP sendiri merupakan suatu lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Nanti hasilnya setelah mengikuti ujian LSP itu akan mendapat sertifikat profesi yang sudah melalui proses akreditasi dan bisa dipakai untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Sunners pasti mau kan nanti ketika bekerja, keahlian kamu diakui secara nasional?

Yuk cari tahu apa itu Ujian LSP

Tujuan dari Ujian LSP

Sunners berpikir gak sih mengapa keahlian kita harus diakui secara Nasional dan mempunyai bukti berupa sertifikasi ini?

Sudah jamannya era globalisasi, tantangan dan cobaan semakin banyak apalagi pasar yang semakin kompetitif. Keinginan untuk membangun komunitas dan atau organisasi yang memiliki daya saing kuat dan tahan banting semakin meningkat. Tentunya hal itu dibarengi dengan kemampuan kita yang mumpuni dan sesuai dengan profesi yang kita pilih. 

Ujian LSP ini bertujuan untuk merealisasikan peningkatan pembelajaran dan kinerja sehingga kita semua dapat bersaing sesuai dengan standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan.

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Ujian LSP?

Nah LSP sendiri saja ada tiga jenis sesuai berdasarkan dengan lembaga yang membentuknya. Ada LSP-P1, LSP-P2, dan LSP-P3. Jika ingin mengikuti ujian LSP, ada form pengajuan dan mendaftar ke LPJK. Namun, karena aku sendiri mengikuti yang dari sekolah dan kampus jadi aku tinggal mengikuti ujiannya aja deh.

Sesuai pengalaman yang beberapa kontributor Majalah Sunday miliki selama mengikuti ujian LSP, sebelum dimulai (h-7 atau h-3) biasanya ada pelatihan atau diskusi yang bersifat intens untuk mengetahui bagaimana prosedur dan alur mengikuti ujian tersebut.

Ujian ini juga disesuaikan jurusan dan Skema Uji Kompetensi yang sesuai. Skema Uji Kompetensi ini yang bertujuan untuk mendapat satu sertifikat dengan lambang burung garuda emas yang menyatakan bahwa satu Skema Uji Kompetensi tersebut telah selesai. Namun untuk menyelesaikan satu skema uji kompetensi tersebut, biasanya kamu harus mengikuti ujian 4 Skema Sertifikasi Kualifikasi yang mana berbeda-beda di setiap skemanya.

Misalkan ya, untuk jurusan multimedia di SMK itu ada skema khusus pembuatan iklan, khusus desain vektor, khusus perancangan packaging produk, dan yang terakhir khusus pemasaran produk tersebut. Nah dalam waktu tiga hari atau waktu yang sudah ditentukan, kamu harus menyelesaikan 4 skema tersebut untuk menyelesaikan satu Skema Uji Kompetensi. Jadi diperhatikan dengan baik ya Sunners.

Tapi tenang saja, jangan merasa takut ataupun gugup, sebab ada asesor (tenaga penguji) yang akan memantau sekaligus menguji hasil kerja kerasmu selama masa ujian tersebut. Nantinya dia yang akan menyatakan kita lulus dalam skema tersebut atau tidak. Kurang lebih begitu sih Sunners!

Bedanya Ujian LSP dengan ujian praktik emang apa?

Nah biasanya untuk yang anak SMK ini kan ada bermacam-macam ujian menjelang akhir semester. Ditambah Ujian Praktik dan Ujian LSP pula. Lalu apa bedanya? Ujian praktik tentu saja ujian yang diadakan oleh sekolah kamu untuk menguji sejauh mana kamu berhasil mengimplementasikan apa yang sudah kamu pelajari selama di sekolah. 

Ujian praktik ini nantinya untuk nilai semesteran kamu di sekolah. Berbeda dengan LSP yang akan memperoleh sertifikat berlisensi setelah mengikuti ujian. Ujian ini nantinya akan dipakai untuk mengakui profesi dan keahlianmu di bidang nasional. 

Sudah paham pentingnya ujian LSP? Segera daftarkan dirimu!

Sudah paham pentingnya ujian LSP? Segera daftarkan dirimu! Pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,626
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?