Majalah Sunday

Tips Mudah Mendapat Izin Pergi Dari Orang Tua

Penulis: Halidah Sarah Pratiwi – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Setiap orang tua tentu memiliki kecemasan terhadap seorang anak ketika sedang berada di luar rumah, untuk mengatasi kecemasan tersebut terkadang sikap overprotektif muncul di dalam diri orang tua. Dan terkadang itu membuat seorang anak menjadi susah untuk berpergian. Apalagi di situasi sekarang ini sedang merabahnya virus covid-19, yang membuat orang tua semakin menjaga anaknya untuk berpergian kemana-mana. Bahkan ada orang tua yang melarang anaknya untuk “keluar” rumah. Lantas, apakah ada tips mudah mendapat izin dari orang tua?

Sebagai seorang anak tentu kita harus mematuhi omongan dan nasihat orang tua. Akan tetapi, jika menurutmu ini sudah terlalu berlebihan, tidak ada salahnya untuk memberitahu orang tuamu secara baik-baik. Di masa sekarang berada di rumah selalu akan membuat kita merasa sangat jenuh dan suntuk, terkadang kita juga butuh udara segar.

Bagaimana Tips Mudah Mendapat Izin dari Orang Tua Saat Ingin Bepergian?

Nah, untuk kamu yang ingin keluar rumah serta mendapatkan izin dari orang tuamu, bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1. Beri Alasan yang Jelas

Memberikan alasan kepada orang tua yang over protektif sangatlah penting, karena alasan yang jelas seperti kamu mau kemana, tujuannya ngapain, dan pergi bersama siapa itu akan membuat orang tuamu percaya padamu sehingga kamu dibolehkan untuk pergi. Tapi, dengan catatan alasannya yang masuk akal dan jujur, ya! Karena orang tua terkadang tahu jika kamu sedang berbohong atau tidak, lho!

Lebih lagi di situasi sekarang, kamu akan semakin susah untuk mencari alasan supaya bisa pergi ke luar rumah. Jadi, untuk itu kamu sebelum meminta izin, kamu bisa mencari-cari tempat yang sepi dari kerumunan orang untuk bertemu dengan temanmu. Seperti di situasi sekarang orang tua sangat parno jika tahu kamu akan ke tempat yang berkerumun.

tips mudah mendapat izin jika pergi adalah dengan berkata jujur

Berilah alasan dan keterangan yang jelas saat ingin bepergian agar orang tua tidak khawatir berlebihan padamu, pict by canva.com

2. Cari Waktu yang Tepat

Waktu untuk meminta izin juga salah satu tips terpenting nih, Sunners. Kalau kamu meminta izin dikala orang tuamu sedang tidak baik-baik saja atau istilahnya sedang badmood, wah kamu bisa dicecer dengan orang tuamu hihi. Tentu saja itu tidak semua orang tua, ya!

Tips jitu biar langsung diberikan izin untuk pergi adalah kamu harus tahu waktu yang tepat jika ingin berbicara dengan orang tuamu, dan izinnya juga jangan mepet ketika mau pergi ya apalagi pas hari H atau malam sebelum kamu ingin pergi. Usahakan dari jauh-jauh hari kamu izin kepada mereka dan bicara baik-baik. 

cari waktu yang tepat untuk pergi sebagai tips mudah mendapat izin

Minta izin dari jauh-jauh hari dan pastikan kamu akan menjaga diri dengan baik agar diizinkan pergi, pict by canva.com

3. Pegang Kepercayaan Orang Tua

Terkadang orang tua yang protektif itu salah satu penyebabnya adalah ketika seorang anak sudah berbohong, itulah yang membuat para orang tua sukar untuk percaya sepenuhnya kepada anak. Nah, untuk itu kamu harus pegang kepercayaan orang tuamu ketika sedang bepergian. Jika kamu bilang tujuan kamu pergi ke tempat A maka kamu juga harus menyesuaikan perkataanmu dengan tujuanmu. Jangan seperti kamu bilang pergi ke tempat A tapi kenyataannya kamu perginya ke tempat B, itu salah ya, Sunners!

jangan rusak kepercayaan orang tuamu sebagai tips mudah mendapat izin

Jangan coba berbohong kepada orang tuamu, sampaikan secara jujur ke mana kamu akan pergi, pict by canva.com

Itu dia beberapa tips untuk mendapatkan izin dari orang tuamu, tapi balik lagi ya pada diri masing-masing. Hanya kamu yang tahu bagaimana orang tuamu. Tips ini hanya membantumu agar lebih mudah, Sunners! Tetap semangat.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,204
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?