WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi [Review Buku Fiksi]

Cover Book "Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi" by Boy Candra

“Cinta sesederhana hujan yang jatuh ke bumi, meski terhempas ia akan tetap jatuh.”

Halo, Sunners! Kalian pernah nggak, sih, merasakan yang namanya cinta segitiga? Wah, kalau dipikir-pikir masa remaja itu memang masanya kita dipersulit oleh perasaan, ya. Ada sedih dan bahagia, ada cemburu juga ketulusan. Namun, nggak jarang juga ada yang merasakan namanya friendzone. Perasaan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja meski kita tidak memintanya.

September lalu melalui akun instagramnya, netflix.id menampilkan poster film Seperti Hujan Yang Jatuh ke Bumi yang akan tayang di Netflix pada tanggal 15 Oktober 2020. Film ini diperankan oleh Aurora Ribero sebagai Nara, Jefri Nichol sebagai Kevin, dan Axel Matthew sebagai Juned. Penasaran bagaimana ceritanya? Eitss, sebelum nonton filmnya, yuk, kita review sedikit cerita di dalam novelnya!

Judul Buku : Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Penulis : Boy Candra

Penerbit : Mediakita

Tahun Terbit : 2016

#REVIEW

Novel best seller karya Boy Candra ini menceritakan kisah seorang lelaki bernama Juned yang patah hati karena kekasihnya, Elya, menyudahi hubungan mereka dengan alasan Elya dihamili oleh Ikmal, sahabatnya Juned. Padahal Juned sangat menjaga Elya dan menganggap Elya adalah perempuan yang menempati tingkat teratas dari cara Juned mencintai. Ia benar-benar tidak menyangka pengkhianatan bersembunyi di balik cerita-cerita baik yang dia miliki. Apalagi pengkhianatan itu dilakukan oleh kedua manusia yang ia anggap terbaik dalam hidupnya. Tetapi akhirnya emosi Juned mereda ketika ia menyadari betapa sayangnya sang Ibu kepadanya.

Sedangkan di sudut cerita lain, novel ini mengisahkan seorang lelaki bernama Kevin yang suka membaca novel percintaan tetapi entah mengapa ia tetap saja dingin kepada perempuan. Tetapi sikap dinginnya itu tidak berlaku untuk gadis bernama Nara Senja yang sudah menjadi teman spesialnya sejak kecil. Hingga suatu ketika, Nara dipertemukan oleh Juned dan menjalani hubungan sebagai sepasang kekasih, sedangkan Nara memaksa Kevin untuk menerima cinta Tiara yang sangat mencintainya tak peduli seberapa dinginnya Kevin terhadapnya.

Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi adalah novel yang penuh dengan emosi tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan, kesetiaan, ketulusan, kesedihan, dan kebahagiaan. Novel remaja dengan genre romance yang alurnya disusun semanis mungkin sehingga pembaca mudah mengerti dan terbawa perasaan oleh kisah cinta segitiga antara Kevin, Nara, dan Juned juga kisah friendzone antara Nara dan Kevin. Selain
itu, novel ini menyisipkan beberapa quotes indah yang bisa kamu kutip pada postingan atau story di Instagram, tweet di Twitter, atau posting di platform social media lainnya.

Melalui pengisahan yang menggunakan sudut pandang orang ketiga (serba tahu), penulis memaparkan kisah ini dengan bahasa yang mudah dipahami dan dapat dimaknai sendiri oleh pembacanya. Bahkan Boy Candra, penulis novel ini mengaku bahwa Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi adalah salah satu novelnya yang mendapat respon sangat baik dari para pembacanya. Karena ceritanya yang menarik dan mengundang emosi pembaca, novel ini bisa jadi rekomendasi untuk menemani hari-hari kalian selama di rumah aja, nih, Sunners! Apalagi buat kalian yang sedang dilanda asmara juga, hehe.

Tunggu apalagi? Yuk, baca novelnya sebelum kalian nonton filmnya.

Oleh Lina Rufaidah
Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment