Hai Sunners! Mungkin sebagian dari kalian akan menjalani yang namanya magang, tapi kalian tahu gak sih kalau interview itu merupakan salah satu hal yang harus Sunners perhatikan saat melamar magang loh. 

 

Interview ini gak hanya digunakan saat kalian kerja atau mengikuti organisasi, tapi juga untuk melamar magang di beberapa tempat. Kira-kira Sunners sudah tahu belum sih apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat interview magang? Kalau belum tahu yuk baca artikel ini sampai habis. 

 

Do: 
Sebelum melakukan interview, sebaiknya Sunners perlu mencari tahu mengenai profil, budaya, visi misi serta produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, lalu Sunners juga harus mengetahui mengenai posisi jobdesk yang sedang dilamar. Dengan mengetahui hal-hal tersebut bisa diartikan bahwa kalian memang sungguh-sungguh ingin melamar magang di perusahaan tersebut.

 

Sunners perlu memperhatikan body language kalian, mungkin terlihat sepele namun hal ini bisa berdampak loh untuk kalian. Body language yang harus diperhatikan yaitu eye contact, mimik wajah, postur badan yang tegak dll. Pastikan saat interview eye contact tetap terjaga sepanjang proses interview.

 

Saat interview, Sunners disarankan untuk berbicara apa adanya sesuai dengan kemampuan serta pengalaman kalian. Selain itu Sunners juga harus dapat mempertanggungjawabkan apa yang sudah kalian katakan pada saat proses interview

 

Sunners harus datang tepat waktu bahkan disarankan untuk datang sebelum waktu interview dilaksanakan. Jika posisi Sunners jauh dari lokasi interview, Sunners dapat datang lebih awal agar dapat sampai tepat waktu atau bahkan sebelum proses interview dilaksanakan. Hal ini tentunya akan menjadi poin plus bagi kalian dimata rekuiter. 

 

Perhatikan penampilan Sunners sebelum mengikuti proses interview karena penampilan dapat menjadi poin plus, sehingga Sunners harus pastikan bahwa penampilan kalian sudah rapi dan sopan. Untuk pakaian dapat disesuaikan dengan budaya perusahaan yang Sunners lamar, hindari menggunakan aksesoris serta makeup yang berlebihan. 

 

Sunners dapat melakukan latihan jika dirasa perlu, dengan latihan pastinya akan membuat kalian lebih siap untuk mengikuti proses interview serta mengurangi rasa grogi yang dapat mengganggu proses interview kalian. Latihan ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan dari teman atau orang terdekat. 

 

Don’t: 
Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa berbohong saat interview merupakan salah satu cara agar lolos tahap interview, namun ternyata hal ini tidak disarankan loh Sunners karena dengan berbohong akan menyusahkan kalian sendiri. Misalnya kalian lolos interview karena berbohong, nantinya ketika kalian diberikan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan kalian pastinya akan membuat kalian kewalahan atau tidak dapat mengerjakannya secara maksimal. 

 

Jangan memotong pembicaraan rekruiter, hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan rekruiter untuk menerima Sunners untuk magang karena dianggap tidak sopan. Jika dirasa ada hal yang kurang dipahami Sunners dapat menanyakannya diakhir ketika rekruiter membuka sesi pertanyaan. 

 

Saat Sunners diminta untuk melakukan interview secara online, usahakan Sunners berada ditempat yang tenang dan jauh dari kebisingan karena hal ini dapat mengganggu Sunners ketika proses interview

 

Nah gimana nih Sunners, sekarang udah tahu kan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat interview? Semoga dengan artikel ini dapat membantu Sunners yang ingin melamar magang ya. 

 

Penulis : Nita Margaretta, Universtias Bunda Mulia

 

Post Views: 427
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?