Majalah Sunday

Trend Hijab Fashion Masa Kini

Penulis: Sania – Universitas Muhammadiyah Surakarta
Editor: Siti Nurfathonah – Universitas Negeri Yogyakarta

Ilustrasi Penggunaan Hijab.

Ngomongin soal fashion ga ada matinya ya. Apalagi trend fashion saat ini menjadi sebuah komoditas primer yang selalu berputar dan menjadi kiblat fashionista. 

Masifnya perkembangan fashion saat ini tidak hanya pada sebatas pakaian saja namun telah merambah pada hijab. Yup karena saat ini hijab bukan hanya menjadi sebuah identitas saja, namun keberadaan hijab sudah menjadi sebuah ikon fashion yang mendapat tempat di hati pemakainnya khususnya pemakai muslim. 

Apa itu Hijab Fashion?

Fashion berasal dari bahasa latin “factio” yang berarti “membuat atau melakukan”. Polhemus dan Procter mengatakan fashion merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan busana, gaya dan dandanan. Pada perkembangannya fashion dianggap sebagai sebuah trend busana dan gaya yang lebih berfokus pada penampilan fisik dan juga kecantikan seseorang. 

Sedangkan hijab secara etimologi berasal dari kata hijab (fi’il) hajaban. Arti kata hajaban merupakan pembatas, benda yang menutupi sesuatu. Secara terminologi hijab merupakan sebuah penutup yang menghalangi akan pandangan laki-laki dari penampilan dan perilaku. Sedangkan secara umum hijab di definisikan sebagai sebuah sesuatu yang dapat menjaga, menutup keindahan wanita dari pandangan orang lain yang bukan mahramnnya dan memisahkan kontak tubuh antara perempuan dan laki-laki yang bukan mahramnnya.

Hijab Fashion
Ilustrasi Penggunaan Hijab. Freepik.

Sejarah dan Penggunaan Hijab Fashion di Masa Kini

Jika zaman dulu hijab identik dengan muslimah yang sudah lanjut usia, namun sekarang hijab menjadi sesuatu yang menarik karena pada saat ini hijab banyak menonjolkan keunikan berbagai macam bentuk. Keunikan hijab dapat terlihat dari potongan kain yang membentuk asimetris, berbagai macam bentuk dan motif, seperti polkadot, animal print, etnik. Tie-die, dan flowers. 

Dilihat dari historisnya hijab fashion merupakan implementasi dari pemakian hijab yang dahulu dianggap kuno, namun seiring perkembangan zaman pemakian hijab telah menjadi gaya hidup yang berkaitan erat dengan fashion. Pemakaian hijab pada saat ini berbeda dengan pemakaian hijab pada zaman dulu. Jika pada zaman dulu hijab hanya sebagai identitas pemakai muslimah saja untuk menutup aurat, namun pada saat ini hijab juga sudah memperdulikan sisi fashion-nya. 

Hadirnya hijab fashion telah mengubah stigma negartif mengenai hijab yang selama ini beredar dalam masyarakat. bahwa hijab diasosiasikan identik dengan peserta pengajian dan pakaian yang ketinggalan zaman dan tidak modis. 

Pada zaman ini hadirnya hijab fashion menjadi pilihan bagi pemakai yang ingin menutup aurat namun takut ketinggalan zaman. Selain itu penggunaan hijab fashion juga semakin mudah dengan hadirnya berbagai model dan warna, yang dapat di padu padankan dengan busana baju sehingga tetap staylish dan anggun untuk dikenakan. Perkembangan hijab fashion sekarang ini sudah semakin berkembang dengan paduan berbagai look busana, seperti vintage look, bohemian look, korean look, serta clasic look.

Hijab Fashion
Ilustrasi penggunaan Hijab Fashion. Freepik.

Adapun Beberapa Pilihan Jenis Hijab Fashion Diantanya adalah:

1. Pashmina
Jenis hijab yang satu ini mempunyai bentuk yang berbeda dari biasanya, berbentuk segi panjang dengan pemakaian di lilitkan pada kepala akan memberikan kesan pemakainya santay namun tetap stylish.

 2. Segi Empat
Model hijab ini adalah model yang paling umum dan tidak asing dalam keseharian. Yup sesuai namanya hijab ini mempunyai bentuk persegi empat dengan pemakaian di lipat menjadi segitiga atau persegi panjang menyerupai pashmina. Ia merupakan hijab basic yang sering digunakan yang dapat memberikan kesan formal dan non formal sesuai dengan style pemakainya. 

3. Bergo
Bergo merupakan salah satu hijab simple yang nyaman dikenakan sehari-hari. Bergo sendiri sering dikenakan jika sedang beraktifitas ringan dan tidak dalam sebuah acara yang mengharuskan berpakaian rapi. Bergo menjadi alternatif bagi pemakai yang santai. 

4. Hoodie
Gaya hijab model hoodie merupakan gaya hijab yang biasanya dipadu padakan dengan menggunakan jaket hoodie. Alasannya hijab hoodie memberikan kesan santai namun tetap trendy digunakan untuk berpergian serta memberikan kesan simple yang staylish.

Dari macam pilihan hijab fashion tersebut setiap hijab tentunya mempunyai beberapa jenis bahan yang mempunyai keunikan tekstur kain dan cara pemakainnya serta mempunyai perawatan yang berbeda-beda pula. Jadi untuk pemakaian dapat di sesuaikan dengan kebutuhan ya agar tetap nyaman

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,835
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?