WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Selamat Tinggal untuk Cheetos, Lays dan Doritos

Gambar: Dok. Cheetos Museum

Sunners pasti udah denger kan kalau Cheetos, Lays dan Doritos akan berhenti produksi di Indonesia?

Ya, informasi ini benar Sunners! Cheetos, Lays dan Doritos memang akan berhenti produksi sejak Agustus 2021 hingga tiga tahun ke depan, yakni 2024.

Hal ini terjadi setelah PT. Indofood Fritolay Makmur (IFL) membeli seluruh saham Fritolay Netherlands Holding B.V (Fritolay) selaku afiliasi dari PepsiCo.

Sehingga Fritolay, PepsiCo atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan di Indonesia yang dapat bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun.

Ini artinya, beberapa produksi PepsiCo yang dipasarkan di Indonesia seperti Cheetos, Lays dan Doritos harus berhenti.

Menjadi Trending Topic di Twitter

Pemberitaan tentang Cheetos, Lays dan Doritos yang pamit produksi sukses memunculkan banyak respon pengguna media sosial.

Di media sosial Twitter, Lays dan Cheetos menjadi salah satu trending topic. Sejak ramai diberitakan, Twitter mencatat kata Lays telah disebut lebih dari 28.000 kali, sedangkan Cheetos lebih dari 14.000 kali.

Banyak pengguna media sosial yang sedih dan menyayangkan ketiga snack ini harus berhenti produksi di Indonesia.

Farewell Cheetos, Lays, Doritos: Mengenang Melalui Iklan

Ada fakta unik tentang Lays nih Sunners. Ternyata Lays menjadi makanan ringan pertama yang mengiklankan produknya di televisi lho. Iklan tersebut ditayangkan tahun 1944 setelah Lays membentuk nama perusahaan Lay’s Potato Chips.

Lays kemudian menjadi pelopor perusahaan makanan ringan lainnya dalam mengiklankan produk di televisi hingga saat ini.

Ngomongin soal iklan, kali ini Sunday mau ajak Sunners mengenang beberapa iklan dari Cheetos, Lays dan Doritos yang dulu pernah hadir dan mewarnai perjalanan ketiga snack ini. Cekidot!

Cheetos yang direbutkan oleh beberapa anak, menunjukan mereka bisa menjadi favorit anak-anak.

Dengar kata Lays, tentunya yang kita ingat adalah iklan dimana seseorang memegang bungkus Lays berwarna hijau dan memakannya dengan nikmat dan terlihat renyah.

Nah kalau iklan Doritos yang satu ini berasal dari negara luar. Menurut Sunday, ide dalam iklan tersebut sangat menarik dan lucu lho Sunners.

Gimana Sunners, pasti bakalan kangen kan kalo ngeliat iklan-iklan yang Sunday kasih? Selain iklannya yang bagus dan menarik, rasa dari Cheetos, Lays dan Doritos emang bikin gak bisa move on ya Sunners!

Alternatif dan Harapan Manajemen PepsiCoΒ 

Dikonfirmasi manajemen PepsiCo, pihaknya membenarkan tidak akan memproduksi, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia selama tiga tahun.

Walaupun penghentian produksi hanya berlaku selama tiga tahun, PepsiCo tak dapat memastikan apakah Cheetos, Lays dan Doritos akan langsung dipasarkan lagi setelah 2024.

Namun pihaknya menilai bahwa Indonesia memiliki prospek industri makanan ringan yang kuat.

PepsiCo akan terus menawarkan produk Quaker Oat di Indonesia dan berharap dapat kembali ke pasar Indonesia dengan produk seperti Cheetos, Lays dan Doritos sesegera mungkin untuk menciptakan lebih banyak senyuman di setiap gigitannya.

Menarik ya Sunners! Patut kita tunggu setelah 2024 apa saja terobosan makanan ringan terbaru dari PepsiCo ini!Β 

 

Dionisius Arya, Universitas Kristen Satya Wacana.

2 comments

  1. Elvira

    Sayang banget ya penjualan lays, cheetos, doritos bakal berhenti, padahal itu termasuk cemilan yg banyak peminatnya termasuk aku, bakal kangen banget kalo nanti udah ga di produksi lagi.

    1. Editor

      iyayaa…hiks mimin juga bakal kangen nih

Leave A Comment