Majalah Sunday

Selalu Salah di Mata Pasangan, Harus Bagaimana?

Penulis: Tomi – UKI
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Kita semua pasti setuju ketika memiliki pasangan maunya yang sama-sama pengertian, setia, dan sabar. Tapi, bagaimana jadinya jika apa yang sudah kita lakukan selama ini ternyata dinilai selalu salah di hadapan pasangan?

Hasrat kita seringkali pada sosok pasangan yang ideal baik dari karakter dan ciri-ciri fisik. Memang ada beberapa orang juga yang memiliki pilihan berbeda dari yang lain seperti, ada seorang yang mencintai pasangan yang pemarah, tetapi ada juga yang mencintai pasangan yang pendiam. Akan tetapi, dari kebanyakan orang sangat mengutamakan yang pasangan yang sempurna baik sikap maupun fisik.

Cara Menyikapi Sikap Pasangan yang Menilai Kita Selalu Salah di Hadapannya

Tidaklah sulit untuk setia dan sabar terhadap pasangan yang selalu mau menang sendiri. Kita mesti bersyukur jika selalu terlihat serba salah terhadap pasangan kita. Kenapa harus bersyukur? Karena itu adalah awal proses kita dibentuk untuk semakin lebih dewasa sebelum menikah atau hidup bersama selamanya. Selain itu, jika memang kritiknya bermutu, kita akan makin berkembang jadi pribadi yang lebih baik 

Lalu apa yang seharusnya kamu perbuat atau lakukan bila pasangan selalu menyalahkanmu? Yuk, disimak tipsnya, ya, Sunners!

1. Minta Maaf Terlebih Dahulu dan Ikuti Kemauannya

Apakah harus minta maaf dahulu, bukankah dia yang salah? Biasanya ada dua kekhawatiranmu ketika hendak memaafkan pasangan terlebih dahulu. Pertama, dia bisa saja semakin sombong karena kita selalu mengalah dan minta maaf dan akan selalu merasa jika akan selalu termaafkan. Kedua, dia nantinya menganggap kamu orang yang tidak punya pendirian.

Maksud dari meminta maaf terlebih dahulu dengan mengikuti keinginan di sini adalah agar ia bisa melihat bahwa kita sebetulnya menginginkan yang terbaik walaupun seringkali mereka tidak sadar, tetapi hal ini akan ia ingat ketika dia berada dalam kesendirian. 

solusi jika selalu salah di hadapan pasangan adalah dengan minta maaf

Minta maaf lebih dulu bukan berarti kamu benar-benar salah. Lakukan dan ikuti kemauan pasanganmu agar hubunganmu tetap baik-baik saja, pict by canva.com

2. Melakukan Pendekatan Agar Saling Menenangkan

Ceritakan saja apa yang membuatmu tidak nyaman sehingga membuatmu dan pasanganmu sering salah paham. Entah itu masalah keluarga, pelajaran, hubungan asmara kalian atau hal apapun itu.

Setelah kita curhat, biasanya ia juga akan mulai curhat. Kalau dia diam atau membalas marah, tidak mengapa kamu bilang bahwa kamu juga perlu ketenangan dan jangan berikan ruang untuk responmu padanya, cukup bilang kamu dan dia perlu sama-sama tenang dan sendiri untuk sementara waktu. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesali atas apa yang telah terjadi karena kamu sudah berusaha menjadi yang terbaik lewat berbagi cerita dari sisimu. 

agar tidak selalu salah di hadapan pasanganmu, lakukanlah pendekatan padanya

Dengarkan penjelasan dari kedua belah pihak agar tidak saling menyalahkan, pict by canva.com

3. Selalu Berkomunikasi dengan Pasanganmu

Cobalah untuk selalu bertukar kabar dalam situasi atau hal yang berbeda. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa tidak ada masalah besar yang sedang dihadapi. Ini bukan untuk berpura-pura, tapi agar aura positif juga menguasai batinmu, sehingga benar-benar membentuk hari yang baru. 

komunikasikan permasalahan yang dihadapi agar tidak selalu salah di hadapan pasanganmu

Komunikasikan segala permasalahan yang dihadapi agar hubungan tidak meregang pict by canva.com

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya tidak ada pasangan yang begitu sempurna, dan kebahagiaan seseorang bukan bergantung dari pasangannya, melainkan harus lahir dari dirinya sendiri. Tentu kita bisa berusaha melakukan hal baik kepada pasangan kita, tapi jika dia terus-terusan menyalahkanmu sampai toxic, dan kamu sadar kritiknya tidak berdasar atau tidak membangun, saatnya mengevaluasi kelanjutan hubungan kalian.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,016
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?