Majalah Sunday

Jurusan Kuliah Bikin Kamu Galau?
Yuk Simak Rahasia nya

Penulis: Nikolo Albertgati Barasa – SMAK Penabur Summarecon Bekasi

Editor: Dinar Isfahani – SMKN 40 Jakarta

Siapa disini yang lagi bingung mikirin dunia perkuliahan? Mulai dari perkara jurusan kuliah hingga universitas yang mau kita tuju, rasanya pertanyaan sederhana “Mau kuliah jurusan apa?” bisa bikin kita galau seharian untuk ngasih jawaban yang meyakinkan. Kebanyakan dari kita merasa bahwa pengalaman belajar tiga tahun di SMA masih kurang banget untuk menentukan  kemampuan apa yang cocok dengan diri sendiri di masa mendatang. Oleh sebab itu  disini mimin akan menjawab kekhawatiran kalian dengan menjadi navigator supaya kalian punya arahan yang jelas dalam memilih jurusan perkuliahan nanti.

Pada umumnya, kita harus mengetahui bahwa kegalauan dalam memilih jurusan kuliah itu disebabkan oleh hal-hal berikut ini

jurusan kuliah

1. Tidak tahu potensi diri

Menggali potensi diri merupakan hal utama yang dapat menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menentukan jurusan di dunia perkuliahan nanti. Dengan mengetahui keunggulan dan kemampuan diri sendiri, kamu akan lebih siap untuk menentukan jurusan perkuliahan yang ingin dicapai. Sayangnya banyak sekali pelajar-pelajar di bangku SMA yang hingga zkini belum mengetahui minat bakatnya.

2. Kurangnya persiapan

Untuk mengetahui alur pendidikan kita di masa mendatang, kita harus mencari berbagai macam informasi terkait perkuliahan. Mengapa? Karena seiring berjalannya waktu, segala sesuatu akan terus berkembang, baik itu informasi maupun hal lainnya. Oleh karena itu kita tidak boleh menunda-nunda waktu. Jika kita tidak mengikuti perkembangan tersebut maka kita bisa kekurangan persiapan kedepannya sehingga kewalahan dalam mengambil keputusan. 

3. Ketergantungan orang tua

Hey sob! Ingat kita ini sudah dewasa, mau sampai kapan lagi orang tua kita ikut campur dalam menentukan masa depan kita? Sebagai generasi milenial kita harus lebih aktif dan mandiri dalam menentukan masa depan kita sendiri. Sehingga keputusan yang kita pilih nanti memang diperoleh berdasarkan hati nurani kita bukan paksaan ataupun keinginan orang lain. 

Ternyata tiga hal sederhana di atas bisa bikin kamu kewalahan loh saat pemilihan jurusan kuliah tiba. Lalu bagaimana kita mengatasinya?

1. Menggali potensi diri

Menggali potensi diri merupakan hal utama yang dapat menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menentukan jurusan di dunia perkuliahan nanti. Dengan mengetahui keunggulan dan kemampuan diri sendiri, kamu akan lebih siap untuk menentukan jurusan perkuliahan yang ingin dicapai. Sayangnya banyak sekali pelajar-pelajar di bangku SMA yang hingga kini belum mengetahui minat bakatnya

jurusan kuliah

2. Perbanyak browsing

Di era modern ini kita harus bisa memanfaatkan penggunaan teknologi semaksimal mungkin untuk mendapatkan informasi terkait jurusan dan dunia perkuliahan. Kamu dapat mencoba menelusurinya sesuai kategori yang kamu butuhkan seperti jurusan kuliah ataupun mengenai universitasnya sendiri. Untuk mempermudah hal tersebut kamu juga bisa mengunjungi situs https://www.quipper.com/id/  sebagai Educational technology platform.

3. Diskusi

Menggali potensi diri merupakan hal utama yang dapat menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menentukan jurusan di dunia perkuliahan nanti. Dengan mengetahui keunggulan dan kemampuan diri sendiri, kamu akan lebih siap untuk menentukan jurusan perkuliahan yang ingin dicapai. Sayangnya banyak sekali pelajar-pelajar di bangku SMA yang hingga kini belum mengetahui minat bakatnya

4. Keyakinan

Yang terakhir adalah keyakinan. Semua kerja keras, tenaga, dan waktu yang kamu luangkan untuk persiapan kamu di masa depan bisa terlaksana bila disertai dengan keyakinan dalam doa. Jadi jangan pernah berhenti untuk terus berdoa. 

Itulah beberapa rahasia yang dapat kamu coba untuk menjawab kegalauan dalam memilih jurusan perkuliahan nanti. Ingat bahwa semua jurusan itu bagus, tetapi tidak semua jurusan bagus untuk semua orang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian sampai jumpa!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 531
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?