WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Review Kampus: Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

 Di masa pandemi seperti ini tentu mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan di luar, oleh karena itu beberapa aktivitas pun menjadi terganggu. Termasuk aktivitas belajar mengajar di sekolah pun menjadi terhambat sehingga diadakanlah school from home. Para siswa pun terkena dampak dari pandemi ini, khususnya siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan memasuki dunia kampus. Para siswa senior harus memilih dan menentukan kampus mana yang akan di tuju. Jika sebelumnya kalian dapat mengetahui informasi mengenai kampus-kampus mana yang akan menjadi kandidat kampus pilihanmu melalui edu fair atau campus tour, maka di saat pandemi seperti ini hal tersebut tidak bisa dilakukan. Untuk itu Sunday hadir dengan #ReviewKampus untuk membantu kalian menemukan dan mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampus-kampus yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

 Kampus pertama yang akan kita review adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Rawamangun, Jakarta Timur. Yup! Kampus ini adalah UNJ alias Universitas Negeri Jakarta. Kampus yang beralamatkan di Jl. Rawamangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur ini berdiri sejak 4 Agustus 1999. Sebelum berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta, kampus ini bernama IKIP Jakarta yang didirikan pada  16 Mei 1964. Melalui Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Jakarta resmi berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara.

Apa yang pertama kali muncul di kepalamu saat pertama kali mendengar Universitas Negeri Jakarta? Mayoritas orang akan langsung terkoneksi bahwa UNJ merupakan kampus pendidikan. Ya, UNJ memang sebuah kampus yang sebagian besar jurusan dan prodinya adalah pendidikan. Kamu berminat untuk kuliah di UNJ? Berarti kamu harus baca artikel ini sampai selesai!

Menurut seorang alumni, Alva, UNJ memiliki suasana kampus yang cukup bagus. Banyak pepohonan yang ada di sekitar gedung-gedung kampus sehingga menambah suasana yang teduh dan nyaman. Untuk fasilitas gedungnya sendiri sebenarnya sudah cukup bagus, namun memang terdapat kekurangan pada gedung-gedung yang terletak di bagian belakang UNJ. “Gedung yang berada di bagian belakang tersebut merupakan bangunan lama yang sudah tua sehingga mahasiswa yang menempati gedung tersebut merasa kurang  nyaman, selain itu, jika dilihat dari jauh penampakan bangunan-bangunan tersebut terasa kurang estetik,” ujar seorang mahasiswa semester 8 bernama Ara. Namun saat ini pihak UNJ sedang melaksanakan renovasi di beberapa gedung.

Image result for unj.ac.id

Kampus ini terletak di lokasi yang cukup strategis. Akses jalan menuju UNJ bisa dibilang sangat mudah karena terdapat halte TransJakarta UNJ yang terletak tepat di depan gerbang pintu belakang UNJ, tepatnya di Jalan Pemuda, dan halte TransJakarta Utan Kayu Rawamangun yang berjarak hanya beberapa meter dari gerbang utama UNJ di Jalan Rawamangun Muka. Selain transportasi yang mudah, UNJ juga dekat dengan pasar dan Mal Arion sehingga memudahkan mahasiswa untuk membeli kebutuhan atau sekadar hang out di mal.

Bagi kamu yang rumahnya jauh, jangan khawatir karena untuk menemukan kos-kosan di sekitar UNJ sangat mudah sekali. Kamar kos yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari yang berharga murah sampai yang mahal, ada juga kos yang dikhususkan untuk wanita saja atau khusus pria saja, dan ada juga yang campur. Bagi kamu yang ingin memiliki kenyamanan lebih, di sekitar UNJ juga terdapat apartemen murah yang bisa kamu sewa. Jadi, tinggal sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Terdapat 7 fakultas yang ada di UNJ, yaitu: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)

Saat ditanya mengenai keunikan dari salah satu jurusan/prodi yang ada di UNJ, serorang alumni mahasiswa bernama Rosa mengungkapkan bahwa salah satu keunikan yang dilakukan oleh alah satu prodi yang ada di UNJ, prodi Sastra Indonesia yaitu menampilkan pertunjukan seni teater sebanyak empat kali dalam setahun. Jika kamu menyukai pertunjukan seni, terutama teater, kamu bisa bergabung dengan grup teater UNJ, Teater Zat. Jika kamu tertarik dengan dunia broadcasting, kamu bisa gabung dengan Era FM, radionya anak UNJ. Selain itu, bagi kamu yang tertarik pada dunia jurnalistik, ada juga Sigma TV. Tentunya masih banyak lagi organisasi-organisasi kemahasiswaan lainnya yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

 

Image result for unj.ac.id

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa, kamu bisa gabung dengan AIESEC In UNJ. AIESEC merupakan cabang dari salah satu organisasi non-profit internasional yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan para pemuda. Alva, seorang alumni UNJ, dan juga Ara, seorang mahasiswa semester 8 pernah pengikuti organisasi ini. Menurut penuturan Ara, selama mengikuti program pertukaran mahasiswa di Thailand, ia berkesempatan untuk mengajar bahasa Inggris di salah satu sekolah lokal yang ada di sana selama enam minggu. Sedangkan Alva, mengikuti program pemberdayaan wanita selama kurang lebih enam sampai delapan minggu yang diselenggarakan oleh AIESEC pada tahun 2017 lalu di Chennai, India. Jika kamu ingin punya pengalaman serupa, kamu bisa bergabung bersama AIESEC. Pihaknya akan melakukan sesi wawancara dan test terlebih dahulu sebelum memutuskan kamu bisa bergabung dengan AIESEC.

Image result for unj.ac.id

Gimana? Seru, kan? Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Universitas Negeri Jakarta, kamu bisa buka situs jaringannya di www.unj.ac.id 

 

oleh: Elfrida Sakti

Leave A Comment