Majalah Sunday

Bisa masuk jadi bagian dari OSIS di sekolah atau HIMA dan BEM di kampus bagi sebagian orang itu keren banget. Kenal sama banyak orang baru, punya kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah dan kampus. Dalam kepanitiaan dan organisasi juga memiliki berbagai macam divisi yang tentunya banyak dari teman-teman yang berminat  atau berniat untuk masuk. Ada juga dari teman-teman yang masih bingung atau masih belum yakin buat masuk kepanitiaan dan organisasi. Untuk masuk kepanitiaan dan organisasi juga harus memiliki skill dalam setiap divisi yang akan dipilih, karena jika asal-asalan akan menimbulkan ketidaksesuaian dalam progres kerja. Jadi, agar bisa masuk dalam kepanitiaan dan suatu organisasi, dibutuhkan tips-tips yang mampu membantu teman-teman agar bisa masuk. Tips-tipsnya yaitu:

Memiliki Sikap Militan (unsplash.com/@element5digital)

Dalam kepanitiaan dan organisasi, tentunya dibutuhkan sikap yang militan atau dalam kata lain penuh pengabdian dan ketulusan hati. Kenapa dibutuhkan sikap tersebut? karena tanpa adanya sikap militan dalam kepanitiaan dan organisasi sangat berpengaruh dalam progres kerja. Selain berpengaruh dalam progres kerja juga berpengaruh di lingkungan yang tentunya dapat merusak suasana tempat kerja dan anggota-anggota lain. 

Bertanya pada senior yang lebih berpengalaman (freepik.com/@tirachardz)

Jika ingin mengikuti atau masuk kepanitiaan dan organisasi tentunya dibutuhkan konsultasi atau bertanya pada senior. Kakak senior di kampus atau sekolahmu juga tentunya sudah berpengalaman dalam kepanitiaan dan organisasi, jadi akan lebih gampang bertanya langsung kepada senior yang sudah mengerti dan paham dalam sistem kerja  kepanitian dan organisasi. Kita dapat bertanya juga pengalaman yang mereka alami dalam progres kerja mereka pada saat kepanitiaan dan organisasi, bagaimana mereka melewati dengan lancar dan penuh tanggung jawab dalam progres kerja mereka. Mintalah tips-tips yang menarik dan trik yang dapat membantu suksesnya kepanitiaan dan organisasi tersebut.

Harus mempersiapkan diri (unsplash.com/@javotrueba)

Masuk kepanitiaan dan organisasi, dibutuhkan juga kesiapan diri agar apapun setiap kegiatan yang akan dilakukan dan yang akan diikuti, dapat dipastikan kita siap mengikutinya dan memahami semua hal dalam kepanitiaan dan organisasi tersebut. Karena bila kamu ditempatkan pada divisi perlengkapan, kamu dapat paham apa yang diperlukan dalam divisi perlengkapan. Seperti mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan dalam suatu acara yang akan berlangsung, diperlukan ketangkasan dan gerak cepat panitia divisi perlengkapan agar tidak adanya kekurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika acara berlangsung. 

Bertanggung jawab dan bisa mengatur waktu (unsplash.com/@aronvisuals)

Dalam mengikuti kepanitiaan dan organisasi, sangat diperlukan sikap tanggung jawab yang tentunya berpengaruh dalam kepanitiaan dan organisasi tersebut. Karena jika kita tidak memiliki sikap bertanggung jawab akan sulit dalam progres kerja kita juga, serta dapat menyepelekan setiap tanggung jawab pekerjaan yang telah dipercayakan kepada kita. Dalam masuk kepanitian dan organisasi juga dibutuhkan bisa mengatur waktu, yang dimana tentunya juga berpengaruh dalam  membagi waktu kerja dengan sekolah atau proses perkuliahan. Agar tidak adanya kesulitan dalam menjalankan tanggung jawab dalam kepanitiaan dan organisasi maupun proses belajar. 

Bisa Berinovasi (unsplash.com/@thisisengineering)

Yang perlu kita dapat tanam dalam diri kita adalah dalam setiap kepanitiaan dan organisasi kampus/sekolah diperlukan ide-ide baru dan gagasan yang menarik. Karena dalam sebuah kepanitiaan dan organisasi sangat dibutuhkan ide-ide baru serta gagasan menarik tersebut. Dapat mampu mengembangkan ide-ide tersebut sehingga tercipta ruang kerja yang menarik dan tidak itu-itu saja atau terlalu monoton. Lebih banyak membaca buku agar mendapatkan referensi ide-ide yang dapat membantu kamu.

Jadi, buat teman-teman yang kepingin ikut dalam kepanitiaan dan organisasi, semoga tips-tips tadi dapat membantu dan menuntun teman-teman agar lebih siap dan percaya diri akan skill yang teman-teman miliki dan semoga nanti kalian bisa masuk kepanitiaan atau organisasi sekolah/kampus. Kabarin mimin Sunny ya kalau sudah dilakukan dan kalian keterima di organisasi dan kepanitiaan sekolah/kampus.

Post Views: 706
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?