Majalah Sunday

Pilih Sesuai Minat atau Bakat?
Begini Tips Memilih Jurusan Kuliah!

Penulis: Lidya Setia – UNJ
Editor: Imani – UNJ

Sunners, kalian masih ada yang galau karena bingung mau pilih jurusan apa pas kuliah nanti? Mau pilih jurusan kuliah yang sesuai minat atau bakat?

Yaps, wajar dong kalau kalian bingung buat pilih jurusan yang sekiranya sesuai sama minat atau bakat kalian. Untuk mencari tahu jawabannya, kamu bisa tanya ke keluarga, kerabat, teman, kekasih, bahkan merenungkannya di kamar agar bisa mendapatkan jawaban tersebut.

Memang, yang namanya jurusan kuliah itu cukup membuat hati dilema. Ada satu hal yang harus kamu tau loh, kalau kunci dalam memilih jurusan kuliah itu bisa didapat dengan mengenal kepribadianmu.

Misal, kalian punya bakat masak tapi minat kalian ada di bidang merancang busana. Kira-kira, jurusan apa yang akan kalian pilih? Mau sesuai dengan minat atau bakat? Simak tips berikut ini, ya!

1. Mencari tahu informasi seputar jurusan yang akan dipilih

minat bakat jurusan kuliah
Mencari informasi seputar jurusan yang akan dipilih untuk mendapatkan gambarannya, pict by canva.com

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari tahu informasi mengenai jurusan kuliah. Kenapa? Karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk mendapatkan gambaran dan prospek kerja ke depannya sesuai program studi yang kalian pilih.

Misalnya, dalam program studi memasak atau biasa dikenal dengan istilah tata boga, kamu nantinya akan memiliki usaha kuliner, koko, dan sebagainya. Apabila kamu memilih jurusan tata busana, prospek ke depannya kalian akan menjadi perancang busana, pengusaha butik, dan sebagainya.

Hal yang paling penting adalah kalian harus tahu adakah kemampuan kamu miliki sekiranya sesuai dengan skill yang dibutuhkan jurusan kuliah pilihan kamu. Jangan sampai kalian pilih jurusan yang di luar batas kemampuan kalian ya, Sunners!

2. Nyaman

minat bakat jurusan kuliah
Rasa nyaman dapat memperlancar proses belajar kita selama kuliah nanti, pict by canva.com

Kenapa kita herus merasa nyaman? Di dalam proses pembelajaran nantinya, kalian akan mengalami fase kejenuhan. Nah, apabila kalian merasa nyaman dalam memilih jurusan sesuai dengan minat atau bakat kalian, sudah dipastikan waktu kuliah kalian akan berjalan dengan lancar.

Tips ini bisa diimbangi dengan motivasi yang kalian miliki. Hal apapun yang membuat kalian termotivasi untuk memilih jurusan nantinya akan membuat kalian merasa nyaman dan mudah dalam menjalaninya.

3. Komitmen

minat bakat jurusan kuliah
Hal yang paling penting dalam dunia perkuliahan adalah komitmen untuk menggapai impian yang diinginkan, pict by canva.com

Sebenarnya, jurusan yang akan kalian pilih berdasarkan minat atau bakat bukanlah sebuah masalah yang signifikan. Selama kalian punya komitmen, itulah hal terpenting yang harus kalian pegang selama kuliah. Jangan sampai kamu menjadi seseorang yang labil dalam memilih, karena dapat menghambat tujuan kalian untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-cita kamu.

*****

Nah, itulah tips yang bisa disampaikan. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan tuntutan hati sendiri, tentu diharapkan Sunners mampu bertahan menghadapi permasalahan baik yang terkait dengan masalah akademis maupun kehidupan pribadi ketika melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tetap semangat, ya!

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 669
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?