Majalah Sunday

Review Kampus: Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Penulis: Moses Robinsar – Universitas Kristen Indonesia

Hai Sunners! Kita kembali lagi ke topik review kampus! Kali ini, kami mau membahas Universitas Kristen Indonesia (UKI)! Jadi, jika beberapa dari kalian tertarik, yuk, kenalkan kalian sendiri dengan Universitas Kristen Indonesia!

Selama kalian sekolah, pasti Sunners sudah pernah berpikiran; “Setelah lulus, aku mau melanjutkan kuliah dimana ya?”. Jadi Sunners sudah harusnya mempelajari ulasan kampus sebelum memilih untuk mendaftar sebagai mahasiswa di universitas agar tidak menyesali pilihan kalian di kemudian hari! Begitulah tujuan dari artikel review kampus ini untuk mengenalkan Sunners kepada UKI!

Sekilas Tentang Universitas Kristen Indonesia

Pasti beberapa kalian kenal atau tidak kenal dengan Universitas Kristen Indonesia (UKI). Universitas Kristen Indonesia adalah universitas swasta yang berbasis Kristen Protestan yang terletak di Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia! Jika kalian yang penasaran dengan alamatnya, kalian bisa mengunjungi UKI dengan mendatangi alamat ini: Jl. Mayor Jendral Sutoyo No.2, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Nah mari kita lihat lebih kebelakang lagi tentang sejarah nya UKI! UKI bermula tidak lama sesudah kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1945, beberapa tokoh-tokoh yang juga beragaman kristen di Indonesia merasa dan tergerak untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (DGI) yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 1950. Pada awalnya, lembaga ini sudah memberikan perhatian pada kendala pendidikan karena saat itu banyak diperlukanna tenaga usaha di lapangan kerja Indonesia!

Karena itu, para tokoh-tokoh kristen ini membuat solusi mengatasnamakan gereja-gereja yang tergabung dalam DGI untuk mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia dihadapan notaris Raden Kadiman, dengan bertambahnya kehadiran tokoh-tokoh kristen. Pada tanggal 15 Oktober 1953, diresmikanlah Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Universitas Kristen Indonesia

Illustrasi Universitas Kristen Indonesia

Sunners tau gak? Pada tahun 2022, UKI menjadi kampus Kristen pertama di Indonesia yang meraih akreditasi tertinggi BAN-PT, yaitu akreditasi UNGGUL! Hal ini tertuang dalam Keputusan BAN-PT No.304/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2022 yang diterbitkan pada tanggal 28 Juni 2022.

Sejarah Universitas Kristen Indonesia

Nah yuk, kita masuk ke dalam review kampus ini di dalam program akademik di UKI! UKI mengimplemetasi motto: “Melayani, Bukan Dilayani” yang juga tersedia di logo UKI loh! UKI memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi untuk perkembangan bangsa NKRI. Jadi para sunners bisa belajar juga nih ketika kalian mendengar mottonya UKI dengan fokus ke dalam melakukan sesuatu untuk melayani demi mereka!

Nah, kembali ke program akademik yang tersedia di UKI. pada awalnya. Hingga tahun 2023 ini Universitas Kristen Indonesia memiliki 7 fakultas, 3 akademi, dan program pascasarjana! Tetapi, dengan UKI yang selalu berkembang terus sekarang memiki 8 fakultas, dan 1 program pascasarjana dengan akreditasi yang mayoritas tingakt B! Nah, ini dia delapan fakultas UKI:

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra dan Bahasa
  • Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran 
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Vokasi

Illustrasi Universitas Kristen Indonesia

Fasilitas Universitas Kristen Indonesia

Terus, di dalam review kampus ini, Sunners pasti penasaran dengan fasilitas yang disediakan UKI. Sunners pasti tau bahwa fasilitas di kampus merupakan salah satu bagian yang penting untuk mendukung mahasiswa dalam berkarya di dalam akademik, maupun non-akademik. Sunners bisa menemukan sarana olahraga, laboratorium komputer, perpustakaan, sports and health center, rumah hijau, studio radio uki, dan masih banyak lagi!

