WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Menjalani LDR Tanpa Overthinking

Hai, Sunners! Apakah teman-teman sedang menjalani hubungan jarak jauh saat ini? 

Seperti yang kita ketahui, Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh tidaklah mudah dan pastinya tidak semua orang mampu bertahan karena penuh dengan tantangan dan butuh kepercayaan yang besar. 

Hubungan jarak jauh itu seperti sedang mengikuti sebuah tes, ada yang berhasil melewatinya dan ada juga yang tidak. Jadi jika kamu adalah salah satu diantara banyak orang yang berhasil melewati masa-masa LDR, bersyukurlah. 

Namun, tidak bisa dipungkiri juga selama LDR kamu pasti sering overthinking terhadap pasanganmu. Kamu memiliki kecurigaan kalau disana pasangan kamu sedang menyembunyikan sesuatu darimu, apalagi saat pasanganmu telat memberi kabar. Rasa overthinking mu akan semakin menjadi jadi hingga menimbulkan konflik. 

Nah, untuk menghilangkan overthinking terhadap pasanganmu saat menjalani LDR, ada beberapa tips nih supaya hubungan kalian tetap awet dan lancar, Sunners. 

1. Jujur dan Saling percaya 

Jujur dan saling percaya merupakan kunci dari berhasilnya suatu hubungan, apalagi ketika sedang menjalani hubungan jarak jauh. Kadang kita harus dihadapkan dengan perasaan gelisah dan pikiran-pikiran negatif yang muncul karena berada jauh dari pasangan kita. Namun, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak-tidak, jujur dan percaya terhadap pasangan sangatlah diperlukan. Jujurlah mengenai apapun kepada pasanganmu dan jangan menyembunyikan masalah apapun. Karena jika sekali kamu berbohong, kamu akan mencari kebohongan lain untuk menutupi kebohongan mu. 

2. Komunikasi

Komunikasi adalah langkah dasar dalam menjalani hubungan jarak jauh. Kamu dan pasanganmu bisa saling bertukar cerita mengenai apapun. Dengan berkomunikasi, kamu dan pasanganmu juga akan terhindar dari kesalahpahaman. Ketika kamu merasa ada sesuatu yang aneh dan mengganggu pikiranmu, jangan menyimpannya sendiri karena itu yang akan membuatmu semakin overthinking terhadap pasanganmu. Bicarakan dengan baik-baik dan cari solusi untuk menyelesaikannya agar tidak ada keraguan lagi. 

3. Saling mendengarkan. 

Saling mendengarkan cerita satu sama lain adalah salah satu kunci agar hubungan jarak jauh tetap erat dan lancar. Ketika pasanganmu bercerita, tunjukan minat dan dengarkan setiap kata-kata yang diutarakan. Karena itu akan cukup berpengaruh dalam hubungan kalian. Dan juga pasanganmu akan merasa nyaman dan merasa dihargai. Jangan hanya ingin diprioritaskan sehingga tidak ingin mendengarkan cerita pasanganmu. Karena hubungan yang kamu jalani adalah antara kamu dan pasanganmu, jadi saling mendengarkan adalah sangatlah penting supaya LDR langgeng. 

4. Tetap berpikir positif 

Menghilangkan rasa curiga dan overthinking memanglah tidak mudah saat menjalani hubungan jarak jauh. Apalagi saat kamu tidak mendapat kabar dari pasanganmu. Namun, mencoba tetap berpikir positif juga tidak ada salahnya. Coba pikirkan hal-hal positif ketika pasanganmu tidak memberi kabar. Bayangkan pasanganmu sedang sibuk, sinyalnya sedang tidak bagus atau dia ketiduran karena lelah seharian. Membayangkan hal-hal yang sekecil apapun akan berguna untuk kelanjutan hubunganmu dengan pasanganmu, asalkan itu hal yang positif. Dan juga tidak selamanya jika tidak mendapat chat dan tidak menelepon, pasanganmu sedang selingkuh atau sudah tidak sayang lagi padamu. 

Nah, itu 4 tips agar kamu tidak lagi overthinking saat menjalani LDR, Sunners. Dan mau ngingetin juga nih, Sunners. “Apa yang ditujukan menjadi milikmu akan tetap jadi milikmu. Jika dia adalah jodohmu, dia akan tau ke mana dia pulang”. Semangat, pejuang LDR!

 

Penulis: Anjelia Panggabean, Universitas Kristen Indonesia

 

Leave A Comment