WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ternyata Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar CPNS!

Haii Sunners, siapa di antara kalian yang kepengen untuk menjadi PNS ? Pasti ada kan?

Tahukah kalian bahwa Seleksi CPNS 2021 tidak hanya untuk lulusan sarjana saja lho, tapi juga untuk lulusan SMA/SMK/MA?

Jadi Sunday kali ini ingin sharing nih bagi Sunners yang berminat untuk menjadi seorang PNS tapi bingung cara mendaftarnya dan bingung dalam memilih formasi yang akan dipilih nantinya. Perlu Sunners ketahui, tidak semua formasi atau departemen menyediakan lowongan untuk lulusan SMA/SMK/MA ya, di sini Sunday akan memaparkan informasi departemen apa yang tersedia untuk lulusan SMA/SMK/MA.

Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dikabarkan mundur. Yang awalnya direncanakan bulan April hingga Mei, mundur jadi bulan Juni 2021. Nah, meski pembukaan CPNS 2021 belum berlangsung, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan:

Berikut syarat pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA/SMK/MA:

1. Berkelakuan baik.
2. Bebas narkoba Warga Negara Indonesia (WNI).
3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
4. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
5. Tidak pernah dipidana (dengan pidana penjara) karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri maupun diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota kepolisian RI, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta.
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, Prajurit TNI atau anggota Kepolisian RI.
8. Bukan siswa ikatan dinas pemerintah.
9. Memiliki nilai dalam ijazah atau NEM, SKHU dan lain-lain yang setara dengan ijazah atau Surat Tkamu Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol nol).
10. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat kegiatan politik praktis.
11. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang disyaratkan.
12. Dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar.
13. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI maupun wilayah negara lain.

Berikut merupakan daftar formasi atau departemen yang menerima lulusan SMA/SMK/MA, mengacu pada data pendaftaran CPNS 2019 :

1. Kemenkumham

Formasi pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA/SMK di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya Formasi Kemenkumham membuka lowongan CPNS terbesar bagi lulusan SMA dan SMK.

2. Kejaksaan Agung

Berdasarkan data Kejaksaan Agung Republik Indonesia terdapat 2.000 formasi pada pendaftaran CPNS 2019 bagi lulusan SMA sederajat. kamu bisa memantau informasi terbaru di https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

3. KLHK

Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka formasi bagi SMK.
Berdasarkan pengumuman KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019, terdapat 80 formasi bagi SMK, kemungkinan seleksi CPNS 2021 akan membuka kembali.

Adapun jabatan bagi SMK yakni hanya diperuntukkan pada jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan. Untuk informasi, kamu bisa mengunjungi website resmi di https://ropeg.menlhk.go.id.

4. Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka lowongan CPNS bagi pelamar lulusan SMA. Pada seleksi CPNS 2019, Kementan membuka 45 formasi.
Informasi lebih lengkap, kamu dapat mengunjungi laman resmi Kementan: https://cpns.pertanian.go.id.

5. Kemendikbud

Lowongan CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi lulusan SMA/SMK. Hal ini tertulis pada keputusan resmi Mendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendikbud Tahun 2019.

Kemendikbud membuka 11 formasi untuk 3 jabatan, yakni Pengadministrasi Keuangan 3 formasi, Teknisi Laboratorium 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran 6 formasi. Info selengkapnya bisa dicek di laman Kemendikbud: https://cpns.kemendikbud.go.id.

6. BIN

Lowongan CPNS di Badan Intelijen Negara (BIN) terdapat 200 formasi bagi lulusan SMA sederajat. Adapun jabatannya, yakni Pranata Komputer Pelaksana Pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

 

Ahmad Rizki R – Polmed

Leave A Comment