WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Berburu WiFi Gratis Buat PJJ

Tak hanya siswa yang berburu WiFi gratis, loh… guru pun juga!

Nggak semua orang bisa menikmati WiFi lancar-jaya di rumah untuk sekolah seharian. Fenomena siswa belajar di coffeeshop atau balai desa menjadi keprihatinan tersendiri, termasuk kerelaan guru yang diam-diam home visit ke rumah siswa, agar bisa mengajar langsung. Hal ini terjadi di beberapa kota Indonesia selama pandemi COVID19.
Ya, kebijakan PJJ dibuat tujuannya dimaksudkan untuk menghindarkan para murid dari virus. Namun kondisi ini sekaligus menguak persoalan kebutuhan kita akan internet. Mereka yang kemudian sepakat belajar bersama di kantor RW atau fasilitas umum dekat rumahnya, dilakukan dengan berbagai syarat; misalnya: Peserta yang belajar bersama tak lebih dari 10 orang dan berasal dari zona yang sama. Sambil mereka belajar, protokol kesehatan pun harus dijalankan yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan saling menjaga jarak.

Bagaimana dengan PJJmu Sunners? Apakah kamu termasuk pemburu WiFi yang tak kenal putus asa?

Ada beberapa tips nih untuk menemukan WiFi ‘gratis’!

1. Berburu WiFi di Restoran atau coffee shop

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cara mendapatkan WiFi gratis di Indonesia adalah dengan berkunjung ke restoran atau business tenant lainnya, entah itu cafe atau coffee shop. Di sana WiFi bisa kamu peroleh secara gratis. Kamu mungkin hanya perlu menanyakan password WiFi ke petugas restoran.

Di samping itu, kala kamu sedang menginap di hotel kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas WiFi gratis. Bahkan, tak hanya di hotel atau restoran saja, warung kopi kaki lima saat ini sudah banyak yang menyediakan fasilitas WiFi gratis bagi para pengunjungnya.

2. Daftar Program Loyalty Provider Telepon

Saat ini ada program WiFi.ID yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Nah, kamu juga bisa mendaftar ke program ini untuk memanfaatkan fasilitas WiFi.ID yang ada di berbagai tempat. HotSpot WiFi yang biasa disediakan oleh provider telepon ini umumnya berada di tempat-tempat umum atau strategis sehingga mudah dijangkau.

3. Kunjungi Tempat-Tempat Umum

Tidak perlu ngafe atau pergi ke tempat makan lainnya untuk dapat menikmati fasilitas hotspot WiFi gratis. Pasalnya, saat ini di Indonesia sudah banyak tempat umum yang memberikan fasilitas WiFi gratis, sebut saja taman kota, perpustakaan, sampai dengan rest area di jalan tol. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat umum yang gratis ini untuk bisa memanfaatkan koneksi internet yang disediakan. Walaupun tidak secepat jaringan internet WiFi pribadi, tapi WiFi di tempat umum ini sudah cukup memenuhi kebutuhan kamu akan internet gratis ya guys.

4. Kupon Gratis WiFi

Beberapa perusahaan atau bidang usaha akan mempromosikan bisnis mereka dengan menyebarkan kupon gratis WiFi. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa kupon gratis WiFi ini tidak harus selalu berbentuk fisik.
kamu bisa memperoleh kupon yang tersebar di media sosial atau website-website tertentu. Di sana, kamu akan memperoleh kupon yang bisa dipakai untuk mengakses koneksi WiFi secara gratis. Pada umumnya, kupon tersebut bisa digunakan di beberapa hotspot WiFi tertentu. Pilih hotspot yang letaknya dekat dengan posisi kamu saat ini ya Sunners.

Selamat mencoba ya..

 

oleh: Santi Lumbantoruan universitas kristen indonesia

Leave A Comment