Majalah Sunday

Tips Menjaga Kesehatan Mental ketika Masuk Sekolah Offline

Sekolah Offline

Siapa nih yang diam-diam mulai berasa kena mental buat masuk sekolah offline?  Ya mimin sih ngerasa wajar aja, karena sebagian dari Sunners pernah mengalami masa pembelajaran jarak jauh dan sekarang mungkin belum terbiasa dengan perpindahan sistem tatap muka. Well, tapi kesehatan mental kalian perlu disiapkan ya, karena kondisi batin yang tentram dan tenang itu penting biar kita dapat menikmati berbagai momen kehidupan sehari-hari.

Ketika kita ingin memasuki sekolah offline, pastinya kita akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mulai dari kesiapan alat-alat sekolah hingga kesiapan kesehatan mental kita ketika bertemu dengan banyak orang di sekolah.Menjalankan kembali sekolah tatap muka atau offline mungkin bukan hal yang mudah, kalian perlu kembali beradaptasi dengan keadaan baru yang bisa memengaruhi kesehatan mentalnya. Untuk itu kita wajib tau apa apa saja tips yang bisa membantu kita ketika memulai sekolah tatap muka atau offline. Sunner, pastinya kalian sangat mendambakan pembelajaran tatap muka bukan? Yuk intip tips menjaga kesehatan mental ketika masuk sekolah offline.  

1. Kenali diri sendiri dan berani bermimpi.

(unsplash.com/@sashafreemind)

Mengenali diri sendiri sangat penting dalam menjaga kesehatan mental kita saat ini. Karena dengan mengenali diri sendiri dan berani bermimpi membuat kita merasa lebih nyaman dan percaya diri. Ini sangat penting pula untuk membangun diri ketika berada di lingkungan sekolah.

2. Batasi diri dari pikiran negatif.

(freepik.com/@Drazen Zigic)

Jangan remehkan efek pikiran. Ya, karena tanpa sadar penyebab paling sederhana dari kegagalan maupun keberhasilan yang saat ini kita alami itu berkat pengaruh dari pikiran kita sendiri. jadi, ketika pikiran anda dipenuhi oleh hal-hal yang berbau negatif lambat laun itu akan memunculkan stres yang akhirnya malah mengacaukan apa yang sedang anda jalani. Pikiran negatif ini memang sangat sepele, tapi segelintir ucapan itulah yang ternyata berdampak cukup besar pada pikiran, tubuh hingga hidup anda. 

3. Bersyukur dengan apa yang dimiliki

(unsplash.com/@wflwong)

Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki membuat kita merasa lebih baik karena sampai hari ini kita masih diberikan kesehatan baik secara rohani maupun jasmani. Bersyukur juga sangat penting dilakukan karena masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan kita. Di samping itu pula rasa syukur tersebut dapat mendatangkan kebahagiaan, caranya dengan menggunakan apa yang saat ini kita miliki dengan baik, bijak dan optimal sebagai bentuk rasa syukur kita. Memiliki mimpi dan target tentu saja boleh, namun semuanya akan berguna ketika kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. 

4. Stop membandingkan diri dengan orang lain.

(pexels.com/@thngocbich)

Jika kita terus menerus membandingkan diri kita dengan orang, maka perbandingan-perbandingan itu dapat membuat kita semakin stres karena kita merasa masih banyak kurangnya dari orang lain. Kita pun juga akan terlihat sombong atau kompetitif ketika membuat perbandingan seolah ada orang-orang di bawah kita.

5. Percaya dengan kemampuan yang dimiliki

(unsplash.com/@headwayio)

Menggunakan kemampuan diri yang kita miliki tersebut secara berulang kali dapat meningkatkan kemampuan diri sendiri secara signifikan. Ini terjadi karena apa yang kita kuasai dan dengan percaya diri akan menghasilkan sesuatu hal yang positif dan menimbulkan efek terbiasa dan tidak ada keraguan sedikitpun. 

‘Siap tidak siap, sekolah offline akan Sunners jalankan. So, terapkan tips menjaga kesehatan mental ketika memasuki sekolah offline yang sudah mimin bagikan tadi ya. Semangat!

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?