Majalah Sunday

Tempat Nugas
Kelompok Dikala Pandemi

Penulis: Kontributor Majalah Sunday
Editor: Husna Raharjo – Universitas Kristen Indonesia

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi tempat nugas kelompok dikala pandemi. Kami mau kasih rekomendasi ini karena PSBB udah balik ke transisi lagi nih Sunners!. Siapa nih yang udah mulai jalan-jalan santai bareng kawan-kawan kalian? Baiknya sih memang #dirumahaja dulu selama statistik kasus baru covid-19 masih belum stabil. Tapi seandainya mau refreshing sejenak setelah berbulan-bulan nggak keluar rumah, nggak masalah kok, toh pikiran kita juga perlu penyegaran. Selama kegiatan yang dilakukan di luar rumah itu senantiasa menaati protokol kesehatan dan tidak terlalu sering, kemungkinan besar kamu akan tetap aman.

Kira-kira Tempat Nugas Kelompok yang Enak Di mana ya?

Di antara banyaknya mata pelajaran yang diampu saat sekolah, khususnya anak SMA, sepertinya tugas-tugas yang bertubi-tubi sulit untuk dihindari. Tidak jarang pula ada beberapa mata pelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja secara kelompok. Kerja kelompok memang bisa dilakukan via daring, namun ada beberapa tugas kelompok yang agak memaksa para siswa bertatap muka langsung dengan rekan kerjanya untuk menyelesaikan PR tersebut.

pandemi covid

Pict by Unsplash.com

Misalnya untuk materi olahraga, siswa seringkali diperintahkan untuk membuat video yang berkaitan dengan materi yang sedang diajar. Kurang kondusif sepertinya untuk merekam video olahraga di dalam rumah, apalagi jika materi tersebut benar-benar tidak memungkinkan untuk direkam di dalam rumah, seperti misalnya materi sepak bola, bulu tangkis, tolak peluru, dan lain-lain. Selain mata pelajaran olahraga, beberapa mata pelajaran lainnya juga ada yang mengharuskan kerja berkelompok bertatap muka langsung, sebab tingkat kesulitan tugas mungkin lebih rumit untuk dikerjakan melalui daring.

Wah, kalau sudah seperti itu bagaimana nih Sunners? Meski terpaksa harus bertatap muka langsung, kalian masih bisa bekerja kelompok dengan aman dan nyaman kok. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat-tempat terbaik untuk bekerja kelompok selama pandemi, antara lain :

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi #1: Di Rumah Teman Sekelompok

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi​

Pict by Unsplash.com

Di rumah teman sekelompok itu memang yang paling enak. Biasanya rumah teman sekelompok yang dipilih itu rumah yang paling dekat ke semua anggota kelompok, yang jaraknya paling strategis. Bisa dibilang dalam rumah adalah tempat yang paling aman dan nyaman untuk belajar kelompok. Tidak ada aturan khusus, tidak ada pengunjung lain alias tempat privat, tertutup dari lingkungan luar, cuma ramai sama kamu dan kawan-kawan aja deh pokoknya. Kalau beruntung kamu juga bakal dapet cemilan lho dari Si Tuan Rumah, tapi kerjain beneran ya Sunners, jangan malah sibuk ngemil, hehe?

Walaupun nggak ada aturan khusus kayak di tempat-tempat umum, jangan lengah sama protokol kesehatan ya Sunners, terutama selama dalam perjalanan. Jangan sampai kelalaianmu menimbulkan dampak buruk bagi penghuni rumah dan teman-temanmu.

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi #2: Di Sekolah

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi​

Pict by Unsplash.com

Kok di sekolah sih? Kita aja kan sekolah online?

Beberapa sekolah mengizinkan para siswa untuk memakai fasilitas di sekolah asal memang benear-benar dipergunakan untuk kerja kelompok. Fasilitas seperti lapangan, koridor, ruang kelas biasanya diperbolehkan untuk diakses oleh siswa mengingat tugas tersebut juga merupakan tuntutan dari sekolah. Tentu saja kapasitas siswanya terbatas ya, dan tetap dalam pemantauan dari yang bersangkutan. Salah satu anak SMA asal Jakarta, Anjani Bilbina (16) mengaku sekolahnya mengizinkan berlangsungnya kegiatan kerja kelompok di sekolah.

“Boleh, biasanya tuh guru yang bersangkutan udah koordinasi duluan ke satpam yang jaga, biar dibolehin,” terang Anjani.

Anjani juga menambahkan kalau saat itu ia beserta teman kelompoknya meminjam lapangan sekolah untuk mengerjakan tugas penjaskes yang mana materi saat itu adalah bulu tangkis. Ia menjabarkan kalau sekolah adalah tempat yang paling strategis bagi Anjani dan teman-temannya, juga di sekolah terpadat fasilitas lapangan yang mereka butuhkan. Selain itu kerja kelompok ini mengharuskan tatap muka langsung, karena tugas materi bulu tangkis dari guru mereka membutuhkan lebih dari satu orang atau berpasangan dalam mengerjakannya. Pengerjaan bersama ini dilakukan karena harus bergantian saat mengambil rekaman video masing-masing pasangan atau kelompok.

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi #3: Di Perpusnas RI

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi​

Perpustakaan yang terletak di pusat kota ini bisa jadi salah satu pilihan kamu dan kawan-kawan. Soal fasilitas, di sini udah paling lengkap lah pokoknya Sunners. Banyak banget spot yang bisa kamu jadikan tempat belajar, saking banyaknya mungkin di setiap sudutnya bisa deh?. Suasana di Perpusnas ini relatif sunyi, tenang banget pasti buat kamu yang perlu konsentrasi penuh saat belajar atau mengerjakan sesuatu. Kalau kamu nggak suka yang terlalu tenang juga ada kok spotnya yang cukup interaktif satu sama lain, tinggal kamu pilih aja mau di lantai berapa.

Keamanan protokol kesehatan di sana sudah sangat mumpuni loh, jadi nggak perlu khawatir. Ada fasilitas kantin juga, terus transportasi menuju ke perpusnas juga banyak, salah satunya perpus ini bisa dijangkau oleh Transjakarta. Jam bukanya selama pandemi mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Kalau penasaran, bisa cek-cek dulu web Perpusnas Ri-nya langsung ya Sunners.

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi #4: Di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

Tempat Nugas Kelompok dikala Pandemi​

Pict by arsitag.com

Kalau kalian lebih suka suasana belajar di ruang terbuka sambil melihat dedaunan hijau yang memancarkan udara segar, RPTRA bisa jadi salah satu pilihan. Semenjak PSBB transisi resmi dilakukan, RPTRA di kelurahan-kelurahan di Jakarta sudah mulai dibuka kembali. Disetiap RPTRA biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti, lapangan, jogging track, ruang belajar, saung, dan permainan anak.

Semua RPTRA juga dilengkapi oleh fasilitas cuci tangan serta kamar mandi. Selama pandemi RPTRA buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore dengan jumlah pengunjung yang dibatasi. Oiya, di RPTRA juga ada dilengkapi oleh jaringan wifi yang cukup cepat lho, lumayan banget kan Sunners!

Nah sekarang Sunners udah nggak bingung lagi kan mau kerja kelompok dimana setelah dapat beberapa rekomendasi tempat kerja kelompok dari Sunday? 

 

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 5,442
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?