Majalah Sunday

Apakah Jurusan DKV dan Desain Grafis Sama? Yuk, Cari Tahu Perbedaannya!

Penulis: Alfira Damayanti Rahman 0 UNJ

Sunners! Buat kamu yang passionnya di bidang desain dan mau lanjutin kuliah, tapi belum tahu bedanya jurusan DKV dan Desain Grafis? Sini merapat.

Kedua jurusan ini memang seringkali dianggap sama. Kan sama-sama dibidang desain, apa iya? Agar makin paham, kita simak perbedaan dari kedua jurusan ini yuk, Sunners!

Kamu jago ngedesain? Mantap! Tapi mungkin kamu butuh tau nih bedanya jurusan DkV dan Desain Grafis agar tidak salah pilih jurusan!

Jago desain tapi bingung nanti kuliah ambil jurusan apa? pict by canva.com

Fokus Pembelajaran Jurusan DKV dan Desain Grafis

DKV atau Desain Komunikasi Visual, seperti namanya jurusan ini lebih fokus mempelajari konsep bagaimana penyampaian pesan secara visual untuk tujuan tertentu. Sedangkan desain grafis mempelajari bagaimana penataan atau pengaturan elemen grafis yang efektif dan sesuai dengan prinsip desain. Perlu diketahui bahwa DKV merupakan perkembangan dari jurusan desain grafis, dimana pembelajarannya memiliki fokus yang lebih mendalam serta spesifik.

Mata Kuliah di Jurusan DKV dan Desain Grafis

Masih berada dalam lingkup seni dan desain, sebagian besar pembelajaran pada kedua jurusan ini sama. Seperti mata kuliah Rupa Dasar 2D, Tipografi Aplikatif, Sejarah Desain, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, Desain Grafis Periklanan, Media Interaktif, Fotografi, 3D Digital Design, dan lain-lain. Tapi tentunya setiap universitas memiliki ketentuan dan kurikulumnya masing-masing ya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa DKV merupakan perluasan dari desain grafis. So~ yang jadi perbedaannya adalah pada jurusan Desain Komunikasi Visual terdapat spesifikasi dari mata kuliah-mata kuliah yang ada.

Jenjang Pendidikan Jurusan DKV dan Desain Grafis

Selain fokus pembelajaran dan cakupan mata kuliah, perbedaan pada kedua jurusan ini adalah pada jenjang pendidikan. Jika jurusan Desain Komunikasi Visual biasanya tersedia pada tingkat D3 sampai S1 di universitas, sedangkan jurusan desain grafis lebih banyak terdapat pada jenjang D3 atau diploma 3 di politeknik dan sekolah vokasi.

Tugas Akhir Jurusan DKV dan Desain Grafis

Sunners pasti pernah dengar istilah tugas akhir dan skripsi kan, nah tugas akhir untuk jurusan Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis tuh apa sih?

Sesuai dengan jenjang pendidikannya, tugas akhir jurusan Desain Komunikasi Visual untuk S1 dapat berupa pembuatan karya dan skripsi dari karya tersebut, atau dapat juga hanya berupa skripsi pengkajian. Sedangkan untuk D3 jurusan desain grafis, tugas akhir yang dihasilkan dapat berupa pembuatan karya seperti buku ilustrasi, motion graphic, animasi, iklan, branding, dan lain-lain.

Kamu jago ngedesain? Mantap! Tapi mungkin kamu butuh tau nih bedanya jurusan DkV dan Desain Grafis agar tidak salah pilih jurusan!

Sudah tau bedanya? Yuk ambil keputusanmu untuk studi lanjut, pict by canva.com

Nah itu dia perbedaan dari jurusan Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis. Kedua jurusan ini, baik desain grafis maupun DKV banyak diminati karena memiliki prospek kerja yang besar khususnya di zaman digital sekarang. Gimana Sunners, kalian lebih minat ke mana nih? 

Buat Sunners yang masih penasaran, kasih tahu kita ya kira-kira jurusan kuliah apa lagi yang mau dibahas?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 283
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?