WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

TBSM vs TKRO

Hai Sunners!

Gimana nih keadaan kamu hari ini? Semoga harimu selalu baik, ya.

Bagi beberapa orang mungkin mereka masih asing dengan jurusan TBSM dan TKRO. Jurusan tersebut memang belum ada banyak di Indonesia, tapi beberapa SMK juga sudah membuka jurusan TBSM dan TKRO, lho.

Nah, di kesempatan kali ini, yuk coba kita bahas mengenai jurusan tersebut.

 

Apa itu TBSM?

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor atau yang biasa disebut TBSM merupakan salah satu cabang ilmu teknik mesin otomotif yang dikhususkan untuk mempelajari kendaraan roda dua khususnya sepeda motor. 

Di jurusan TBSM ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat, merancang, dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin. 

Pada kegiatannya, TBSM membutuhkan kemampuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, ipa dan manajemen. Wahh, banyak juga, ya kemampuan yang dibutuhkan. 

Lulusan jurusan TBSM diharapkan agar mampun membongkar, memperbaiki, dan mengganti seluruh sistem otomotif sepeda motor, mengidentifikasi jenis kerusakan dari seluruh sistem otomotif sepeda motor, serta diharapkan mampu memberikan jasa pelayanan pemeliharaan dan perbaikan di bidang otomotif sepeda motor. 

 

Apa itu TKRO?

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif atau TKRO adalah bidang ilmu yang mempelajari alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Di jurusan TKRO, kompetensinya dikhususnya untuk kendaraan roda 4, baik itu untuk mobil penumpang ataupun mobil niaga.

Di jurusan ini, kamu akan mempelaji tentang teknologi dasar otomotif, pekerjaan dasar teknik otomotif, gambar teknik, pemeliharaan mesin kendaraan ringan, pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga kendaraan ringan, serta pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dan produk kreatif dan kewirausahaan.

Lulusan jurusan TKRO nantinya bisa menjadi teknisi, modifikator, bekerja di perusahaan otomotif, ataupun berkecimpung di dunia otomotif.

Nah, itu dia tadi sedikit penjelasan mengenai jurusan TBSM dan TKRO. Keduanya bergerak di bidang otomotif dan bisa dibilang mempelajari hal-hal yang sama, yang membedakan adalah, bila TBSM lebih difokuskan untuk kedaraan roda 2, dan TKRO difokuskan untuk kendaraan roda 4.

 

Gimana? Sudah bisa menentukan pilihan di antara keduanya?

 

Andi Bulan Maghfira-Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment