Majalah Sunday

Tips Menghadapi Ujian

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Hai, Sunners! Ujian merupakan penentu bagi seluruh siswa untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi atau bagi para siswa akhir untuk dapat menentukan kelulusan. Maka dari itu, sebagian besar para siswa belajar dengan keras untuk mencapai hasil akhir yang maksimal. Di Indonesia, ujian terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya Ujian Kompetensi, Ujian Sekolah, dan Ujian nasional. Nah, berikut adalah 10 tips yang telah Sunday rangkum untuk kamu yang sedang menghadapi ujian! Simak dan terapkan, ya!

1. Berdoa

tips ujian yang paling penting adalah berdoa

Berdoa, meminta kemudahan kepada Tuhan, pict by canva.com

Tips yang pertama adalah berdoa. Ya, tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang penting dilakukan mengingat bahwa manusia tak memiliki kekuatan apapun kecuali dengan izin Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah berdoa, meminta izin dan bantuan kepada Tuhan.

Berdoa bertujuan agar apa yang kita inginkan dapat terwujud, seperti selalu dilimpahkan kemudahan dalam melakukan sesuatu. Jadi, selalu ingat bahwa berdoa merupakan unsur yang penting dan sangat berpengaruh terhadap apa yang hendak kita kerjakan. Maka, berdoalah setiap saat untuk meminta segalanya hanya kepada Tuhan.

2. Belajar

“Bisa” tanpa belajar itu merupakan hal yang mustahil. Maka dari itu, sebelum melaksanakan ujian, kita harus belajar dengan sungguh-sungguh secara rutin. Semakin kita rajin belajar atau minimal hanya membaca buku, maka semakin besar kemungkinan kita bisa menghadapi ujian.

Selain di sekolah, belajar dapat kamu lakukan di manapun baik secara individual maupun berkelompok bersama teman-teman. Terapkan konsep belajar yang membuatmu merasa nyaman. Dengan begitu, ilmu akan semakin mudah didapatkan dan diserap. Belajar sangatlah bermanfaat bagi semua orang. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan hal yang harus dilakukan ketika akan melaksanakan ujian. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi risiko tidak enak badan atau bahkan sakit. Istirahat bisa dilakukan dengan berbagai macam, seperti diam di rumah, tidak melakukan aktivitas yang berat, dan tidur.

Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan terasa semakin segar dan terhindar dari rasa kelelahan. Mengingat bahwa salah satu sumber sakit berasal dari aktivitas berlebihan yang kita lakukan. Maka dari itu, sebelum melaksanakan ujian, tubuh harus diistirahatkan dengan cukup agar kita bisa melaksanakan ujian dengan maksimal.

4. Konsumsi Makanan Sehat

mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu tips menghadapi ujian

Konsumsi makanan sehat, pict by canva.com

Ujian merupakan hal yang penting untuk diikuti. Maka dari itu, berbagai macam penghambatnya, seperti sakit, harus kita minimalisir. Salah satu cara untuk meminimalisir penyakit yang datang ketika hendak ujian yaitu mengonsumsi makanan yang sehat mengingat bahwa sumber penyakit salah satunya berasal dari makanan.

Konsumsilah makanan yang tinggi akan kandungan gizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, susu, dan yang lainnya. Kita juga harus mengurangi makanan yang bisa menimbulkan penyakit, seperti makanan pedas yang berlebihan. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang sehat agar kita bisa melaksanakan ujian dengan kondisi yang sehat pula.

5. Refreshing

Refreshing juga merupakan komponen yang harus kita lakukan ketika hendak melaksanakan ujian. Mengapa? Karena refreshing dapat menyegarkan otak dan tubuh kita yang penat karena terlalu banyak beban pikiran termasuk memikirkan ujian secara berlebihan. Maka dari itu, jangan lupa segarkan pikiranmu agar otak kembali fresh.

Refreshing bisa dilakukan dengan berbagai macam aktivitas, baik sendirian, bersama keluarga, atau bersama teman-teman ke suatu tempat yang menyenangkan, misalnya melakukan hobi, bermain ke kebun binatang, air terjun, bukit, ataupun jalan-jalan ke tempat terdekat yang menyenangkan seperti taman.

6. Tenangkan Pikiran

Pikiran yang terlalu penat dapat menghambat kita dalam menerima dan menyerap ilmu ketika menghapal atau membaca buku. Maka dari itu, pikiran yang jernih sangat dibutuhkan ketika hendak melaksanakan ujian. Tenangkan pikiran dengan tidak terlalu membebankan segala sesuatu yang akan terjadi.

Dengan pikiran yang tenang, kita bisa menyerap berbagai macam ilmu dengan mudah dan mengingatnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan pikiran yang tenang, tubuh kita akan merasa lebih baik. Jadi, selalu tenangkan pikiran untuk menghadapi ujian dan melaluinya dengan baik, ya.

7. Pikirkan Hal-Hal Positif

Setelah pikiranmu mulai tenang tanpa kepenatan, maka hal yang harus dilakukan adalah memikirkan segala sesuatu dengan positif. Dengan memikirkan sesuatu yang positif, maka mood atau suasana hati kita akan merasa lebih baik. Sugesti yang baik akan memberi kita efek yang baik pula.

Memikirkan hal positif contohnya adalah memikirkan bahwa kamu bisa mengerjakan ujian dengan lancar dan benar. Pikirkan bahwa dirimu mendapatkan nilai yang cukup dan merasa lega karena telah menghadapi ujian dengan sukses. Jadi, selalu pikirkan hal-hal positif agar kamu bisa mendapatkan efek yang positif juga.

8. Kerjakan dengan Tenang

Ketika mengerjakan soal demi soal saat ujian, maka kerjakanlah dengan tenang tanpa tergesa-gesa. Kerjakan semua yang menurutmu mudah terlebih dahulu lalu disusul dengan soal-soal yang cukup sulit. Jika kamu benar-benar tidak tahu apa jawabannya, maka lebih baik tetap isilah kolom jawaban tersebut daripada tidak sama sekali.

Dengan mengerjakan soal dalam kondisi tenang, maka dapat berpotensi mengerjakan soal-soal dengan lancar dan baik. Jadi, pastikanlah dirimu tenang saat mengerjakan soal-soal ujian tanpa terburu-buru.

9. Tidak Menyontek

Jangan menyontek saat ujian, ya! pict by canva.com

Saat mengerjakan soal pada ujian, kamu harus mengerjakannya sendiri tanpa meminta jawaban pada orang lain. Karena dengan menyontek, pikiranmu akan kacau dan menimbulkan rasa takut berlebihan. Maka dari itu, fokuslah pada pekerjaanmu dan jawab semampumu. Ingat, menyontek tak menjamin nilaimu akan besar, loh.

Menyontek hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak percaya diri karena tidak menghapal dan belajar. Untuk menghindari rasa ketidakpercayaan diri tersebut, maka belajar dan menghapal sangatlah diperlukan.

10. Berserah Diri

Jika ujian telah berakhir dan selesai dijalani, maka kamu tinggal menunggu hasil yang telah diperjuangkan. Akan tetapi, jangan terlalu membebankan semua itu. Tetap tenang dan berpikiran positif. Serahkan semua yang telah kita lakukan kepada Sang Penguasa atau yang biasa disebut bertawakal.

Jika kamu selalu berdoa dan berusaha, maka usaha tersebut tak akan mengkhianati hasil yang akan kamu terima. Jadi, tetaplah berpikir positif dan terus bertawakal menyerahkan semuanya kepada Tuhan.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,791
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?