WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

True and False Seputar SBMPTN

Hai Sunners! Bagaimana hasil SBMPTN bulan lalu? Jangan cepat berkecil hati ya jika hasilnya tidak sesuai harapanmu karena sebenarnya masih banyak kok pilihan jalur masuk universitas selain SBMPTN. Atau kamu juga bisa memilih gapyear dan mencoba tes lagi di tahun depan. Eh tapi… emang bisa ya kalau tahun ini tidak lulus SBMPTN lalu daftar UTBK lagi untuk seleksi SBMPTN di tahun depan??? Yuk kita cari jawabannya di bawah ini.

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang lebih sering dikenal dengan UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (untuk beberapa PTN). Namun, karena kebijakan UTBK ini cenderung berubah tiap tahunnya, maka ada beberapa informasi simpang siur yang mungkin juga pernah kamu dengar. Berikut beberapa informasi yang benar dan yang tidak benar seputar SBMPTN dan UTBK.

1. Tidak bisa daftar UTBK dan SBMPTN karena lulus SNMPTN
Informasi ini adalah BENAR. Kebijakan SBMPTN 2021 ini menyebut bahwa peserta yang lulus SNMPTN tidak dapat mendaftar UTBK dan mengikuti SBMPTN. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta lain yang tidak kebagian kuota SNMPTN yang juga ingin berkuliah di PTN. Jadi, saat kamu ikut SNMPTN pastikan untuk menunggu hasilnya terlebih dahulu sebelum mendaftar lagi dengan jalur seleksi lainnya.

2. Tidak bisa ikut Seleksi Mandiri karena lulus SBMPTN
Informasi ini bisa BENAR dan bisa juga TIDAK BENAR nih, Sunners. Karena kebijakan Seleksi Mandiri ditentukan oleh masing-masing PTN. Ada beberapa PTN yang memakai nilai UTBK dan ada juga yang tidak. Jika PTN tersebut memakai nilai UTBK dan kamu lulus SBMPTN, maka secara otomatis kamu tidak bisa mengikuti Seleksi Mandiri seperti SM ITB dan SM UNY. Sedangkan untuk PTN yang tidak memakai nilai UTBK, kamu bisa mengikuti Seleksi Mandirinya meskipun kamu lulus SBMPTN seperti SIMAK UI dan UTM-BK.

3. Tidak bisa daftar UTBK di tahun depan kalau tahun ini sudah lulus SBMPTN
Informasi ini adalah TIDAK BENAR. Karena saat kamu dapat informasi lulus SBMPTN dari website LTMPT, kamu belum tentu otomatis menjadi mahasiswa dari PTN tersebut. Setelah dinyatakan diterima SBMPTN, kamu perlu melakukan daftar ulang dan melengkapi berkas-berkas untuk penentuan UKT. Jika kamu sudah daftar ulang, barulah kamu benar-benar dinyatakan menjadi mahasiswa dari PTN tersebut. Adapun PTN biasanya memberi waktu daftar ulang ini sekitar seminggu. Jadi, jika dalam seminggu tersebut kamu ragu dengan jurusan cadanganmu dan tidak melakukan daftar ulang, maka otomatis kamu dianggap mengundurkan diri. Sehingga kamu masih punya peluang kesempatan untuk meraih jurusan impianmu lagi dengan mendaftar UTBK di tahun selanjutnya.

Nah itu dia 3 informasi yang benar dan yang tidak benar seputar UTBK dan SBMPTN. Pastikan sebelum mengikuti seleksi, kamu memilih jurusan yang paling kamu minati ya Sunners. Jangan tergoda dengan jurusan dengan prediksi skor yang lumayan rendah atau jurusan yang sepi peminat. Agar nantinya kamu bisa maksimal saat menjalani perkuliahan. Semangat!!

Alda Alviani 
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment