WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Anti Panik Karena Ketinggalan Materi Pelajaran

Sumber gambar : Ricky Iswanto

Hello, Sunners! Kalian sebagai pelajar pasti pernah merasa ketinggalan materi pada saat sekolah karena izin ada kepentingan, ataupun sakit. Kalau begitu, tenang saja jangan terlalu panik, untuk merasa lebih aman kalian dapat mencari sumber informasi untuk tidak ketinggalan materi atau kalian berusaha untuk belajar. 

Ketinggalan materi pelajaran terkadang memang tidak dapat dihindari. Meskipun kita sudah berusaha sebaik mungkin, seringkali kita masih bingung dengan materi, catatan yang berantakan, dan tidak hadir dalam kelas. Jangan panik dan jangan merasa kalian tidak dapat mengejar materi tersebut. Hanya karena anda ketinggalan materi bukan berarti kalian tidak bisa melanjutkan. Ada beberapa cara menarik dan tips untuk mengejar ketinggalan materi dalam kelas:

  • Bertanya Kepada Teman

Sumber gambar : Ricky Iswanto

Bertanya kepada teman merupakan salah satu bentuk mencari informasi apakah ada materi yang sudah diberikan selama belajar ketika kalian tidak masuk sekolah. Segera bertanyalah kepada teman-teman kalian tentang materi yang tertinggal. Teman kalian dapat membimbing dan membantu mengejar materi yang tertinggal, ketika sedang   berada dalam kesusahan karena ketinggalan pelajaran, memiliki teman dapat membantu kita dalam mengejar materi yang ketinggalan. 

  • Buat Catatan

Sumber gambar : Ricky Iswanto

Catatlah materi yang diberikan di kelas sebanyak mungkin walaupun kalian tidak mengerti materinya. Catatan akan membantu kalian nanti saat mengulang pelajaran. Tak hanya itu, catatan juga akan membantu saat kalian meminta bimbingan dari teman atau guru. Ketika sedang tertinggal oleh pelajaran kalian bisa melihat catatan materi kalian supaya mengingat apa saja materi yang sudah tertinggal sebelumnya.

  • Pelajari Secara Berulang

Belajar yang efektif adalah sesuatu hal yang harus dilakukan untuk mengingat materi yang tertinggal, membiasakan diri sedikit demi sedikit tetap harus rajin mengulang pelajaran sebelumnya. Pengulangan akan memperkuat daya ingat khususnya dalam mempelajari mata pelajaran yang memerlukan kemampuan daya ingat, setelah itu catat materi yang tertunda atau tertinggal dan lakukanlah sesuatu dengan cara mempelajari secara berulang, itu akan membuat kalian mengingat materi yang sudah tertinggal.

Penulis : Zahara Salsabila | Politeknik Negeri Media Kreatif

 

Leave A Comment