Bukan itu saja, UKI juga menyediakan fasilitas lainnya yang bikin kuliah makin nyaman! UKI menyediakan beberapa kantin yang berisi berbagai makanan dan minuman yang sunners bisa pilih loh! Lalu, untuk Sunners yang rumah nya jauh sekali, UKI juga menyediakan asrama yang dapat ditempati oleh mahasiswa/I dari berbagai daerah lain!

Asrama UKI ada sejarah nya juga nih Sunners! Melihat lebih kebelakang lagi, Asrama ini awalnya dibangun pada tahun 2010 untuk mahasiswa dari daerah-daerah tertinggal. Dengan ijin dari rektor UKI, bapak Maruarar Siahaan dan kepala Asrama, Pdt, Indri Djatmoko, akhirnya asrama ini diresmikan dan dijadikan asrama mahasiswa/I UKI yang dinamakan “Asrama Thiam Hiem”.

Sejarah pemberian nama asrama ini diambil dari seorang tokoh politik yang dikenal dari bidangnya! Yaitu, seorang Advokat “Yap Thiam Hien” beliau adalah pejuang HAM, dikenal juga seorang yang berani dan tidak komproni soal kebenaran! Hingga sekarang, Asrama Thiam Hiem ini masih digunakan oleh para mahasiswa/I yang nantinya akan kembali ke daerah mereka masing-masing dan menjadi pendukung dalam membangun daerah mereka!

Mahasiswa/I Asrama UKI 2018

Nah tidak kala hanya membahas tentang program studi di UKI, tetapi aku juga ingin membahas tentang suasana bahkan suasana di universitas dan kegiatan-kegiatan yang sudah aku alami selama di UKI! Pasti lebih bagusnya dimulai saat aku masih mengikuti perkenalan universitas sebagai mahasiswa baru (Ospek). Walaupun saat itu kami harus mengikuti kegiatan online dikarenakan quaratine masih berlaku sebab COVID-19, tetapi hal tersebut tidak menghalangi jalan kegiatannya!

Saat ospek, kegiatan ini dibawa oleh kakak-kakak senior yang didampingi oleh beberapa dosen juga! Pengalaman ini sangatlah menyenangkan karena bukan hanya dapat mengenal universitas dan para pembawa acara, mereka juga menyediakan beberapa kegiatan yang menyenangkan, apalagi saat kami diberi kesempatan untuk menunjukkan bakat-bakat kamu!

Sunners pasti sepakat bahwa kenyamanan dan keramahan lingkungan sekitar adalah hal yang penting dalam suasana universitas. UKI menyediakan suasana taman yang luas dan tenang di mana mahasiswa/i dapat berinteraksi dengan teman-temannya di tempat duduk dan meja yang disediakan di bawah payung, ataupun juga mahasiswa/i dapat mengerjakan tugas mereka.

Bukan hanya itu saja, keluarga besar Universitas Kristen Indonesia juga ramah loh! Selama aku di UKI tidak pernah melihat adanya pergumulan antar mahasiswa/i ataupun tenaga kerja lainnya. Kedamaian universitas merupakan nilai-nilai UKI, jadi sudah harusnya para mahasiswa menanamkan nilai-nilai tersebut dalam hati dan menunjukkannya dalam berinteraksi yang damai antar sesama!

UKI juga memiliki kegiatan yang dilaksanakan oleh semua keluarga universitas loh! UKI mempunyai jadwal kerohanian di setiap hari Jumat, kebaktian tersebut dinamakan Kebaktian Keluarga Besar (KKB) dimana semua mahasiswa, dosen, bahkan tenaga kerja lainnya mengikuti kerohanian bersama-sama. Kegiatan ini dimulai dari jam 11:00 s/d 13:30.

Nah, sekian dari review kampus singkat mengenai Universitas Kristen Indonesia (UKI). Jika Sunners ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resmi UKI: https://www.uki.ac.id/ 

Tunggu apa lagi? Yuk, bergabung dengan keluarga besar Universitas Kristen Indonesia!

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 282
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?