Majalah Sunday

Tips Memilih Jurusan Kuliah
yang Kamu Banget!

Penulis: Fidya Damayanti – UNJ

Hai Sunners! Pasti banyak dari kalian yang sekarang ini duduk dibangku kelas 3 SMA atau SMK dan mulai pusing nih buat milih jurusan kuliah. Ada yang bilang kalau jurusan A bagus banget dan bikin kalian cepat dapat kerja, tapi ada juga yang bilang jurusan B itu kuliahnya santai dan fun banget! Gimana kalau minat Sunners di jurusan B, tapi pengen jurusan A karena memperkirakan pekerjaan di masa depan? Nah, kalau Sunners bingung yuk simak tips memilih jurusan kuliah yang kamu banget! Dijamin gak bakal bingung lagi deh!

Tips Memilih Jurusan

Jurusan Kuliah Harus Sesuai Keterampilan, pic by Canva.com

Memilih jurusan kuliah sejak duduk di bangku SMA atau SMK itu penting banget loh Sunners! Selain mulai mempertimbangkan arah masa depan, kalian juga harus tau minat dan keterampilan kalian dimana agar saat masuk kuliah nanti gak akan merasa hilang arah.

Suka Menulis dan Belajar Bahasa? Kepoin Jurusan Sastra dan Bahasa Yuk!

Selama Sunners sekolah pernah dapat tugas menulis puisi, cerpen, bahkan novel gak? Nah, kalau Sunners pernah dan suka banget nulis karya sastra maka jurusan ini cocok banget buat kalian! Selain belajar menulis karya sastra, di jurusan Sastra dan Bahasa kalian juga akan belajar tata bahasa loh! Jadi bukan sekadar belajar kalimat dan paragraf aja, tapi Sunners akan belajar tatanan bahasa yang jauh lebih dalam dan luas!

Belajar bahasa banyak manfaat dan kegunaannya di setiap pekerjaan kalian, terlebih lagi kalau Sunners ambil jurusan Sastra dan Bahasa asing. Wah! Kalian bisa jadi penerjemah, bahkan bekerja di kantor diplomat loh, keren banget!

Mau Jadi Pembisnis dan Konsultan Keuangan? Pilih Manajemen dan Akuntansi Aja!

Hayo siapa yang hobi ngitungin duit? Kalian bisa gabung ke jurusan Manajemen dan Akuntansi yang mana punya berbagai mata kuliah seputar keuangan, mulai dari matematika keuangan, belajar ekonomi secara luas, dan strategi pemasaran.

Belajar akuntansi itu susah gampang guys karena Sunners harus fokus dan teliti, tapi kalau kalian sudah lancar percaya deh perusahaan besar bakal ngelirik kalian! Apalagi kalau Sunners memiliki keteramilan dalam mengelola waktu, keuangan, dan komunikasi yang baik, maka siapa sangka di perusahaan nanti menjabat sebagai Manajer Keuangan.

Otak Kanan Aku Lebih Dominan Kak! Fix Si Paling Seni dan Desain

Gak pandai hitung-hitungan dan lebih suka sama yang mempertajam kekreatifan kalian? Jurusan seni dan desain adalah tempat yang cocok buat kalian si paling kreatif! Seni itu banyak ya Sunners, jadi kalian harus pastikan nih minat dan keterampilan kalian dimana seperti seni rupa, seni musik, bahkan seni tari.

Ada juga jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis buat kalian yang lebih tetarik ke seni digital, seperti poster, ilustrasi, dan animasi. Di jurusan seni maupun desain ini kalian tentunya tetap diberikan pembekalan berupa teori, walaupun nantinya akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan praktikum.

Mau tau lebih banyak seputar DKV dan Desain Grafis? Cek perbedaannya di sini

Tips Memilih Jurusan

Jurusan Kuliah Seni dan Desain Cocok Buat Si Paling Kreatif, pic by Canva.com

Buat yang Suka Menolong Orang Lain, Jadi Psikolog dan Dokter Aja!

Jurusan Psikologi pilihan yang tepat buat kalian yang katanya sih suka dengerin orang cerita dan ngasih solusi. Ets! Psikologi bukan hanya mempelajari manusia aja loh Sunners! Di sana kalian akan belajar hal yang lebih sosial, bahkan ketemu sama matematika juga.

Mau jadi psikolog berarti kalian harus pandai berkomunikasi dan mempelajari banyak teori, praktikum, bahkan studi lanjutan. Gimana kalau orang tua kalian punya budget lebih banyak? Masuk kedokteran memerlukan waktu kurang lebih selama 6-7 tahun disertai dengan banyak praktikum dan teori seputar anatomi tubuh manusia, biokimia, bahkan matematika.

Komunikasi Gak Mau Kalah, Betulkah Isinya Orang Ekstrovert?

Sunners suka ngobrolin banyak hal dan pandai menjalin relasi dengan banyak orang? Maka jurusan Komunikasi sangat cocok buat kalian nih! Faktanya jurusan ini sangat diminati banyak kaum pelajar loh karena prospek kerjanya dimana-mana.

Di jurusan Komunikasi, Sunners akan belajar komunikasi ke jenjang yang lebih luas. Bukan hanya komunikasi personal dengan satu orang saja, melainkan ke masyarakat luas seperti media dan periklanan.

Kritis dan Mengikuti Isu Negara, Masuk Hukum Seru Nih!

Kalian percaya anak Hukum isinya galak-galak semua? Gak juga kok Sunners! Anak hukum itu kritis dan pandai menemukan solusi. Buat kalian yang suka belajar tentang perundang-undangan, tata negara, dan pidana atas suatu perkara, maka jurusan hukum menjadi pilihan kalian nih!

Hidup itu harus berjalan sesuai peraturan dan jurusan hukum akan mempelajari tentang sistem hukum yang ada di negara kita termasuk penerapannya dalam kehidupan masyarakat diberbagai aspek, seperti ekonomi dan sosial.

Tips Memilih Jurusan

Jurusan Hukum Harus Hafal Undang-Undang? pic by Canva.com

Apapun jurusan yang Sunners ambil pastinya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, asalkan kalian dapat berkomitmen untuk menuntaskan studi kalian dan berhasil menerapkan pembelajaran kalian selama perkuliahan, sehingga di dunia kerja nanti kalian dapat berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan yang ada.

Sunners masih bingung mau mengambil jurusan kuliah apa dan cara mengatasi stres dalam mempertimbangkan jurusan kuliah nanti? Sunners bisa mampir ke tips lainnya di sini, tinggal klik maka kalian akan menemukan solusi baru yang gak kalah menarik!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 258
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?