WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tertarik Bekerja di BUMN? Simak Pilihan Jurusan Kuliah Ini!

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA/SMK, wajib mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah yang akan kamu pilih nanti. Memilih jurusan harus dipikirkan sebaik mungkin karena masa depan kamu ditentukan oleh tanganmu sendiri.  Ada beberapa alasan dalam memilih jurusan kuliah, salah satunya dengan melihat jenjang karir lulusan tersebut.

Pentingnya memilih jurusan kuliah dengan melihat prospek kerja atau jenjang karir akan mempermudah dalam mencari lowongan kerja misalnya jurusan yang bisa bekerja di dunia BUMN. Siapa sih yang gak tertarik bekerja di perusahan BUMN? Jelas itu merupakan impian bagi semua orang yang berkesempatan mendapat pekerjaan di perusahaan BUMN. Bayangkan gaji, tunjangan serta fasilitas pendukung yang ditawarkan sangat menggiurkan. Yuk tanpa basa-basi simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa pilihan jurusan yang dibutuhkan di perusahaan BUMN.

  1. Semua Jurusan di Fakultas Ekonomi

Sejak dulu hingga sekarang, fakultas ekonomi merupakan fakultas favorit karena banyak orang yang tertarik dengan prospek kerja lulusan fakultas ini. Beberapa jurusan dari fakultas ini yang dibutuhkan oleh perusahan misalnya jurusan akuntansi, jurusan manajemen, jurusan ilmu ekonomi, jurusan perbankan dan masih banyak lagi. Kebutuhan tenaga ahli dalam bidang ekonomi semakin besar di sebuah perusahaan termasuk BUMN.

Misalnya jurusan akuntansi diperlukan untuk mengatur keuangan perusahaan mulai dari perencanaan keuangan, menghitung rugi laba, pemasukkan serta pengeluaran perusahaan. Mengingat lulusan ini teliti, cermat, dan bisa diharapakan dalam mengatur keuangan perusahaan.

  1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari dasar ilmu komunikasi. Bila dikaitkan mengenai bisnis dalam sebuah perusahaan, jurusan ini akan membantu hubungan komunikasi dalam perusahaan baik antar pegawai atau antar perusahaan.

Lulusan jurusan ilmu komunikasi akan dijadikan sebagai HRD yang jelas dibutuhkan seseorang pegawai jurusan ini disetiap perusahaan salah satunya perusahaan BUMN. Oleh sebab itu, jurusan ini bisa masuk dalam bidang apa pun di perusahaan BUMN misal bidang perbankan,  pariwisata, pertambangan dan masih banyak lagi.

  1. Jurusan Ilmu Hukum

Perusahaan BUMN juga membutuhkan lulusan jurusan ilmu hukum. Segala persoalan hukum yang dihadapi bermacam lapisan masyarakat dan perusahaan membutuhkan tenaga profesional dibidang hukum termasuk di area lingkup perusahaan BUMN. Contohnya masalah mengenai pembangunan sebuah proyek, tentu membutuhkan permohonan perijinan dalam menjalankan sebuah proyek. Banyaknya kesempatan bagi lulusan hukum yang bisa bekerja di perusahaan BUMN. Ada beberapa profesi yang bisa dijadikan jenjang karir lulusan ini misal konsultan, pengacara sebuah perusahaan, hingga sebagai legal staff.

  1. Jurusan Teknik Informatika

Teknologi berkembang dengan pesat sehingga membutuhkan tenaga profesional khususnya jurusan teknologi informatika. Bagi kamu yang menyukai dunia teknologi, jurusan ini bisa dijadikan sebagai pilihan karena jenjang karir yang luas. Kebutuhan tiap perusahaan semakin meningkat, mengingat teknologi tidak lepas dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam jurusan ini akan mempelajari mengenai dasar ilmu komputer, pengembangan serta pengujian sebuah software, dan sistem operasi. Selain itu, jurusan ini akan membuat dan mengembangkan aplikasi atau program penunjang yang sesuai dengan perusahaan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan BUMN dengan melamar sebagai pegawai programmer IT, software engineer dan developer, serta bertanggung jawab dalam keamanan sistem dan jaringan perusahaan.

  1. Jurusan Psikolog

Salah satu pekerjaan dari lulusan psikolog yaitu sebagai HRD. Pekerjaan ini berkaitan langsung mengenai sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Tak heran, banyaknya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk jurusan ini termasuk perusahaan BUMN karena lulusan jurusan ini bisa membantu menangani persoalan perilaku manusia terutama dalam dunia kerja.

  1. Jurusan Teknik Sipil

Berkembangnya perekonomian di Indonesia diikuti berbagai pembangunan khususnya infrastruktur. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga ahli dalam bidang teknik sipil. Jangan khawatir mengenai prospek kerja jurusan ini karena sangat dibutuhkan terutama dalam pembangunan . Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, tentu kamu wajib memiliki kesukaan dalam bidang desain dan menguasai ilmu matematika serta fisika karena keduanya merupakan dasar dalam mempelajari jurusan teknik sipil.

Jurusan ini akan mempelajari mulai dari merancang, membangun hingga merenovasi infrastruktur seperti gedung, perluasan jalan, flyover, jembatan hingga bendungan. Jenjang karir lulusan ini sangat menjanjikan, dilihat perannya yang penting dalam memajukkan pembangunan negara, kamu bisa bekerja di perusahaan BUMN yang berfokus pada bidang properti maupun konstruksi.

  1. Jurusan Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia bisa dibilang jurusan yang peminatnya terbilang sedikit. Padahal peluang kerja yang ditawarkan jurusan ini sangat besar. Beberapa produk yang kita pakai sehari-hari dihasilkan dari berbagai macam proses zat kimia  misalnya plastik, produk makanan, hingga produk farmasi. Oleh karena itu, jurusan ini sangat dicari oleh perusahaan terutama perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang industri kimia diantaranya yaitu industri farmasi, perminyakan, pertambangan dan masih banyak lagi.

Nah itu beberapa penjelasan mengenai jurusan yang dibutuhkan oleh perusahaan BUMN.  Sebenarnya masih banyak pilihan jurusan lainnya yang mungkin bisa kamu cari sesuai dengan minat kamu. Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin bekerja di BUMN dan memberikan bayangan bagaimana prospek kerja berdasarkan jurusan yang kamu pilih.

Penulis: Aprilia Puspitaningrum – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment