Majalah Sunday

Tips Desain Meja Belajar yang Bikin Kamu Betah Belajar

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Halo, Sunners! Meja belajar jadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kegiatan belajar kalian. Kalau meja belajarnya berantakan, otomatis mood buat belajar jadi kurang atau bisa juga jadi nggak mood nih. Betul apa betul?

Yang namanya belajar emang harus di tempat yang nyaman dan rapi supaya bisa fokus. Karena itulah, meja harus tertata dengan bagus. Untuk membuat meja belajar yang desainnya bagus, nggak ngebosenin, dan estetik, sebenarnya ada trik tertentunya loh. Nggak boleh sembarangan naruh barang di atas meja karena nanti malah makin berantakan. Duh, nggak mau itu terjadi dong? Terus, gimana ya caranya ngedesain meja belajar supaya bikin betah belajar dan mood tetap bagus?

1. Pakai Meja Tempel atau Lipat

Selama ini kita cuma tahu bentuk meja belajar yang punya empat kaki. Nah, ada juga desain yang ditempel ke langsung ke dinding sellhouse-asis. Selain nggak makan tempat, bentuknya juga minimalis dan tentunya unik, loh.

2. Menambahkan To Do List

Daftar tugas yang harus dikerjain atau to do list seringnya dijadiin wallpaper ponsel. Ada cara lain supaya kalian tetap ingat to do list ini yaitu dipajang di atas meja. Tentunya didesain dengan cara yang estetik, ya. Bisa pakai Post-it, spidol warna-warni, atau stiker lucu.

3. Pemilihan Warna

Perpaduan warna yang mencolok bisa jadi pilihan biar kalian makin betah. Kalian bisa mainkan warna kuning dan hitam atau gradasi kuningnya aja. Misalnya, warna lampu mejanya kuning terang atau kotak pencilnya kuning pucat. Boleh juga ditambahkan lukisan dengan warna yang kontras. Kalian juga boleh kok untuk memadukan warna favorit kalian. Misalnya, dengan menyamaratakan tembok kamar dan peralatan belajar dengan warna pink.

Gimana ya caranya ngedesain meja belajar supaya bikin mood bagus dan jadi betah belajar? Simak artikel berikut ini, yuk!

Warna tembok dan peralatan belajar yang senada bikin meja belajar terlihat estetik, pict by canva.com

4. Gunakan Pajangan Kotak-Kotak

Kotak berjaring yang biasanya sering kalian taruh foto Polaroid di dinding kamar, bisa juga kalian pajang di atas meja. Boleh banget nih pas kalian lagi stuck, lihat-lihat foto bisa jadi hiburan tersendiri. Bikin makin betah di meja belajar aja kan?

5. Minimalis juga Manis

Kalian nggak terlalu suka desain yang estetik dan “wah”? Pilihan minimalis bisa jadi pilihan nih. Meksipun kesannya simple dan cuma black and white, desain minim juga banyak disukai orang-orang. Kesan minimalis bisa kalian dapatkan kalau menggunakan meja dengan bentuk sederhana dan warnanya juga—kebanyakannya—putih.

meja belajar minimalis cocok jika kamu tipe orang yang simple

Model minimalis cocok jika kamu tipe orang yang simple, pict by canva.com

6. Meja Kayu pun Jadi

Aroma alam, hutan, dan kayu bisa jadi terapi bagi sebagian orang. Kalau kalian juga suka aroma terapi seperti ini, bisa banget loh untuk diterapkan. Nggak cuma bikin tenang, suasanya juga nyaman banget buat belajar apalagi pas lagi pusing-pusingnya. Duh, jadi makin betah aja belajar ya.

7. Manfaatkan Gantungan Lucu

Gantungan lucu bisa jadi aksesoris tambahan di meja belajar kalian. Oiya, agar nggak terkesan penuh, barang lainnya bisa dikurangin. Karena, gantungan lucu aja juga udah bikin meja kalian jadi estetik, lho. Kalian bisa pasang gantungannya di tengah-tengah meja.

Nah, Sunners, kira-kira itu tips agar meja belajar kalian nyaman. Meja belajar yang nyaman pasti bikin kalian betah belajarnya dong? Mana nih yang jadi favorit kalian? Yuk, mulai ngedesain!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,146
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?