Majalah Sunday

Tips Meringkas Pelajaran, Jaminan Ujian Sukses!

Penulis: ARR – Polmed
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Hai Sunners! Apakah kamu pernah diberikan tugas merangkum pelajaran dari sekolah? Atau kamu mau ujian dan harus menghafal materi yang telah diberikan guru? Nah menjawab pertanyaan dari Sunners nih, kali ini Sunday akan memberikan tips meringkas, supaya materi pelajaran yang banyak menjadi terasa sedikit dan mudah dihafal, ujian pun dijamin sukses.

Meringkas atau merangkum adalah alat yang bermanfaat untuk membantu mengolah materi agar lebih mudah dipahami. Rangkuman dapat memudahkan kita menemukan poin utama bab dan belajar untuk ujian. Kadang, guru atau dosen juga menugaskan siswa membuat rangkuman untuk dinilai. Di bawah ini merupakan tips meringkas materi pelajaran untuk kepentingan pribadi atau tugas sekolah.

1. Baca materi secara teliti

Baca dan pahami materi, tips meringkas materi

Sebelum merangkum, bacalah materimu dengan teliti, pict by freepik.com

Sebelum kamu mulai menulis rangkuman, pastikan untuk membaca dan mengerti isi materi yang ingin dirangkum. Berkonsentrasilah pada kata kunci, buku-buku pelajaran biasanya mencetak tebal kata-kata ini agar mudah ditemukan.

Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak saat membaca setiap kata, baca sekilas informasi untuk mendapatkan gambaran umum bahasan dalam materi tersebut. Jika kamu telah mengerti, maka kamu akan tau bagian-bagian mana saja yang penting untuk ditulis di rangkuman.

2. Tulis dan atur rangkuman

Setelah kamu mengerti gambaran umum isi bab, siapkan rangkumanmu. Kebanyakan rangkuman ditulis menggunakan kombinasi angka dan huruf, tapi itu semua bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Setelah mulai menulis rangkuman, cobalah untuk mengurutkannya sesuai dengan urutan yang tertulis di dalam buku. Urutan yang sama akan memudahkanmu untuk mengingatnya.

3. Gunakan bahasa sendiri

Tulis rangkuman dengan bahasa sendiri, tips meringkas pelajaran

Tulis rangkumannya dengan bahasamu sendiri, pict by freepik.com

Menulis rangkuman tidak perlu mengikuti bahasa yang ada di buku. Kamu akan lebih mudah memahami dan mengingat apa yang dirangkum apabila menggunakan bahasa sendiri. Kegiatan belajar pun akan jadi lebih mudah.

4. Berikan keterangan

Rangkuman yang efektif bersifat ringkas, jadi kamu tidak perlu menulis keseluruhan isi bab. Tulis keterangan yang cukup untuk setiap poin utama untuk membantu memperjelas pemahamanmu. Jangan mencoba menulis seluruh materi yang dibaca tapi konsentrasilah pada poin-poin utama.

Hindari juga memberikan terlalu banyak tanda. Kebanyakan siswa merasa bahwa memberi tanda, misalnya dengan memberi spidol berwarna akan bermanfaat bagi mereka. Pastikan kamu membaca dan mengingat, tidak sekedar menandai.

Nah, itu beberapa tips meringkas materi pelajaran, keren kan Sunners? Sudah terbukti jitu banget apabila belajar melalui ringkasan. Ringkasan yang sudah disusun berdasarkan materi penting akan membantu proses belajar kamu jadi lebih efektif dan efisien. Kamu tidak perlu lagi bolak-balik materi dan membuang waktu.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,348
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?